Berita Terkini

Jelang Hari Jadi Blora ke -274, Ribuan Masyarakat Lantunkan Dzikir dan Doa


 Jelang hari jadi Blora ke-274, ribuan masyarakat yang datang dari sejumlah pelosok di Blora, khusyuk melantunkan dzikir, sholawat, dan berdoa bersama, di alun-alun setempat, Minggu (3/12/2023) pagi.

Tampak Bupati Blora, H. Arief Rohman, S.IP, M.Si hadir bersama para Habaib, Masyaikh, kyai/ulama, Forkopimda Blora, berbaur dengan masyarakat dalam acara yang bertajuk Haul Akbar 2023 yang diselenggarakan Pemkab Blora dan Jamaah Al Khidmah, dalam Rangka memperingati Hari Jadi Kabupaten Blora ke-274 itu.

Haul Akbar diisi dengan Istighosah, pembacaan Surat Yasin, Manaqib, Tahlil, Maulidurrasul SAW, Mauidhotul Hasanah, dan ditutup dengan doa bersama.

“Ini adalah Majelis yang selalu kita rindukan setiap tahun sekali, bulan Desember. Alhamdulillah, setelah beberapa waktu kita tidak laksanakan di Alun-Alun, pada pagi ini kita bisa melaksanakan majelis di Alun-Alun Kabupaten Blora,” terang Bupati Arief.

Dikemukakan, haul dan juga menjelang Hari Jadi Kabupaten Blora ke-274 yang puncaknya pada 11 Desember nanti, alhamdulillah Blora rutin mengadakan kegiatan doa bersama Majelis Al Khidmah. ‘’Suasana majelis yang seperti ini harus disyukuri. Ulama dan umara bersatu sehingga menciptakan suasana Blora yang adem dan nyaman.’’

Disampaikan pula, menjelang usia Kabupaten Blora yang memasuki 274 tahun, berbagai program prioritas seperti pembangunan infrastruktur, pendidikan, kesehatan, keagamaan dan sebagainya terus dilakukan.

Di sektor keagamaan, Bupati yang akrab disapa Mas Arief itu terus mendorong agar para pelajar di tingkat SD/SMP Negeri di Blora bisa memiliki bekal ilmu agama sejak dini.


Program Ngaji

Untuk itu, lanjutnya, pendidikan agama dari Dinas Pendidikan dan Kemenag mulai tahun ajaran baru nanti ada program sekolah dan ngaji, khususnya SD Negeri dan SMP Negeri.

Bentuknya, bisa berupa sebelum memulai pelajaran umum ada program sholat dhuha dulu, ngaji dulu. Atau sebelum pulang mungkin dzuhur berjamaah dahulu.

‘’Dengan cara itu, sejak SD dan SMP kita tanamkan bahwa kita ingin anak-anak yang lulus SD Negeri bisa ngaji, dan bisa tata cara sholat,” papar Mas Arief. Sehingga diharapkan bisa mewujudkan SDM yang berkarakter dan sholeh.

Dalam Haul Akbar 2023 di alun-alun Blora itu, dihadiri Habib Ridho Bin Muhammad AlHabsy (Pemalang), Habib Muhammad Bin Mustofa Al Jupri (Jatim), Habib Rizaq Al Jufri, K.H. Ulil Albab (Ketua Thoriqoh Jateng dan DIY), H. Joko Suyono (PP Al Khidmah Indonesia).

Juga hadir pula Forkopimda Blora, Ketua TP PKK Blora, Kyai Khoirurroziqin, tokoh agama, kyai/ulama di Kab. Blora, Kemenag Blora, PCNU Blora, PD Muhammadiyah, PD LDII, dan organisasi keagamaan lainnya, Majelis Al Khidmah Blora.  (Dinkominfo Blora/tim). 

    Berita Terbaru

    Ikuti Manasik, 643 Calhaj Blora Akan Berangkat ke Tanah Suci 3 Juni 2024
    27 April 2024 Jam 19:31:00

    Para Calon Haji (Calhaj) Blora mulai ikuti manasik haji, Sabtu (27/4/2024). Jumlah Calhaj Blora...

    Pemkab Blora Menggelar Rakor dengan Kementerian Koordinator Perekonomian RI
    27 April 2024 Jam 19:16:00

    Pemkab Blora menggelar Rakor dengan Kementerian Koordinator Perekonomian (RI), Deputi Bidang...

    Berusia 74 Tahun, RSUD dr. Soetijono Blora Punya 6 Inovasi Layanan Kesehatan
    25 April 2024 Jam 17:47:00

    Bertepatan dengan peringatan ulang tahunnya ke-74, Kamis (25/4/2024), RSUD dr. R. Soetijono...