Berita Terkini

Kodim 0721/Blora Gelar Upacara HUT ke-78 TNI


Kepala Staf Kodim  (Kasdim) 0721/Blora Mayor Inf Bani mewakili  Komandan Kodim 0721/Blora Letkol Czi. Yuli Hartanto, S.E., menjadi Inspektur Upacara (Irup) pada peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-78 Tentara Nasional Indonesia (TNI) tahun 2023 yang digelar di lapangan apel Makodim setempat, Kamis (5/10/2023).

Upacara HUT ke-78 TNI diikuti Anggota Kodim 0721/Blora, Subdenpom IV/3-1 Blora, Minvetcad IV-27/Blora dan Rumkitban 04.08.05 Blora.

Panglima TNI, Laksamana TNI Yudo Margono, S.E.,M.M., dalam amanat pada Upacara HUT ke-78 TNI tahun 2023 yang dibaca Kasdim 0721/Blora  mengungkapkan berdasarkan hasil survei dari lembaga survei di tanah air TNI mendapat kepercayaan tertinggi dari masyarakat baik di dalam maupun di luar negeri.

“Saya ucapkan terima kasih kepada seluruh prajurit TNI atas dedikasi, loyalitas dan profesionalisme yang telah ditunjukkan selama ini. Terlepas dari kepercayaan masyarakat dan prestasi yang telah kita raih, TNI tidak boleh terlena karena beragam tantangan yang sedang dan akan kita hadapi tidaklah ringan,” kata Panglima TNI dalam amanat tertulis yang dibacakan Kasdim 0721/Blora Mayor Inf Bani

Ditegaskan Panglima TNI, sesuai tema HUT ke-78 kali ini, yaitu “TNI Patriot NKRI Pengawal Demokrasi Untuk Indonesia Maju” maka sangat diharapkan kepada seluruh prajurit TNI sebagai komponen utama pertahanan negara, berkomitmen untuk bersinergi dengan seluruh komponen bangsa lainnya dalam mengawal demokrasi untuk mewujudkan Indonesia yang berdaulat, mandiri, maju dan sejahtera.

“Tema ini kita angkat karena salah satu tantangan besar yang dihadapi oleh bangsa Indonesia dalam waktu dekat adalah pemilihan umum serentak tahun 2024. Kelancaran dan kesuksesan agenda pesta demokrasi tersebut akan sangat menentukan perjalanan kehidupan berbangsa dan bernegara ke depan,” ujar Yudo Margono.

Akan dilaksanakan pemilihan Presiden dan Wakil Presiden, pemilihan anggota legislatif serta Pilkada serentak di 548 daerah, yaitu pada 38 Provinsi, 415 Kabupaten dan 98 Kotamadya. Kelancaran dan kesuksesan agenda pesta demokrasi tersebut akan sangat menentukan perjalanan kehidupan berbangsa dan bernegara ke depan.

Menyikapi kondisi tersebut, dalam amanat Panglima TNI, Kasdim menegaskan prajurit TNI dituntut untuk peka dan antisipatif terhadap dinamika dan perkembangan situasi bangsa.

"TNI berkomitmen untuk menjamin keamanan dan kelancaran dalam rangka mewujudkan Pemilu 2024 berjalan dengan aman, damai dan sejuk," tegasnya.

Diakhir amanatnya Panglima TNI memberikan beberapa penekanan yakni,

-Pertama, tingkatkan terus keimanan dan ketakwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa, sebagai landasan mental pada setiap pelaksanaan tugas.

-Kedua, pegang teguh amanat Sapta Marga, Sumpah Prajurit dan Delapan Wajib TNI serta jaga terus kemanunggalan dan kepercayaan rakyat kepada TNI.

-Ketiga, laksanakan komitmen netralitas TNI. Ikuti peraturan, pedoman dan perintah yang telah diberikan terkait cara bersikap dan bertindak dalam tahapan pesta demokrasi lima tahunan ini.

-Keempat, jalin komunikasi, kerja sama dan sinergitas dengan Polri, kementerian atau lembaga dan komponen bangsa yang lainnya demi tercapainya stabilitas keamanan nasional yang aman, damai dan sejuk.

-Kelima, jaga nama baik TNI dimana pun berada, selalu ingat bahwa tindakan sekecil apapun akan berdampak pada institusi TNI secara umum.

“Selamat bekerja dan mengabdi untuk nusa dan bangsa, semoga Tuhan Yang Maha Esa selalu meridhoi setiap langkah pengabdian kita, demi bangsa dan Negara Kesatuan Republik Indonesia yang kita cintai bersama. Dirgahayu Tentara Nasional Indonesia “TNI Patriot NKRI, Pengawal Demokrasi Untuk Indonesia Maju,” kata Panglima TNI. (Dinkominfo Blora | Pendim 0721/Blora). 







    Berita Terbaru

    Ikuti Manasik, 643 Calhaj Blora Akan Berangkat ke Tanah Suci 3 Juni 2024
    27 April 2024 Jam 19:31:00

    Para Calon Haji (Calhaj) Blora mulai ikuti manasik haji, Sabtu (27/4/2024). Jumlah Calhaj Blora...

    Pemkab Blora Menggelar Rakor dengan Kementerian Koordinator Perekonomian RI
    27 April 2024 Jam 19:16:00

    Pemkab Blora menggelar Rakor dengan Kementerian Koordinator Perekonomian (RI), Deputi Bidang...

    Berusia 74 Tahun, RSUD dr. Soetijono Blora Punya 6 Inovasi Layanan Kesehatan
    25 April 2024 Jam 17:47:00

    Bertepatan dengan peringatan ulang tahunnya ke-74, Kamis (25/4/2024), RSUD dr. R. Soetijono...