Seputar Blora

Sikap Religius dan Nasionalisme Konsisten Ditanamkan Kepada Siswa di SDN 1 Kunden Blora


Sekolah bersejarah yang beralamat di Jl dr. Sutomo Nomor 4 Blora, Kabupaten Blora, Jawa Tengah terus melaju dengan program pembelajaran untuk mencerdaskan anak bangsa serta konsisten menanamkan sikap religius dan nasionalisme kepada siswa.
Itu adalah SDN 1 Kunden, Kecamatan Blora, Kabupaten Blora yang kini dipimpin Kepala Sekolah, Yani, S.Pd.SD., M.AP.

Di bawah bimbingan para guru yang tak kenal menyerah, siswa SDN 1 Kunden menorehkan aneka prestasi, seperti seni tari, bola voli dan lainnya.

“SD Negeri 1 Kunden memiliki 160 siswa dan 12 pendidik, ditambah saya yang diberi amanah memimpin sekolah ini,” kata Yani saat ditemui di ruang kerjanya, Senin (16/10/2023).

Saat ini, kata Yani, siswa SDN 1 Kunden tengah maju ke tingkat Kabupaten Blora dalam rangka Festival Tunas Bahasa Ibu (FTBI).

Sementara itu, kelompok marching band siswa SDN 1 Kunden yang dilatih secara rutin, telah tampil beberapa kali dalam berbagai acara. Salah satunya ikut tampil mengiringi pasukan Estafet Tunas Kelapa 2023.

“Untuk menanamkan jiwa nasionalisme kita biasakan anak-anak menyanyikan lagu kebangsaan dan lagu nasional, sedangkan untuk menanamkan nilai religus, anak-anak kami ajak untuk bersholawat dan menghafal Asmaul Husna, khusus hari Jumat, kita gelar bersama di luar kelas, targetnya adalah siswa yang berakhlakul karimah,” jelas Yani, Kepala SDN 1 Kunden.

Tidak terkecuali untuk pembelajaran dan pembiasaan tata krama. Setiap hari masuk sekolah, para guru menjemput siswa di depan pintu, kemudian bersalaman dengan siswa.

Dikutip dari blorakab.go.id, SDN 1 Kunden merupakan sekolah paling bersejarah di Kabupaten Blora berkaitan dengan sejarah perjuangan pergerakan wanita. Karena hingga awal abad ke-20 hanya golongan bangsawan dan golongan elit masyarakat saja yang dapat menikmati pendidikan modern.

Seiring berjalannya waktu, sekolah ini berganti nama menjadi SD Kunden 1. Bangunan ini adalah model bangunan kolonial, sebagaimana tampak pada bentuk fisik bangunan dengan bentuk limasan memanjang, dengan atap tinggi dan plafon atap terbuat dari kayu.

Berdiri di atas tanah seluas 1.333 m² dengan luas bangunan ± 428 m². Dengan halaman bagian depan untuk kegiatan upacara dan olahraga. Dilengkapi dengan 6 ruang kelas, UKS, Perpustakaan, dan ruang guru. Bangunan gedung SDN 1 Kunden sudah pernah direnovasi tanpa mengurangi model bangunan sebelumnya. (Dinkominfo Blora).


    Berita Terbaru

    Ikuti Manasik, 643 Calhaj Blora Akan Berangkat ke Tanah Suci 3 Juni 2024
    27 April 2024 Jam 19:31:00

    Para Calon Haji (Calhaj) Blora mulai ikuti manasik haji, Sabtu (27/4/2024). Jumlah Calhaj Blora...

    Pemkab Blora Menggelar Rakor dengan Kementerian Koordinator Perekonomian RI
    27 April 2024 Jam 19:16:00

    Pemkab Blora menggelar Rakor dengan Kementerian Koordinator Perekonomian (RI), Deputi Bidang...

    Berusia 74 Tahun, RSUD dr. Soetijono Blora Punya 6 Inovasi Layanan Kesehatan
    25 April 2024 Jam 17:47:00

    Bertepatan dengan peringatan ulang tahunnya ke-74, Kamis (25/4/2024), RSUD dr. R. Soetijono...