Berita Terkini

SMAN 2 Blora Launching Konsep Sekolah Ekowisata


AaSMA Negeri 2 Blora, salah satu sekolah Adiwiyata unggulan yang ada di Kabupaten Blora, me-launching konsep sekolah ekowisata, Kamis (14/12/23). Disampaikan Kepala SMA setempat, Selamet Djoko Waluyo, Ekowisata di SMA N 2 Blora memadukan konsep pembelajaran lapangan dan wisata.

Bupati Blora, H. Arief Rohman, S.IP., M.Si., melaunching Sekolah Ekowisata tersebut, bersamaan dengan perayaan HUT ke-40 SMAN 2 Blora. Ikut mendampingi, Kepala Kantor Cabang Dinas Pendidikan Wilayah IV Blora Purwodadi dan Kepala SMAN 2 Blora.

Bagi sekolah yang berkunjung, selain edukasi murid-murid juga diajak untuk merawat dan mencintai alam serta lingkungan sekitar di SMAN 2 Blora. Diketahui, bahwa SMA tersebut merupakan Sekolah Adiwiyata Mandiri tingkat nasional yang memiliki lingkungan sejuk serta masih asri.

"Hari ini kita adakan launching SMA Ekowisata. Kami berupaya menawarkan berbagai kegiatan dan fasilitas bagi TK, PAUD, SD, SMP, maupun dari SMA yang lain, untuk bisa belajar di SMAN 2 dalam rangka menjaga kelestarian hidup," terang Selamet Djoko Waluyo.

Dengan launching Sekolah Ekowisata ini, lanjut Selamet, pihaknya sudah siap sepenuhnya menyediakan sejumlah materi dan edukasi bagi sekolah yang akan berkunjung di SMAN 2 Blora.

Termasuk sarana dan prasarana yang pendukung. Seperti hutan kota, lahan untuk bercocok tanam, kolam ikan, greenhouse, serta bengkel kesenian. Termasuk keberadaan kuliner khas Blora.

Dikatakan Selamet Djoko Waluyo,untuk paket kunjungan ekowisata yang ditawarkan di SMA 2 cukup bervariasi. Mulai dari Rp10.000 sampai Rp70.000, dimana di setiap paketnya ada pembelajaran tawaf.

Dikemukakan, selama ini sudah ada beberapa sekolah khususnya PAUD/TK dan SD yang sudah berkunjung ke SMAN 2. Anak-anak dan siswa bisa merasakan pengalaman berkebun maupun bertani, berternak, menangkap ikan, serta edukasi pemilahan sampah.

Termasuk bermain perahu di kolam, kesenian, kuliner khas Blora, hingga pembelajaran tawaf dengan miniatur Ka'bah. Para pengunjung juga akan didampingi oleh pengajar maupun siswa yang sudah diberi pelatihan.

Usai melaunching, Bupati Arief Rohman menyempatkan keliling melihat langsung dari dekat sarana dan prasarana yang disiapkan. Seperti mesin daur ulang sampah, tanaman hidroponik, kolam ikan, greenhouse serta miniatur Ka’bah untuk pembelajaran agama.

"Tadi saya diajak keliling menikmati suasana yang sangat sejuk ini. Semoga bisa disinergikan, dikembangkan biar SMA N 2 Blora menjadi salah satu destinasi juga ekowisata dan sebagainya," papar Bupati yang akrab dipanggil Mas Arief itu.

Pihaknya menyampaikan apresiasi kepada SMAN 2 Blora yang terus berinovasi dan memberikan inspirasi bagi sekolah sekolah lain.

"Selamat ulang tahun ke 40 buat SMA 2 Blora, kini menjadi salah satu sekolah unggulan di Blora. Saat datang di SMA 2 rasanya segar dan sejuk, karena banyak pepohonan serta kolam-kolam yang asri,’’ ucapnya. (Tim Dinkominfo Blora).

    Berita Terbaru

    Ikuti Manasik, 643 Calhaj Blora Akan Berangkat ke Tanah Suci 3 Juni 2024
    27 April 2024 Jam 19:31:00

    Para Calon Haji (Calhaj) Blora mulai ikuti manasik haji, Sabtu (27/4/2024). Jumlah Calhaj Blora...

    Pemkab Blora Menggelar Rakor dengan Kementerian Koordinator Perekonomian RI
    27 April 2024 Jam 19:16:00

    Pemkab Blora menggelar Rakor dengan Kementerian Koordinator Perekonomian (RI), Deputi Bidang...

    Berusia 74 Tahun, RSUD dr. Soetijono Blora Punya 6 Inovasi Layanan Kesehatan
    25 April 2024 Jam 17:47:00

    Bertepatan dengan peringatan ulang tahunnya ke-74, Kamis (25/4/2024), RSUD dr. R. Soetijono...