Berita Terkini

Kolaborasi Dengan Pemprov Jateng, PT Djarum Bangun 70 RSLH Milik Warga Blora


Berkolaborasi dengan Pemprov Jateng, PT Djarum bangun 70 Rumah Sederhana Layak Huni (RSLH) milik warga Blora. Hingga saat ini 50 rumah sudah selesai dan sisanya tengah dilakukan.

Dari 50 rumah yang sudah terselesaikan itu, lima diantaranya semua berada di Cepu secara simbolis diserahkan oleh Bupati Blora.H.Arief Rohman, bersama Deputi GM Community Development PT. Djarum, Achmad Budi Harto, di pendopo Kecamatan Cepu, Kamis (16/11/2023). Tampak hadir, Kepala Disperakim Jawa Tengah, Ir. Arief Djatmiko.

Lima warga dengan rumah tidak layak huni yang terima bantuan RSLH dari PT Djarum itu, masing-masing Abdul Rokhim (Desa Cabean), Khayatin (Desa Bajo), M.Nur Ngalim (Desa Cabean), Pardi (Desa Bajo), Paiman (Desa Bajo).

Dijelaskan Achmad Budi Harto, PT Djarum telah mempertimbangkan berbagai aspek dalam pembangunan bantuan rumah itu. Sehingga RSLH tersebut secara keseluruhan dibiayai dan dibangunkan sampai jadi oleh PT Djarum. “Tahun ini betul kita ada 70 rumah yang kita tangani, Ini adalah rumah yang ke -50,” jelasnya.

Dikemukakan, pembangunan RSLH tersebut memenuhi berbagai aspek dasar. Yakni sehat, aman, dan layak. Dengan demikian diharapkan masyarakat bisa semakin produktif untuk meningkatkan taraf hidup, serta dapat hidup bersih dan sehat.

Bupati Blora, H. Arief Rohman mengapresiasi adanya bantuan RSLH dari PT Djarum kepada warganya tersebut. “Kami atas nama Pemkab Blora mewakili masyarakat, saya menyampaikan apresiasi terima kasih kepada PT Djarum. Harapannya ini bisa membantu percepatan penanganan kemiskinan ekstrem di Blora,”papar Bupati.

Dikatakan, Blora merupakan salah satu kabupaten yang masih dalam zona merah kemiskinan di Jawa Tengah. “Salah satu indikatornya adalah masih banyaknya rumah tidak layak huni ,” imbuh Bupati yang akrab disapa Mas Arief itu.

Selama ini, lanjutnya, dalam upaya penanganan, berbagai stakeholder ikut dilibatkan. Kolaborasi lewat CSR berbagai perusahaan juga terus dilakukan. Salah satunya dukungan dari PT Djarum dan Pemprov Jawa Tengah.

“Kami berharap sinergi dengan PT Djarum tidak berhenti disini, kita bisa lanjutkan lagi. Kami mohon untuk bisa membantu dalam rangka bergotong-royong mengentaskan kemiskinan ekstrem di Blora,” harap Bupati Airef.

Dikatakan, Pemkab Blora siap bersinergi dengan PT Djarum, termasuk dalam bidang-bidang lainnya. ‘’Kami sampaikan terima kasih atas dukungan PT Djarum yang luar biasa,” tambahnya.

Terpisah, Kepala Disperakim Jawa Tengah, Arief Djatmiko menyatakan, menyadari bahwa untuk mengentaskan persoalan RTLH, pemerintah memerlukan dukungan dari berbagai pihak, salah satunya kolaborasi dan dukungan dari sektor perusahaan dalam hal ini juga bersama dengan PT Djarum. “yang kita lakukan ini tidak bisa sendiri, tapi kita lakukan kolaborasi,” katanya

Ia mengemukakan, di Jawa Tengah ada 19 kabupaten/kota yang kemiskinan ekstrim. Salah satu program yang dilakukan dalam rangka mengatasi persoalan tersebut dengan mendorong pembangunan rumah layak huni hingga peningkatan taraf hidup masyarakat.

“Tahun ini Pemprov memberikan bantuan rumah di Blora kepada sebanyak 652 , sampai saat ini sudah terealisasi 635,” terang Arief.

Sementara itu, salah satu penerima bantuan rumah, Ny. Abdul Rohman dari Desa Cabean, Cepu, menuturkan, sebelum menerima bantuan, rumahnya dulu masih berlantaikan tanah dan atapnya sering bocor ketika hujan deras. "Sebelum dibangun, rumahnya ini seperti mau roboh ,sekarang sudah sae (bagus)," terangnya

Bahkan, ketika berada di kamar mandi, dulu dirinya kerap kali hampir terpeleset dikarenakan lantai yang becek.

Kini, rumahnya sudah dibangun menjadi lebih kokoh dan bagus. Terdiri dari dua kamar, kamar mandi yang bersih, ruang tamu, yang keseluruhan sudah berlantaikan keramik. ‘’Saya sudah menempati rumah bantuan dari Djarum sejak beberapa minggu yang lalu. Saya tidak dipungut biaya apapun,’’ tutur Ny. Abdul Rohman.  (Dinkominfo Blora/Prokompim). 

    Berita Terbaru

    Ikuti Manasik, 643 Calhaj Blora Akan Berangkat ke Tanah Suci 3 Juni 2024
    27 April 2024 Jam 19:31:00

    Para Calon Haji (Calhaj) Blora mulai ikuti manasik haji, Sabtu (27/4/2024). Jumlah Calhaj Blora...

    Pemkab Blora Menggelar Rakor dengan Kementerian Koordinator Perekonomian RI
    27 April 2024 Jam 19:16:00

    Pemkab Blora menggelar Rakor dengan Kementerian Koordinator Perekonomian (RI), Deputi Bidang...

    Berusia 74 Tahun, RSUD dr. Soetijono Blora Punya 6 Inovasi Layanan Kesehatan
    25 April 2024 Jam 17:47:00

    Bertepatan dengan peringatan ulang tahunnya ke-74, Kamis (25/4/2024), RSUD dr. R. Soetijono...