Seni dan Budaya

Gandeng Generasi Muda, Dinporabudpar Blora Akan Selenggarakan Jelajah Budaya 2024


Dinas Kepemudaan Olahraga Kebudayaan dan Pariwisata (Dinporabudpar) Kabupaten Blora akan menyelenggarakan kegiatan jelajah budaya tahun 2024.

Hal itu disampaikan Kepala Bidang Kebudayaan Siti Rokhayah, S.Sos, MA mewakili Plt. Kepala Dinporabudpar Blora Iwan Setiyarso, S. Sos., M.Si., dalam rapat persiapan kegiatan jelajah budaya tahun 2024 di aula Sapta Pesona dinas setempat, Selasa (13/2/2024).

“Kegiatan jelajah budaya ini akan diselenggarakan hari Minggu tanggal 3 Maret 2024, jadi hari ini kami melakukan rapat persiapan,” ucapnya.

Siti Rokhayah menjelaskan tujuan diselenggarakannya jelajah budaya untuk mengenalkan lebih dekat masyarakat terhadap potensi-potensi cagar budaya yang ada di Kabupaten Blora.

“Kemudian mengenalkan lebih dekat kepada pelajar/generasi muda pada potens-potensi cagar budaya yang ada di Kabupaten Blora,” jelasnya.

Berikutnya menumbuhkan pada generasi muda untuk lebih mencintai dan rasa memiliki budaya Blora. Sekaligus sebagai upaya melestarikan hasil kerja budaya bangsa serta turut membentuk generasi yang menghargai budaya sekaligus sebagai tujuan wisata yang sarat dengan nilai-nilai edukasi, rekreasi.

“Pesertanya nanti ada enam sekolah SMA/SMK yang lolos seleksi, selain itu ada tampilan kesenian, masing-masing sekolah 10 orang. Untuk kunjungannya ke Situs Desa Ngloram dan Petilasan Arya Jipang di Desa Jipang Kecamatan Cepu,” terangnya.

Ia juga berharap, setelah mengikuti jelajah budaya Blora para pelajar/generasi bisa menyampaikan informasi kepada teman-temannya di sekolah masing-masing.

Kegiatan jelajah budaya 2024 yang akan dilaksanakan 3 Maret 2024 itu disambut dengan senang hati oleh Kepala Desa Ngloram dan Jipang yang hadir pada rapat persiapan kegiatan itu.

“Tentu saja dengan senang hati, dan kami siap mendukung,” kata Herdaru Budi Widowo Kades Jipang.

Ungkapan senada disampaikan Sekretaris Desa Ngloram, Tituk mewakili Kepala Desa Ngloram, Diro. Pihaknya juga mendukung bahkan membersamai acara siap untuk mempromosikan produk UMKM setempat.

Rapat dihadiri sub koordinator Bidang Kebudayaan Dinporabudpar dan undangan lainnya. (Dinkominfo Blora).

    Berita Terbaru

    Kalaksa BPBD Blora : Pos Komando Tanggap Darurat Bencana 2024 Dilaksanakan Lintas Sektoral
    15 April 2024 Jam 10:29:00

    Pemerintah Kabupaten Blora mendirikan pos komando tanggap darurat bencana banjir, tanah longsor...

    Jelang Lebaran Ketupat 2024, Penjual Janur Kelapa Bermunculan di Pasar Tradisional
    12 April 2024 Jam 12:24:00

    Penjual janur kelapa mulai bermunculan di pasar tradisional Blora, Jawa Tengah menjelang Lebaran...

    Aman dan Lancar, Pengamanan Idulftri 1445 H dan Arus Mudik Polres Blora Diapresiasi Bupati
    11 April 2024 Jam 09:49:00

    Bupati Blora Dr. (Chand) H. Arief Rohman, SIP, M. Si menyampaikan apresiasi atas pelaksanaan...