Seputar Blora

Akuifer Buatan Simpanan Air Hujan Alternatif Solusi Konstruksi Mitigasi di Musim Kekeringan


Bidang Sumber Daya Air (SDA) Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kabupaten Blora, Jawa Tengah memberikan support pembinaan dan pendampingan Akuifer Buatan Simpanan Air Hujan (ABSAH) di sejumlah tempat.

“Kami lakukan support pembinaan dan pendampingan dalam rangka pemeliharaan infrastruktur yang ada agar tetap dapat berfungsi secara optimal kepada organisasi masyarakat pengelolaan ABSAH tersebut,” jelas Kepala Bidang SDA DPUPR, Ir. Surat, ST., MT mewakili Kepala DPUPR Blora Ir. Samgautama Karnajaya,MT, di Blora, Selasa (26/9/2023).

Dikatakan Kabid SDA DPUPR, itu adalah kegiatan Akuifer Buatan Simpanan Air Hujan (ABSAH) sebagai salah satu alternatif solusi konstruksi mitigasi di musim kekeringan.

Bangunan yang terbangun digunakan sebagai sarana untuk menampung pemanenan air hujan di musim penghujan.

Prinsip kerja teknologi ABSAH adalah infrastruktur penyediaan air baku mandiri dengan menampung air hujan dalam tampungan yang disaring dengan media akuifer buatan (kerikil, pasir, bata merah, batu gamping, ijuk dan arang).

“Air yang sudah masuk ke bangunan ABSAH secara proses kimiawi telah memenuhi syarat sebagai air baku yang kemudian dapat dimanfaatkan sewaktu waktu untuk memenuhi kebutuhan air bersih bagi masyarakat bahkan air yang masih tertampung bisa digunakan kebutuhan air bersih di musim kemarau,” ungkap Surat, Kabid SDA DPUPR Blora.

Di Kabupaten Blora, menurut Surat, sampai saat ini ada empat buah infrastruktur ABSAH yang terbangun, yaitu di Desa Pengkolrejo Kecamatan Japah, kemudian di Desa Nglengkir Kecamatan Bogorejo, Desa Sambongrejo Kecamatan Ngawen dan Desa Bandungrojo Kecamatan Ngawen. (Dinkominfo Blora).

    Berita Terbaru

    KPU Blora Resmi Tetapkan Perolehan Kursi Parpol dan Caleg Terpilih Pemilu 2024
    03 Mei 2024 Jam 06:21:00

    Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Blora resmi menetapkan perolehan kursi partai-partai...

    Berbusana Adat Jawa Tengah, Bupati Blora Pimpin Upacara Peringatan Hardiknas 2024
    02 Mei 2024 Jam 20:06:00

    Bupati Blora Arief Rohman memimpin upacara peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) 2024...

    Kesempatan Bagi ASN Isi Jabatan Dewan Pengawas Perumda Air Minum Tirta Amerta Blora
    02 Mei 2024 Jam 15:35:00

    Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Air Minum Tirta Amerta Kabupaten Blora membuka kesempatan bagi...