Berita Terkini

Blora Terima Penghargaan Swasti Saba Padapa Kemenkes


Kabupaten Blora berhasil menyabet predikat kabupaten sehat tahun 2023, dan atas prestasi itu Bupati Blora, H. Arief Rohman memperoleh penghargaan Swasti Saba Padapa atau penghargaan “Kota Sehat” dari Kementerian Kesehatan.

Penghargaan diserahkan langsung oleh Menteri Kesehatan, Budi G. Sadikin, di Kempinski Grand Ballroom Grand Indonesia West Mall, Jalan Kebon Kacang Raya, Blok D 6 Jakarta Pusat, Selasa (28/11/23) malam.

“Alhamdulillah, kami sangat bersyukur dan merasa bangga mendapatkan penghargaan ini. Penghargaan ini hasil kerja keras kita semua untuk masyarakat Blora. Untuk itu, mari kita tingkatkan berbagai kegiatan dan program di bidang kesehatan,” ujar Bupati Arief Rohman.

Hal senada dikemukakan oleh Kepala Dinkes Blora, Edi Widayat. Dia menyatakan bersyukur atas prestasi itu, ‘’ini semua hasil kerja keras sesarengan berbagai pihak terkait,’’ tandasnya, Rabu (29/11/2023).

Dikemukakan, Kabupaten Kota Sehat (KKS) adalah suatu kondisi kabupaten/kota yang bersih, nyaman, aman dan sehat untuk dihuni penduduk. Hal itu dicapai melalui terselenggaranya penerapan beberapa tatanan dan kegiatan yang terintegrasi yang disepakati masyarakat dan pemerintah daerah.

Ada sembilan tatanan yang dinilai untuk mendapatkan penghargaan kabupaten sehat, lanjut Edi Widayat. Kesembilan tatanan itu, diantaranya kawasan pemukiman, sarana prasarana umum serta sarana lalu lintas dan pelayanan transportasi. Selain itu, kawasan pertambangan sehat, hutan sehat, industri dan perkantoran sehat serta pariwisata sehat.
Begitu pula, kawasan pangan dan gizi kehidupan masyarakat sehat dan mandiri serta kehidupan sosial yang sehat.

‘’Penghargaan ini harus terus dipertahankan karena kehidupan layak dan sehat merupakan hak semua orang,’’ tambah Edi Widayat.

Tercatat, sejumlah kabupaten di Jawa Tengah meraih penghargaan serupa. Yakni Pemalang, Banyumas, Brebes, Kudus, Temanggung, Wonosobo, Pati, Grobogan, Klaten, Jepara, Sragen, Boyolali, Banjarnegara. (Dinkominfo Blora/Prokompim).

    Berita Terbaru

    Ikuti Manasik, 643 Calhaj Blora Akan Berangkat ke Tanah Suci 3 Juni 2024
    27 April 2024 Jam 19:31:00

    Para Calon Haji (Calhaj) Blora mulai ikuti manasik haji, Sabtu (27/4/2024). Jumlah Calhaj Blora...

    Pemkab Blora Menggelar Rakor dengan Kementerian Koordinator Perekonomian RI
    27 April 2024 Jam 19:16:00

    Pemkab Blora menggelar Rakor dengan Kementerian Koordinator Perekonomian (RI), Deputi Bidang...

    Berusia 74 Tahun, RSUD dr. Soetijono Blora Punya 6 Inovasi Layanan Kesehatan
    25 April 2024 Jam 17:47:00

    Bertepatan dengan peringatan ulang tahunnya ke-74, Kamis (25/4/2024), RSUD dr. R. Soetijono...