Berita Terkini

Bupati Blora Inspektur Upacara Peringatan Hari Ibu ke-95


Bupati Blora H. Arief Rohman, S.IP., M.Si., bertindak sebagai inspektur upacara Peringatan Hari Ibu (PHI) ke-95 di halaman Setda Blora, Jumat (22/12/2023).

Dalam upacara PHI ke-95  di Blora, petugas pengibar bendera.merah putih dan petugas upacara lainnya mengenakan kebaya, termasuk sebagian peserta upacara.

Dalam upacara PHI ke-95 itu Bupati Blora membacakan sambutan Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Republik Indonesia Bintang Puspayoga.

Dibacakan Bupati Blora bahwa peringatan Hari Ibu di Indonesia esensinya bukan hanya untuk mengapresiasi jasa besar ibu, lebih dari itu mengapresiasi seluruh perempuan Indonesia atas peran, dedikasi, serta kontribusinya bagi keluarga, masyarakat, bangsa, dan negara.

"Diperingatinya Hari Ibu setiap tahunnya diharapkan dapat menjadi daya ungkit untuk mendorong semua pemangku kepentingan dan masyarakat luas, agar memberikan perhatian dan pengakuan akan pentingnya eksistensi perempuan dalam berbagai sektor pembangunan," kata Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Republik Indonesia Bintang Puspayoga dalam sambutan yang dibacakan Bupati Blora Arief Rohman.

Dengan mempertimbangkan kondisi dan isu-isu prioritas hingga saat ini, peringatan ke - 95 Hari Ibu masih mengangkat tema 'Perempuan Berdaya, Indonesia Maju', dengan subtema yang disesuaikan pada tahun berjalan dan saling terkait untuk membingkai semangat dan pergerakan perempuan.

Pengambilan tema 'Perempuan Berdaya, Indonesia Maju', didasari situasi dan kondisi di masyarakat saat ini.

"Manakala persoalan kekerasan terhadap perempuan, kesenjangan akses ekonomi perempuan, dan keterwakilan perempuan dalam pengambilan keputusan masih sangat tertinggal dibandingkan laki-laki. Namun di sisi lain, telah banyak bukti besarnya peran dan kontribusi perempuan dalam pembangunan," katanya.

Selain itu, di Indonesia telah banyak kaum perempuan yang memiliki peran dan posisi strategis yang awalnya terkesan mustahil dilakukan perempuan. Hal ini membuktikan bahwa perempuan, apabila diberi peluang dan kesempatan, mampu meningkatkan kualitas hidupnya secara mandiri.

"Perempuan dalam berbagai dimensi kehidupan berbangsa dan bernegara juga mampu menjadi motor penggerak dan motor perubahan (agent of change)," ungkapnya.

Pergerakan perempuan dalam pembangunan, tentunya tidak terlepas dari dukungan semua pihak, baik pemerintah, dunia usaha, maupun masyarakat. Untuk itu, semua upaya dan langkah diharapkan mampu berjalan sesuai dengan prinsip equal partnership.

"Prinsip ini mencerminkan bagaimana perempuan Indonesia bersama kaum laki-laki berperan membangun bangsa, sekaligus juga berperan aktif membangun kesejahteraan dan menjalin hubungan yang erat dengan berbagai bangsa di dunia, baik di tingkat regional maupun internasional," lanjutnya.

Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Republik Indonesia Bintang Puspayoga dalam sambutan yang dibacakan Bupati Blora Arief Rohman mengatakan Pemerintah Pusat ingin mengajak semua masyarakat, khususnya kaum perempuan Indonesia untuk terus berkarya, mampu menjadi sosok yang mandiri, kreatif, inovatif, percaya diri dan meningkatkan kualitas dan kapabilitas dirinya.

"Karena kita, perempuan, akan semakin kuat jika kita bersatu untuk mendobrak stigma yang masih melekat pada kita. Sekarang adalah waktunya bagi perempuan untuk memberi warna tersendiri bagi pembangunan bangsa ini melalui peran dan karya nyata," katanya. .

“Atas nama Pemerintah Kabupaten Blora, saya mengucapkan Selamat Hari Ibu ke-95 Tahun 2023. Semoga peringatan ini, dapat dijadikan momentum bagi kaum perempuan untuk bersama-sama meningkatkan semangat juang dalam membangun Kabupaten Blora sesuai dengan keahlian dan tanggung-jawabnya masing-masing,” pungkas Bupati.

Hadir dalam Wakil Bupati Blora Tri Yuli Setyowati, S.T., M.M., Dandim 0721/Blora diwakili Kasdim Mayor Inf Bani, Kabagren Polres Blora Kompol Supriyo, S.Sos., M.Si., Danyonif 410/Alugoro Letkol Inf Muhammad Arif, Sekda Kab. Blora Komang Gede Irawadi, S.E., M.Si., Forkopimda lainnya, Staf Ahli Asisten Setda Kab. Blora, dan Pimpinan OPD.

Sementara peserta upacara antara lain Polwan Polres Blora, Pegawai ASN Perempuan serta organisasi perempuan. (Tim Dinkominfo Blora).

    Berita Terbaru

    KPU Blora Resmi Tetapkan Perolehan Kursi Parpol dan Caleg Terpilih Pemilu 2024
    03 Mei 2024 Jam 06:21:00

    Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Blora resmi menetapkan perolehan kursi partai-partai...

    Berbusana Adat Jawa Tengah, Bupati Blora Pimpin Upacara Peringatan Hardiknas 2024
    02 Mei 2024 Jam 20:06:00

    Bupati Blora Arief Rohman memimpin upacara peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) 2024...

    Kesempatan Bagi ASN Isi Jabatan Dewan Pengawas Perumda Air Minum Tirta Amerta Blora
    02 Mei 2024 Jam 15:35:00

    Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Air Minum Tirta Amerta Kabupaten Blora membuka kesempatan bagi...