Seputar Blora

Siap Jadi Percontohan, SMPN 1 Cepu Juara I Lomba Perpustakaan 2023


Ekspresi gembira dan ceria memancar dari Kepala SMPN 1 Cepu Wiwik Sulistyowati, S.Pd., MA., bersama sejumlah pengelola perpustakaan setelah menerima piala dan uang pembinaan dari Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK) Kabupaten Blora Achmad Nur Hidayat, SH., M.SI., MM., Kamis (16/11/2023).

Hal itu sebagai ungkapan rasa syukur karena Perpustakaan Ganesa Pustaka SMPN 1 Cepu meraih Juara I lomba perpustakaan sekolah tingkat SMP se Kabupaten Blora tahun 2023.

“Alhamdulillah, bersyukur sekali. Di Perpustakaan Ganesa Pustaka SMPN 1 Cepu banyak sekali fasilitasnya, terutama disini ada inovatifnya, yaitu ada e-book, spot foto, ruang anak dan multimedia, jadi untuk nobar, anak-anak bisa di ruang multimedia, jadi anak-anak nyaman disana, banyak sekali inovatif kami,” jelasnya.

Dikatakannya, untuk kegiatan literasi bagi siswa di SMPN 1 Cepu sudah berjalan, di antaranya dengan mengadakan lomba literasi dan lomba pojok baca.
“Jadi setiap kelas ada pojok bacanya. Alhamdulillah anak-anak bisa membuat kegiatan itu luar biasa, anak senang untuk literasi,” tuturnya.

Dijelaskannya, dari pihak orang tua/ wali murid mendukung sekali. Contohnya, kata Wiwik Sulistyowati, kalau di rumah ada buku yang tidak terpakai, orang tua mengizinkan untuk dibawa ke sekolah.

“Jadi alhamdulillah orang tua sangat mendukung sekali untuk kegiatan literasi di sekolah,” ucapnya.

Wiwik Sulistyowati mengungkapkan, pihaknya besinergi dengan Al-Faza, SMPN 1 Sambong, SMPN 4 Cepu juga melibatkan SDN 1 Tambakromo dan SDN 3 Balun Cepu.

“Kami siap menjadi percontohan, mungkin dari SMP lain, kita siap menerima,” kata Wiwik.

Kedepannya, untuk inovasi adalah peningkatan multimedia, komputerisasi dan digital konten-konten lokal.

Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK) Kabupaten Blora, Jawa Tengah menyerahkan piala dan uang pembinaan kepada enam juara lomba perpustakaan sekolah tingkat SMP se Kabupaten Blora tahun 2023.

Piala dan uang pembinaan diserahkan langsung oleh Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK) Kabupaten Blora Achmad Nur Hidayat, didampingi Kepala Bidang Perpustakaan DPK Blora Nugraheni Wahyu Utami, Kasi Pembinaan SMP Dinas Pendidikan Blora Dian Ahmad Kindarto, (selaku tim juri) dan Pustakawan DPK Blora Mokhammad Farid Rohmawantika, Kamis (16/11/2023) di ruang pertemuan dinas setempat.

“Harapan saya semua SMP di Blora bisa mengelola perpustakaan dengan cerdas ya profesional, dan anak didik kita itu diedukasi untuk sering datang ke perpustakaan, karena samudranya ilmu itu di perpustakaan,” kata Achmad Nur Hidayat, Kepala DPK Blora.

Pihaknya memberikan ucapan selamat dan menyampaikan apresiasi kepada enam juara yang telah ditetapkan oleh dewan juri.

“Selamat kepada enam juara lomba perpustakaan sekolah tingkat SMP se Kabupaten Blora tahun 2023, semoga lebih maju dan lebih baik serta menjadi virus kebaikan bagi sekolah lainnya,” ucapnya.

Adapun enam juara lomba perpustakaan sekolah tingkat SMP se Kabupaten Blora tahun 2023 yang diselenggarakan DPK Blora, yakni Juara I Perpustakaan Ganesa Pustaka SMPN 1 Cepu, Juara II Perpustakaan Pustaka Lumintu SMPN 3 Cepu, Juara III Perpustakaan Gema Cakrawala SMPN 1 Jiken.

Kemudian, Juara Harapan I Perpustakaan Veda Pustaka SMPN 1 Sambong, Juara Harapan II Perpustakaan Mentari Ilmu SMPN 1 Bogorejo, Juara Harapan III Perpustakaan SMPN 2 Kedungtuban. (Dinkominfo Blora).


    Berita Terbaru

    Penyampaian Rekomendasi DPRD Terhadap LKPJ Bupati Blora Akhir Tahun Anggaran 2023
    08 Mei 2024 Jam 20:55:00

    Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Blora menggelar rapat paripurna dalam acara...

    Wabup Blora Pimpin Upacara Pembukaan TMMD Sengkuyung Tahap II di Desa Geneng
    08 Mei 2024 Jam 18:45:00

    Komando Distrik Militer (Kodim) 0721 Blora melaksanakan upacara pembukaan TNI Manunggal...

    Hasil Seleksi Administrasi Calon Dewan Pengawas Perumda Air Minum Tirta Amerta Kab. Blora
    08 Mei 2024 Jam 14:17:00

    Hasil Seleksi Administrasi Calon Dewan Pengawas Perumda Air Minum Tirta Amerta Kabupaten Blora....