Berita Terkini

Bupati Minta Peran Nyata Generasi Z Menuju Blora Emas 2045


Pemkab Blora melalui Bappeda setempat, menggelar sarasehan menuju Blora Emas tahun 2045 bersama dengan sejumlah stakeholder, Rabu (4/10/2023).

Acara yang dikemas dengan “Ngopi Bareng Mas Arief ” itu digelar di Aula Bappeda Blora.

Sarasehan yang dihadiri sejumlah OPD terkait, Bunda GENRE Blora, Hj. Ainia Shalichah, SH, M.Pd.AUD, termasuk Kemenag, organisasi kemahasiswaan, perwakilan Osis, dan komunitas difabel itu, sekaligus bertujuan untuk mencari masukan dalam rangka menyusun Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) Blora tahun 2025 - 2045.

Diketahui, pada tahun 2045 nanti, bertepatan dengan 100 tahun Kemerdekaan merupakan Indonesia Emas dan Blora Emas. Menurut Bupati Blora, H. Arief Rohman SIP, Msi saat membuka sarasehan, menyongsong Blora Emas 2045 itu diharapkan peran nyata para Generasi Z. Yakni, mereka yang lahir pada tahun 2000-2010, dan akan menginjak usia sekitar 45-50 tahun pada 2045.

Peran nyata dari para Generasi Z itu benar-benar diharapkan, menyusul tantangan yang dihadapi ke depan kian komplek, mengikuti perubahan yang sangat cepat di segala bidang.

Tantangan tersebut, demikian Bupati Arief, diantaranya demografi global, urbanisasi, persaingan sumber daya alam, teknologi, perubahan iklim , kelas menengah yang kian meningkat , kebutuhan pangan.

‘’Semua itu akan merubah paradigma kita untuk menghadapi permasalahan-permasalahan yang akan muncul kedepan,’’ paparnya.

Oleh karena itu, Pemkab Blora akan mendorong kebijakan-kebijakan yang akan disusun kedepan adalah kebijakan yang adaptif terhadap lingkungan. Termasuk lingkungan keuangan, pelayanan publik.

‘’Termasuk mendorong pembangunan infrastruktur hijau, serta penataan infrastruktur yang ramah lingkungan,” jelas Bupati yang akrab dipanggil Mas Arief itu.

Untuk menuju Indonesia Emas dan Blora Emas 2045, Indonesia memiliki modal dasar pembangunan dalam menghadapi berbagai macam tantangan ke depan. Diantaranya, jumlah penduduk yang besar dengan tenaga kerja melimpah, keberagaman budaya dan asas gotong royong, juga sumber daya alam keanekaragaman hayati, kekayaan maritim. Semua itu menggambarkan, setidaknya ada empat pilar untuk menuju Indonesia Emas dan Blora emas 2045

Dalam bidang ekonomi, Indonesia mewujudkan Produk Domestik Bruto pada standar negara maju ditandai dengan kontribusi sektor industri dalam PDB, menggeser sektor pertanian.

Kondisi nasional itu, bagi Pemkab Blora menjadi tantangan tersendiri. Pada tahun 2022 ini, di Blora masih menunjukan bahwa sektor pertanian di angka 22,97 persen Produk Domestik Regional Bruto (PDRB), sementara sektor industri di angka 9,29 persen kontribusinya dalam PDRB.

“Upaya mendorong perekonomian mencapai standar negara maju sebenarnya sangat didukung terkait bonus demografi yang digambarkan dengan besarnya proporsi penduduk usia produktif pada angka 17 persen dari jumlah penduduk. Kondisi tersebut ditopang dengan gotong royong yang masih terjaga serta keberadaan SDA yang masih melimpah sehingga menjadi modal dasar pembangunan,” tuturnya.

Kondisi demografi Kabupaten Blora, menurut Mas Arief, memasuki periode demografi dimana proporsi penduduk usia produktif Kabupaten Blora sebesar 70,82 persen. Hal itu terdapat peluang sekaligus tantangan dalam pengelolaan bonus demografi.

Tak hanya itu, menurutnya, salah satu isu strategis yang dihadapi oleh Kabupaten Blora saat ini, yaitu IPM (indeks pembangunan manusia). Tidak saja capain Blora yang nilainya belum memenuhi standar, namun juga aspek pembentukan IPM itu sendiri.

“Dari pembentukan IPM yang ditopang dengan aspek kesehatan, pendidikan dan ekonomi, di aspek pendidikan ada persoalan kesenjangan antara harapan sekolah dan rata rata lama sekolah," ungkapnya.

Pada tahun 2022, harapan sekolah di Blora menunjukan angka 12,44 tahun. Dari seluruh sarana prasarana yang sudah diupayakan dimana Pemkab Blora berkomitmen memenuhi sarana pendidikan, maka ana-kanak di Blora semestinya mampu menyelesaikan pendidikan SMA hingga awal perguruan tinggi. Akan tetapi rata-rata lama sekolah menunjukan 7,01 tahun yang berarti baru mampu menyelesaikan pendidikan di kelas 1 SMP.

Kondisi ini tentu perlu mendapat perhatian dari kaum muda untuk saling bahu membahu mendorong rekan rekan seusia agar menyelesaikan pendidikan lebih tinggi.

Ditandaskan, Pemkab Blora terus mendorong Dinas Pendidik untuk terus berinovasi program-program yang kaitannya pendidikan SDM karena SDM ini penting menjadi investasi masa depan. ‘’ Hal itu menjadi misi kami yakni peningkatan SDM. Untuk itu kesempatan-kesempatan anak kita yang berprestasi terus kami dorong, tentunya ini menjadi tantangan kita kedepan,” tambah Bupati Arief.

Pilar selanjutnya, menurut Mas Arief, adalah pembangunan ekonomi berkelanjutan. Ditegaskan, bahwa diantara isu yang menjadi perhatian Blora adalah terus mendorong meningkatnya kontribusi sektor industri dalam PDRB Kabupaten Blora, dimana data menunjukan tren positif.

Hal tersebut bukan berarti kemudian abai terhadap sektor pertanian. Dimaksudkan jangan lupa tetap meningkatkan kesejahteraan petani dan mendorong tumbuhnya petani milenial, mengingat sektor pertanian memegang peran penting dalam ketahanan pangan.

Setelah SDM, program pertanian menjadi kunci untuk kemajuan Blora kedepan. Untuk itu Pemkab terus berupaya terus bersinergi dengan seluruh stakeholder kementerian, PTS, PTN yang punya jurusan pertanian untuk terus berinovasi.

‘’Termasuk kita ingin menciptakan generasi petani milenial yang kedepan pro terhadap lingkungan. Dalam hal ini kami mendorong agar bisa mengembangkan pertanian organik, dan kami akan kumpulkan PTS/PTN yang ada di pulau Jawa untuk kami ajak mendampingi kami, ” tuturnya.

Dari aspek Pemerataan pembangunan, Bupati menjelaskan, salah satu keberhasilan Blora adalah terus bisa menurunkan angka kemiskinan di Kabupaten Blora. Namun demikian ada tantangan lain yang perlu diselesaikan, yakni kemiskinan ekstrem yang harus diselesaikan hingga angka 0 persen

Dikatakan, tantangan Blora adalah geografis Blora separo wilayahnya hutan, dan kantong-kantong kemiskinan berada di tengah hutan itu. Namun demikian, Pemkab Blora terus berupaya untuk terus membangun dan membuka akses di wilayah hutan. Harapannya, dengan membuka akses tersebut perekonomian semakin meningkat.

Dalam pemantapan ketahanan nasional dan tata kelola pemerintahan, dikatakan, pihaknya terus mendorong semakin membaiknya pelayanan publik dan transparansi pelayanan publik.

“Awal kami dilantik kami langsung buat MPP sehingga ini bisa memberikan pelayanan masyarakat, kami juga berharap peran aktif para pemuda untuk berkontribusi nyata dalam pembangunan nyata,” kata Bupati. (DINKOMINFO BLORA/Prokompim).

    Berita Terbaru

    Ikuti Manasik, 643 Calhaj Blora Akan Berangkat ke Tanah Suci 3 Juni 2024
    27 April 2024 Jam 19:31:00

    Para Calon Haji (Calhaj) Blora mulai ikuti manasik haji, Sabtu (27/4/2024). Jumlah Calhaj Blora...

    Pemkab Blora Menggelar Rakor dengan Kementerian Koordinator Perekonomian RI
    27 April 2024 Jam 19:16:00

    Pemkab Blora menggelar Rakor dengan Kementerian Koordinator Perekonomian (RI), Deputi Bidang...

    Berusia 74 Tahun, RSUD dr. Soetijono Blora Punya 6 Inovasi Layanan Kesehatan
    25 April 2024 Jam 17:47:00

    Bertepatan dengan peringatan ulang tahunnya ke-74, Kamis (25/4/2024), RSUD dr. R. Soetijono...