Seputar Blora

Pesta Siaga Kwarcab Blora 2024 Usung Tema ASIK


Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Blora menggelar pesta siaga tahun 2024.

Upacara pembukaan pesta siaga dilaksanakan di lapangan SMA Negeri 1 Randublatung Kabupaten Blora, Sabtu (24/2/2024).

Pesta siaga 2024 Kwarcab Blora Tahun 2024 mengusung tema ASIK (Aktif, Santun, Inovatif, Kreatif).

Dalam sambutannya, Bunda Siaga Hj. Ainia Sholihah, S.H., M.Pd., AUD.M.Pd.BI berharap peserta pesta siaga 2024 akan mampu menjadi duta dan teladan, atas kebiasaan-kebiasaan baik, sebagaimana diikrarkan dalam Dwidarma.

“Nanda-nanda peserta pesta siaga yang saya cintai dan saya banggakan. Merupakan sebuah kebanggaan tersendiri, bahwa saya dapat bertatap muka langsung dengan anak-anak yang terpilih untuk mewakili Kwartir Ranting masing-masing. Dimana tidak semua anak mendapatkan kesempatan ini,” ucap Bunda Ainia.

Dirinya mengaku senang dan bangga, mengetahui bahwa Nanda-nanda peserta pesta siaga adalah anak-anak yang tidak hanya berprestasi, namun juga berbakti kepada kedua orang tua.

“Selaras dengan itu, saya memiliki harapan besar bahwa Nanda sekalian akan mampu menjadi duta dan teladan, atas kebiasaan-kebiasaan baik, sebagaimana Nanda ikrarkan dalam Dwidarma,” jelasnya.

Dwidarma Pramuka, menurut Bunda Ainia, menjadi janji masing-masing dari kita untuk senantiasa mengamalkan butir-butirnya, yang hendaknya mendorong Nanda untuk dapat menumbuhkan karakter mulia.

Pertama, patuh kepada ayah dan ibundanya sebagai bentuk bakti, ungkapan rasa terima kasih, dan ungkapan rasa saling menyayangi.

Kedua, hendaknya sebagai Pramuka berprestasi, Nanda mampu menunjukkan sikap kekeluargaan dan persaudaraan, yang diwujudkan
dengan sikap saling menghormati, tidak pilih-pilih teman, menghindari perundungan/bullying, dan saling tolong-menolong.

Ketiga, jadikan pesta siaga ini sebagai ajang untuk menempa kemampuan Nanda, menjalin persahabatan dengan teman dari Kwarran lain, sarana untuk menambah pengalaman, serta mengenali bakat dan kemampuan Nanda masing-masing.

Keempat, Nanda juga harus memiliki karakter positif yang kuat, seperti jujur, rela berkorban untuk bangsa dan negara, saling mengasihi,
bertakwa, disiplin, sportif, serta berkemauan untuk terus memupuk rasa persatuan dan kesatuan, wawasan kebangsaan, juga kesadaran
berbangsa dan bernegara.

Bunda siaga berpesan kepada Nanda, para Peserta Pesta Siaga, supaya berikan penampilan terbaik dalam Pesta Siaga ini, ekspresikan diri semaksimal mungkin.

Mudah-mudahan, lanjutnya, inilah yang akan membawa Nanda menuju kemenangan.

“Jangan pernah terlupa pula, bahwa wajib hukumnya untuk mengedepankan nilai-nilai kejujuran, sportifitas, keadilan, dan kerja sama tim,” tuturnya.

Menang dan kalah adalah bumbu dalam setiap perlombaan, namun kejujuran dan
sportifitas adalah makna inti dari perlombaan tersebut.

“Oleh karena itu, berlombalah secara jujur, agar kemenangan yang nanti diraih disertai dengan keberkahan,” ajaknya.

Jadilah generasi unggul penerus bangsa, dengan mental dan karakter berbudi pekerti yang telah ditempa melalui Gerakan Pramuka.

“Penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi memang penting, namun diperlukan pembentukan watak positif dan budi pekerti yang
baik untuk dapat menjadi generasi unggul dimasa depan,” tegasnya.

Dengan demikian, semoga Nanda dapat menjadi penerus bangsa yang unggul, yang dapat meneruskan kepemimpinan bangsa ini dengan baik dimasa depan.

Bunda Siaga Blora mengimbau kepada para juri agar memberikan penilaian secara objektif, sehingga hasil perlombaan dapat memuaskan, dan nantinya sang juara dapat membawa nama baik Blora.

Hadir dalam kegiatan tersebut, Bupati Blora H. Arief Rohman, S.IP., M.Si., Wakil Bupati Blora Tri Yuli Setyowati, S.T., M.M., Dandim 0721/Blora diwakili Kasdim Mayor Inf Bani, Forkopimda Blora lainya, Kepala OPD terkait Kab. Blora, Forkopimcam se Kabupaten Blora, Ketua Kwartir Cabang Blora, Para Kepala Sekolah SD/Mi se Kab. Blora, Pengurus Persit KCK Cabang XLII Dim 0721, Bhayangkari Cabang Polres Blora, dan tamu undangan lainnya.

Pembukaan pesta siaga 2024 dimeriahkan tampilan seni tradisional. (Dinkominfo Blora).

    Berita Terbaru

    Blora Sharing Knowledge Pengelolaan Sosmed dan Kehumasan ke Sumedang
    08 Mei 2024 Jam 04:54:00

    Pemerintah Kabupaten Blora melalui Dinas Kominfo melakukan sharing knowledge dengan Dinas...

    FKDT Blora Siap Sukseskan Program Sekolah Sisan Ngaji
    06 Mei 2024 Jam 21:35:00

    Forum Komunikasi Diniyah Takmiliyah (FKDT) Kabupaten Blora nyatakan siap ikut serta...

    Ditarget Akhir Mei 2024 Selesai, Longsoran Desa Gadon Dipasang Plat Besi
    06 Mei 2024 Jam 21:31:00

    Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kabupaten Blora, Ir. Samgautama...