Berita Terkini

Bandara Ngloram Mulai Layani Penerbangan Feeder Umroh


Bandara Ngloram, Cepu, Blora, Jawa Tengah resmi memulai pelayanan penerbangan feeder jamaah umroh. Kamis (16/11/2023) petang, sekitar 50 orang jamaah umroh Kabupaten Blora terbang ke Halim Perdanakusuma dengan menggunakan pesawat ATR-72, milik maskapai penerbangan Citilink.

Tampak Bupati Blora, H. Arief Rohman, S.IP., M.Si., bersama keluarga juga ikut dalam rombongan umroh tersebut. Dalam penerbangan itu, selain sekitar 50 jamaah umroh, juga ada sejumlah penumpang lainnya tujuan Jakarta.

Dalam pemberangkatan penerbangan umroh perdana dari Bandara Ngloram Kamis malam tersebut, tampak hadir Anggota Komisi V DPR RI, Gus An'im Falahuddin Mahrus, yang membidangi Infrastruktur, Transportasi, Daerah Tertinggal dan Transmigrasi. Juga Jajaran Forkopimda Blora, Kepala Kemenag Blora, Sekda, dan Forkopimcam Cepu.

Dalam kesempatan itu, Gus An'im yang juga masyayikh Ponpes Lirboyo Kediri itu, mengapresiasi upaya keras Bupati Blora H. Arief Rohman, S.IP., M.Si., dalam rangka optimalisasi Bandara Ngloram.

"Saya salut pada Pak Bupati, Gus Arief yang terus berinovasi untuk optimalisasi Bandara Ngloram. Agar keberadaan Bandara ini bisa bermanfaat untuk masyarakat, salah satunya dengan pembukaan penerbangan feeder umroh seperti ini. Kami berharap kedepan Bandara Ngloram bisa berkembang untuk melayani lebih banyak lagi penerbangan, mengingat Cepu Blora ini memiliki letak yang strategis di perbatasan Jawa Tengah dan Jawa Timur," ucap Gus An'im.

"Selamat untuk Pak Bupati dan jajarannya, semoga ibadah umrohnya berjalan lancar, berkah untuk Blora. Kami mewakili Komisi V DPR RI siap untuk terus mendukung pembangunan infrastruktur transportasi di daerah-daerah yang mempunyai potensi bagus seperti halnya Blora ini," lanjutnya.

Bupati Arief Rohman mengucapkan syukur atas dibukanya penerbangan feeder umroh di Bandara Ngloram. Menurutnya, dengan adanya pemberangkatan calon jamaah umrah dari Bandara Ngloram dianggap mampu menghemat waktu perjalanan.

“Pertama tentu untuk optimalisasi Bandara Ngloram. Dan membantu kemudahan masyarakat dalam melaksanakan ibadah umroh, menghemat waktu perjalanan jamaah umroh,” kata Bupati yang akrab dipanggil Gus Arief itu.

Kabupaten Tetangga


Dikatakan, pada penerbangan feeder umroh pertama memang baru jamaah umroh dari Kabupaten Blora yang mengikuti. Namun pihaknya berharap, kedepan biro-biro perjalanan umroh dari wilayah tetangga seperti Bojonegoro, Tuban, Rembang, dan lainnya juga bisa memanfaatkan penerbangan feeder dari Ngloram.

"Minat umroh dari Bojonegoro, Tuban, Rembang juga tinggi. Kami optimis penerbangan feeder ini juga akan bisa menarik biro biro perjalanan umroh dari wilayah tersebut. Sehingga kedepan Bandara Ngloram semakin berkembang," tambah Bupati.

Selain penerbangan feeder umroh, Bupati yang akrab disapa Gus Arief ini juga menerangkan bahwa optimalisasi Bandara Ngloram juga dilakukan dengan skema lain.

Yakni, rencananya nanti juga akan ada sekolah penerbangan, kemudian JFC (Jogja Flying Club) dalam rangka Aerowisata Blora dan beberapa lainnya, sambil menunggu penerbangan reguler dibuka kembali.

Diketahui, pembukaan penerbangan feeder umroh di Bandara Ngloram itu merupakan tindak lanjut perjanjian kerjasama antara biro umroh PT. Jaho Mulya Sunjaya dengan sejumlah Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) perbankan Kabupaten Blora. Seperti Bank Jateng, Perumda BPR Bank Blora Artha, PT BPR BKK Blora (Perseroda), Koperasi Karya Sejahtera di Pendopo Rumah Dinas Bupati Blora, Rabu (4/10/2023) lalu.

Direktur PT. Jaho Mulya Sunjaya, Arifah Mulyani mengungkapkan alasannya memilih Bandara Ngloram sebagai bandara ‘feeder’ ibadah umrah. Dikatakan, potensi calon jamaah umrah yang berada di Kabupaten Blora dan sekitarnya cukup luar biasa banyak.

“Kalau potensi jamaah umrah saya melihat di Blora ini sangat luar biasa, apalagi saya melihat banyak pesantren, terus minatnya masyarakat juga bisa kita lihat setiap tahunnya, saya membaca di data tinggi sekali,” ucap Arifah Mulyani.

Terpisah, Kepala UPBU Dewandaru, Ariadi Widiawan menyatakan senang dan mengapresiasi dukungan Pemkab Blora dalam optimalisasi Bandara Ngloram.

"Pak Bupati ini (Bupati Arief Rohman), tidak pernah berhenti berinovasi agar Bandara Ngloram ada penerbangan. Salah satunya dengan feeder umroh ini. Kami siap mendukung, apalagi antrian haji reguler sangat lama. Banyak yang pengen umroh. Jadi ini program yang tepat untuk optimalisasi Bandara Ngloram," ungkapnya. (Dinkominfo Blora/Prokompim).

    Berita Terbaru

    Ikuti Manasik, 643 Calhaj Blora Akan Berangkat ke Tanah Suci 3 Juni 2024
    27 April 2024 Jam 19:31:00

    Para Calon Haji (Calhaj) Blora mulai ikuti manasik haji, Sabtu (27/4/2024). Jumlah Calhaj Blora...

    Pemkab Blora Menggelar Rakor dengan Kementerian Koordinator Perekonomian RI
    27 April 2024 Jam 19:16:00

    Pemkab Blora menggelar Rakor dengan Kementerian Koordinator Perekonomian (RI), Deputi Bidang...

    Berusia 74 Tahun, RSUD dr. Soetijono Blora Punya 6 Inovasi Layanan Kesehatan
    25 April 2024 Jam 17:47:00

    Bertepatan dengan peringatan ulang tahunnya ke-74, Kamis (25/4/2024), RSUD dr. R. Soetijono...