Seputar Blora

Disdik Blora Selenggarakan Pembekalan Peserta FTBI Jenjang SD Tahun 2023


Dinas Pendidikan Kabupaten Blora melalui Bidang Pembinaan Pendidikan Dasar menyelenggarakan kegiatan Pembekalan Peserta Festival Tunas Bahasa Ibu (FTBI) Jenjang SD Tingkat Kabupaten Blora Tahun 2023, Senin (16/10/2023).

Pembekalan peserta Festival Tunas Bahasa Ibu (FTBI) Jenjang SD Tingkat Kabupaten Blora tersebut dibuka oleh Kabid Pembinaan Pendidikan Dasar, Titik Umiyati,S.Pd.,M.Pd didampingi Kasi Pembinaan SD Buana Adi Nugroho,M.Pd di Aula B.

Kasi Pembinaan SD, Buana Adi Nugroho,M.Pd dalam laporannya menyampaikan bahwa pembekalan peserta Festival Tunas Bahasa Ibu (FTBI) jenjang SD tingkat Kabupaten Blora Tahun 2023 diselenggarakan mulai tanggal 16 hingga 19 Oktober 2023 di Aula A untuk pidato dan B untuk baca tulis aksara jawa D.

Buana menjelaskan peserta pembekalan merupakan juara seleksi tingkat kecamatan yang selanjutnya mengikuti Seleksi Festival Tunas Bahasa Ibu (FTBI) Jenjang SD Tingkat Kabupaten Blora Tahun 2023 dengan rincian Lomba Berpidato sejumlah 64 peserta didik, Lomba Mendongeng 64 peserta didik, Lomba Menulis Cerkak 64 peserta didik, Lomba Membaca dan Menulis Aksara Jawa 96 peserta didik.

Tujuan Pembekalan Peserta Festival Tunas Bahasa Ibu (FTBI) Jenjang SD Tingkat Kabupaten Blora Tahun 2023 untuk melanjutkan Program Merdeka Belajar Episode 17 Revitalisasi Bahasa Daerah (RBD) dan memberikan wadah untuk berkreasi dengan menampilkan karya kreatif dan inovatif peserta didik dalam penggunaan bahasa daerah serta menanamkan dan meningkatkan apresiasi seni khususnya nilai-nilai tradisi yang berakar pada budaya bangsa.

Pada kesempatan yang sama Kabid Pembinaan Pendidikan Dasar, Titik Umiyati,S.Pd.,M.Si menyampaikan selamat untuk anak-anak yang hadir di Aula ini, sebab merupakan perwakilan dari masing-masing Kecamatan yang telah ditunjuk oleh Korwil.

“Kalian ini mempunyai potensi yang luar biasa sehingga harus dieksplore di kegiatan nantinya. Tolong Budaya Positif untuk menghargai orang lain ini harus kalian tanamkan pada diri anak-anak, dibiasakan untuk menciptakan buda positif baik dari sikap, perbuatan selalu diingatkan. Sehingga Budaya Positif ini akan menjadi karakter dari anak-anak”, tegas Titik.

Dalam pembekalan ini nanti diharapkan anak-anak juga memiliki tata krama etika khususnya Bahasa Jawa.

"Anak-anak ini sudah mulai tidak mencintai Bahasa Jawa. Semoga nanti kalian yang menang mewaki Kabupaten Blora ini menjadi yang terbaik di Provinsi. Amin. Nanti tolong diperhatikan dengan baik-baik," tuturnya.

Pihaknya berharap semoga pembekalan ini bermanfaat, sehingga para peserta mendapat bekal yang luar biasa dari narasumber.

"Terimakasih kepada Kasi Pembinaan SD Buana Adi Nugroho karena tahun ini sudah dibekali karena tahun kemarin tidak ada, sehingga anak-anak ini tambah wawasannya, kepercayaannya juga tambah. Sehingga dalam tampil nanti bisa menjadi yang terbaik,” tambahnya.

Untuk penyampaian materi disampaikan oleh narasumber yaitu, dari Balai Bahasa Jawa Provinsi Jawa Tengah dan Kabid Pembinaan Pendidikan Dasar Titik Umiyati,S.Pd.,M.Si menyampaikan secara umum terkait pidato, menulis aksara jawa, membaca geguritan, mendongeng, serta membaca aksara jawa. (DINKOMINFO BLORA/Disdik).

    Berita Terbaru

    Ikuti Manasik, 643 Calhaj Blora Akan Berangkat ke Tanah Suci 3 Juni 2024
    27 April 2024 Jam 19:31:00

    Para Calon Haji (Calhaj) Blora mulai ikuti manasik haji, Sabtu (27/4/2024). Jumlah Calhaj Blora...

    Pemkab Blora Menggelar Rakor dengan Kementerian Koordinator Perekonomian RI
    27 April 2024 Jam 19:16:00

    Pemkab Blora menggelar Rakor dengan Kementerian Koordinator Perekonomian (RI), Deputi Bidang...

    Berusia 74 Tahun, RSUD dr. Soetijono Blora Punya 6 Inovasi Layanan Kesehatan
    25 April 2024 Jam 17:47:00

    Bertepatan dengan peringatan ulang tahunnya ke-74, Kamis (25/4/2024), RSUD dr. R. Soetijono...