Seputar Blora

SMPN 2 Cepu Raih Penghargaan Gala Kreasi Video KSS Kemendikbudristek RI


Blora - Karya video siswa SMP Negeri 2 Cepu Kabupaten Blora, masuk 10 nominasi terbaik dan menerima penghargaan Gala Kreasi Video Kampanye Sekolah Sehat (KSS) Tahun 2023 yang diselenggarakan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia (Kemendikbudristek RI).

Hal itu dibenarkan Kepala Bidang Pembinaan Pendidikan Dasar Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Blora Titik Umiyati, S.Pd, M.Si.

“Ini berdasarkan surat yang kami terima dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, SMPN 2 Cepu mendapatkan penghargaan terkait sekolah sehat,” kata Titik Umiyati, di Blora, Kamis (23/11/2023).

Menurutnya, penghargaan atas karya itu dinilai pas, karena dari kenyamanan anak-anak dalam belajar, penataan desainnya untuk pembelajaran anak-anak memang seperti yang diharapkan. Dimana, anak-anak bisa belajar dengan tenang, nyaman dan kantinnya memenuhi syarat untuk menjadi sekolah sehat.

“Ada beberapa instrumen penilaian dan di SMPN 2 Cepu itu ada dalam instrumen penilain sekolah sehat,” jelasnya.

“Kami dari Dinas Pendidikan mengapresiasi yang sangat luar biasa untuk SMPN 2 Cepu. Sehingga harapan kami untuk sekolah yang lain, itu menginspirasi dan bisa belajar atau studi tiru dari SMPN 2 Cepu,” tambahnya.

Dari studi tiru itu, kata Titik Umiyati, nantinya bisa diimplementasikan di satuan pendidikan sekolah-sekolah yang ada di Kabupaten Blora.

“Sehingga tidak hanya di SMPN 2 Cepu saja yang menjadi sekolah sehat, tetapi harapannya semua sekolah yang ada di Kabupaten Blora menjadi sekolah sehat, karena dengan kriteria yang ada itu bisa menjadi nyaman untuk anak-anak,” harapnya.

Kepala Bidang Pembinaan Pendidikan Dasar Dinas Pendidikan Kabupaten Blora Titik Umiyati S.Pd, M.Si mengungkapkan kriteria sekolah sehat yaitu memiliki lingkungan sekolah bersih, indah, tertib, rindang dan memiliki penghijauan yang memadai.

Kemudian, memiliki tempat pembuangan dan pengelolaan sampah yang memadai dan representative. Memiliki kamar mandi/WC yang cukup jumlahnya, memenuhi rasio KM/WC terhadap siswa laki-laki 1:40 dan perempuan 1:25.

Berikutnya, menerapkan kawasan bebas rokok. Kepadatan ruang kelas minimal 1,75 meter persegi per anak. Tingkat kebisingan kurang dari 45 desibel. Memiliki lapangan/halaman/aula untuk pendidikan jasmani

Selanjutnya, memiliki sumber air bersih yang memadai, jarak 10 meter. Ventilasi kelas yang memadai. Pencahayaan kelas yang memadai.

“Dan memiliki kantin sekolah yang memenuhi syarat kesehatan,” tegasnya.

Pada kesempatan yang sama Kepala Seksi Pembinaan SMP Bidang Pembinaan Pendidikan Dasar Dinas Pendidikan Kabupaten Blora Dian Ahmad Kindarto, S.Pd. SD., menambahkan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi menyelenggarakan Gala Kreasi Video Kampanye Sekolah Sehat (KSS) Tahun 2023.

“Berdasarkan Juknis Gala Kreasi Video KSS 2023, kegiatan ini merupakan ajang pemberian penghargaan kepada satuan pendidikan yang telah mengimplementasikan tiga sehat. Yaitu Sehat bergizi, Sehat fisik dan Sehat Sehat imunisasi,” terang Dian Ahmad Kindarto.

Apresiasi diberikan kepada satuan pendidikan yang memiliki nilai terbaik dalam pembuatan video Kampanye Sekolah Sehat.

“Lomba Video KSS 2023 diikuti oleh berbagai satuan pendidikan mulai dari PAUD, SD, SMP, SMA, SMK, SLB, Sanggar Kegiatan Belajar (SKB) dan Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM). Semua peserta 2.218. Adapun Tema KSS 2023 adalah Sekolah Sehat, Generasi Hebat," terangnya.

Sementara itu Kepala SMPN 2 Cepu M.E Erna Tutik Yustiani, S.Pd., ketika dikonfirmasi, mengatakan penghargaan diberikan oleh Kemendikbudristek RI di The Sultan Hotel & Residence Jakarta pukul 14.00 WIB, Selasa (21/11/2023).

“Alhamdulillah SMPN 2 Cepu ketegori video terpilih untuk kategori SMP, peringkat 10. Semua peserta 2.218. Itu yang buat video anak-anak, jadi kami punya tim,” kata Kepala SMPN 2 Cepu M.E Erna Tutik Yustiani.

Untuk karya video yang diikutkan Gala Kreasi Video KSS 2023 mengambil tema kearifan lokal, yaitu nasi pecel sehat bungkus daun jati. Pihaknya mengaku siap jika SMPN 2 Cepu dijadikan untuk studi tiru terkait sekolah sehat bagi sekolah lain di Kabupaten Blora. (Tim Dinkominfo Blora).

    Berita Terbaru

    KPU Blora Resmi Tetapkan Perolehan Kursi Parpol dan Caleg Terpilih Pemilu 2024
    03 Mei 2024 Jam 06:21:00

    Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Blora resmi menetapkan perolehan kursi partai-partai...

    Berbusana Adat Jawa Tengah, Bupati Blora Pimpin Upacara Peringatan Hardiknas 2024
    02 Mei 2024 Jam 20:06:00

    Bupati Blora Arief Rohman memimpin upacara peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) 2024...

    Kesempatan Bagi ASN Isi Jabatan Dewan Pengawas Perumda Air Minum Tirta Amerta Blora
    02 Mei 2024 Jam 15:35:00

    Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Air Minum Tirta Amerta Kabupaten Blora membuka kesempatan bagi...