Seputar Blora

Dinsos P3A Bersama Perhutani KPH Blora Gelar Gerakan Menanam Sejuta Pohon


Dinas Sosial dan Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DInsos P3A) Kabupaten Blora menggelar kegiatan Gerakan Menanam Sejuta Pohon di Desa Semanggi, Kecamatan Jepon, Kabupaten Blora, Jawa Tengah, Kamis (23/11/2023).

Kegiatan tersebut merupakan rangkaian dari kegiatan Hari Ibu Ke-95 yang bekerja sama dengan Perum Perhutani Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Blora dengan melibatkan camat dan kades setempat, dinas terkait, Gerakan Organisasi Wanita se-Kabupaten Blora, dinas terkait, dan siswa tingkat SMP-SMA, dan organisasi lainnya.

Administratur Perhutani KPH Blora Yeni Ernaningsih, S. Hut., menjelaskan kegiatan ini merupakan wujud upaya bersama untuk membangun Blora melalui kegiatan menanam pohon untuk kelestarian hutan.

Yeni menyebutkan 47% wilayah Blora merupakan wilayah hutan dengan dominasi pohon jati, dengan adanya kegiatan ini sangat membantu perhutani untuk mengedukasi bagaimana cara menanam, melestarikan hutan, dan menjaga hutan.

“Hari ini di petak 107B Bagian Kesatuan Pengelolaan Hutan (BKPH) Kalisari akan ditaman dengan lahan seluas 6,4% hektar akan ditanami 3000 pohon jati,” jelasnya.

Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Kabupaten Blora Hj. Ainia Shalichah, SH, M.Pd.AUD, M.Pd.BI atau yang akrab disapa Bunda Ain mengapresiasi semua pihak dengan menyebutkan satu persatu pihak yang terlibat,

“Terima kasih kepada Dinsos P3A dan Perhutani, serta 26 organisasi yang tergabung dalam Gerakan Organisasi Wanita (GOW) Se-Kabupaten Blora,” katanya.

Bunda Ain menyebutkan bahwa berdasarkan pantauan satelit terdapat fakta bahwa kawasan hutan gundul di wilayah Blora sangat luas.

Sebagai contoh, hal tersebut yang mungkin mengakibatkan beberapa tempat di beberapa desa di Kecamatan Banjarejo mengalami musibah kekeringan dan banjir bandang ketika hujan melanda wilayah tersebut.

Ketua TP-PKK Blora itu menjelaskan untuk mengatasi dan mencegah bencana tersebut terjadi salah satunya adalah dengan kegiatan penanaman pohon hari ini.

Di tempat yang sama Pelaksana Tugas (plt) Kepala Dinsos P3A Luluk Kusuma Agung Ariadi, AP menjelaskan dalam kegiatan ini melibatkan kuranglebih 400 peserta penanaman pohon jati dan semuanya berjalan lancar.

“Kegiatan hari ini menanam sebanyak 600 bibit pohon jati dan berlangsung secara berharap dalam beberapa hari kedepan” jelasnya.

Plt Kepala Dinsos P3A tersebut berharap kegiatan gerakam menanam sejuta pohon jati ini memberikan manfaat dan nantinya pohon yang ditanam tumbuh subur. (Tim Dinkominfo Blora).

    Berita Terbaru

    KPU Blora Resmi Tetapkan Perolehan Kursi Parpol dan Caleg Terpilih Pemilu 2024
    03 Mei 2024 Jam 06:21:00

    Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Blora resmi menetapkan perolehan kursi partai-partai...

    Berbusana Adat Jawa Tengah, Bupati Blora Pimpin Upacara Peringatan Hardiknas 2024
    02 Mei 2024 Jam 20:06:00

    Bupati Blora Arief Rohman memimpin upacara peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) 2024...

    Kesempatan Bagi ASN Isi Jabatan Dewan Pengawas Perumda Air Minum Tirta Amerta Blora
    02 Mei 2024 Jam 15:35:00

    Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Air Minum Tirta Amerta Kabupaten Blora membuka kesempatan bagi...