Seputar Blora

Tingkatkan Partisipasi Pemilih, KPU Blora Ajak Media Sosialisasikan Pemilu 2024


Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Blora menggelar acara Ngopi Bareng Media dan Sosialisasi Pemilu tahun 2024 di Kafe Tempuran, Kamis (14/12/2023).

Acara ini bertujuan untuk menyosialisasikan tahapan pemilihan umum (pemilu) kepada insan pers atau media massa dan meningkatkan partisipasi masyarakat dalam pemilu yang akan datang.

Dalam acara tersebut, KPU Blora mengundang Kepala Dinkominfo Blora Pratikto Nugroho, S.Sos., MM dan  sejumlah media massa termasuk surat kabar, stasiun televisi, dan portal berita online.

Para peserta diajak untuk ngopi bareng sambil mendiskusikan isu-isu terkait pemilu, seperti pentingnya hak pilih, peran media dalam memberikan informasi yang akurat, dan upaya KPU dalam memastikan sesuai asas pemilu yakni langsung, umum, bebas, rahasia, jujur dan adil.

Sesi sosialisasi pemilu ini melalui pemaparan dan tanya jawab. KPU menjelaskan tentang tahapan awal pemilu penghitungan hingga rekapitulasi suara.

Peserta juga diberikan pemahaman tentang pentingnya memilih pemimpin yang berkualitas dan memiliki visi yang jelas untuk kemajuan negara.

Divisi Sosdiklih, Parmas dan SDM KPU Blora, Ahmad Mustakim berharap kegiatan ini dapat meningkatkan pemahaman masyarakat tentang pentingnya pemilu dan menggunakan hak pilih mereka.

"Dengan melibatkan media massa, informasi tentang pemilu dapat disampaikan secara luas dan akurat kepada masyarakat," ucap Mustakim.

Menurut Mustakim, dalam kegiatan ini peserta juga dapat saling bertukar pikiran dan pengalaman tentang pemilu, sehingga tercipta kesadaran kolektif untuk berpartisipasi dalam pemilu yang berkualitas.


Ditegaskan Mustakim, KPU berharap bahwa melalui acara ini, masyarakat akan semakin aktif dalam memilih pemimpin yang sesuai dengan harapan mereka.

"Dengan partisipasi yang tinggi, pemilu dapat menjadi cermin demokrasi yang sehat dan kuat. Oleh karena itu, KPU akan terus mengadakan kegiatan sosialisasi dan kolaborasi dengan media massa untuk meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya pemilu," tegas Mustakim.

Mustakim menerangkan, dalam era digital seperti sekarang, peran media massa sangat vital dan penting dalam menyampaikan informasi kepada masyarakat.

Melalui kerjasama antara KPU dan media, diharapkan informasi tentang pemilu 2024 dapat disampaikan secara lugas, mudah dan memahamkan.

"Dengan demikian, masyarakat dapat membuat keputusan yang tepat saat memilih pemimpin yang akan memimpin negara ke depan," ujar Mustakim.

Mustakim mendorong peran aktif media dalam memberikan informasi kepemiluan dalam rangka meningkatkan partisipasi pemilih.

"Tingginya partisipasi pemilih ini tanda kesadaran demokrasi juga meningkat. Melalui kolaborasi dengan media, informasi tentang pemilu dapat disampaikan secara luas dan akurat kepada masyarakat," ucapnya.

"Dengan pemahaman yang lebih baik tentang pentingnya pemilu, diharapkan masyarakat akan semakin aktif dalam memilih pemimpin yang berkualitas. Mari nyoblos pada Rabu, 14 Februari 2024 di TPS masing-masing dan jangan Golput," pungkasnya. (Tim Dinkominfo Blora). 

    Berita Terbaru

    Ikuti Manasik, 643 Calhaj Blora Akan Berangkat ke Tanah Suci 3 Juni 2024
    27 April 2024 Jam 19:31:00

    Para Calon Haji (Calhaj) Blora mulai ikuti manasik haji, Sabtu (27/4/2024). Jumlah Calhaj Blora...

    Pemkab Blora Menggelar Rakor dengan Kementerian Koordinator Perekonomian RI
    27 April 2024 Jam 19:16:00

    Pemkab Blora menggelar Rakor dengan Kementerian Koordinator Perekonomian (RI), Deputi Bidang...

    Berusia 74 Tahun, RSUD dr. Soetijono Blora Punya 6 Inovasi Layanan Kesehatan
    25 April 2024 Jam 17:47:00

    Bertepatan dengan peringatan ulang tahunnya ke-74, Kamis (25/4/2024), RSUD dr. R. Soetijono...