Seputar Blora

Tingkatkan Literasi Siswa di Perpustakaan SD Negeri 1 Karangjati Blora


Perpustakaan SD Negeri 1 Karangjati Kecamatan/Kabupaten Blora menjadi salah satu penunjang program belajar mengajar dan meningkatkan literasi siswa.

Kepala SD Negeri 1 Karangjati Eko Hadi Sulistiyono, S.Pd., menjelaskan aneka buku pengetahuan, pelajaran dan buku cerita disediakan di perpustakaan setempat untuk siswa.

“Jadi kita sudah punya gedung sendiri. Perpustakaan SD Negeri 1 Karangjati sebagai rumahnya literasi bagi anak-anak, mereka bisa membaca, meminjam buku, kedepan nanti akan diprogramkan 10 menit baca buku sebagai wahana ilmu bagi anak,” jelas Kepala SD Negeri 1 Karangjati Eko Hadi Sulistiyono, Senin (16/10/2023).

Meski memiliki gedung dan perpustakaan yang representative, bukan berarti tidak ada program lainnya untuk mencerdaskan anak bangsa. Termasuk upaya pelestarian seni tradisi, seperangkat gamelan disediakan bagi siswa untuk belajar seni karawitan.

Selain itu ada pembiasaan menanamkan nilai religius, nasionalisme dan tata krama seperti sholawat nariyah, menyanyikan lagu kebangsaan dan menjemput siswa saat masuk pintu sekolah kemudian bersalaman dengan para guru.

“Jumat bersih juga kami adakan, agar anak-anak terbiasa dengan lingkungan yang sehat. Kami ajak anak-anak untuk gotong royong membersikan rumput dan sampah. Kegiatan ini mendapat apresiasi dari pengawas sekolah,” terang Eko Hadi Sulistiyono, S.Pd.

Gedung sekolah berlantai dua yang bersebelahan dengan Dinas Pendidikan Blora itu dimotori sejumlah pendidik, seorang kepala sekolah dan penjaga sekolah. Hanya saja, jumlah siswa keseluruhan sebanyak 62 anak.

“Untuk PPDB tahun ajaran 2023-2024 sekolah kita hanya dapat 13 siswa baru kelas 1. Akan tetapi tidak menyurutkan semangat para pendidik untuk mencerdaskan generasi penerus bangsa,” tegasnya. (Dinkominfo Blora).

    Berita Terbaru

    Ikuti Manasik, 643 Calhaj Blora Akan Berangkat ke Tanah Suci 3 Juni 2024
    27 April 2024 Jam 19:31:00

    Para Calon Haji (Calhaj) Blora mulai ikuti manasik haji, Sabtu (27/4/2024). Jumlah Calhaj Blora...

    Pemkab Blora Menggelar Rakor dengan Kementerian Koordinator Perekonomian RI
    27 April 2024 Jam 19:16:00

    Pemkab Blora menggelar Rakor dengan Kementerian Koordinator Perekonomian (RI), Deputi Bidang...

    Berusia 74 Tahun, RSUD dr. Soetijono Blora Punya 6 Inovasi Layanan Kesehatan
    25 April 2024 Jam 17:47:00

    Bertepatan dengan peringatan ulang tahunnya ke-74, Kamis (25/4/2024), RSUD dr. R. Soetijono...