Seputar Blora

Tujuan Utama Kirab Pemilu 2024 Sosialisasi Kepada Publik Tentang Proses dan Tahapan Pemilu


Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Blora, Jawa Tengah melanjutkan Kirab Pemilu 2024 setelah serah terima dari KPU Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur.

Kirab Pemilu ditandai dengan arak-arakan bendera partai politik (parpol) seluruh peserta Pemilu 2024. Ada 18 bendera yang dikirab keliling Indonesia bertajuk “Pemilu Sebagai Sarana Integrasi Bangsa”

Di Kabupaten Blora, dilaksanakan dari start dari Blok T Blora sampai dengan Alun-Alun Blora (finish), Minggu (24/9/2023) dengan diiringi kesenian barongan dan reog Ponorogo.

Ketua KPU Blora M. Khamdun menjelaskan Kirab Pemilu 2024 adalah agenda nasional dan ada tujuh jalur kirab.

“Yang dikirab adalah bendera partai politik sejumlah 18. Tujuan utamanya adalah mensosialisasikan kepada publik tentang proses dan tahapan pemilu,” jelas M. Khamdun, Ketua KPU Blora.

Selain itu, kata Khamdun, ingin menunjukkan bahwa KPU siap melaksanakan Pemilu 2024 dengan cara menyuguhkan kepada publik bahwa penyelenggara kita siap, peserta pemilunya siap dan seluruh elemen yang akan terlibat di dalam pelaksanaan Pemilu juga siap.

“Kalau di tingkat kecamatan, nanti ada beberapa kegiatan yang akan kita lakukan, seperti sosialisasi di sejumlah tempat bersama kelompok masyarakat, kemudian ada KPU Bersholawat. Itu rangkaian acara yang mengiringi Kirab Pemilu hari ini, sampai dengan nanti tanggal 30 September 2023,” jelasnya.

Dikatakannya, karena Blora masuk wilayah Jawa Tengah dan Jawa Timur maka kirab Pemilu dari Bojonegoro, Jawa Timur ke Kabupaten Blora, sehingga untuk Jawa Timur melibatkan KPU Kabupaten/Kota di seluruh Jawa Timur.

Kirab Pemilu 2024 di Kabupaten Blora berlangsung tertib dan lancar dengan pengawalan ketat petugas dari Polres Blora.

Adapun urutan barisan Kirab Pemilu 2024 di Kabupaten Blora, yaitu Mobil Humas KPU Jawa Tengah, Mobil Patwal, Pembawa Spanduk Kirab, Pembawa Bendera Merah Putih, Pembawa Bendera Pataka, Rombongan Barongan, Mobil Kirab Jateng, Dokar KPU Prov Jateng, Dokar KPU Prov. Jatim, Dokar KPU Kab. Blora, Dokar 16 PPK, Mobil Hias KPU Blora, PPS Kecamatan Blora jalan kaki.

Kemudian, Parpol Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra), Partai Demikrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Partai Golongan Karya (Golkar), Partai Nasional Demokrat (Nasdem), Partai Buruh, Partai Gelombang Rakyat Indonesia (Gelora), Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Partai Kebangkitan Nusantara (PKN), Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura), Partai Garda Perubahan Indonesia (Garuda), Partai Amanat Nasional (PAN), Partai Bulan Bintang (PBB), Partai Demokrat, Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Partai Persatuan Indonesia (Perindo), Partai Persatua Pembangunan (PPP), Partai Ummat. Selanjutnya, Kendaraan Jawa Timur (40 mobil) dan Patwal.

Sementara itu, Mulyanto salah seorang warga Blora yang menonton mengatakan Kirab Pemilu 2024, selain sebagai sarana sosialisasi, juga untuk menghibur masyarakat.

“Harapannya, bagi yang sudah punyak hal pilih, bisa ikut datang ke TPS untuk memberikan hak suaranya pada Pemilu 2024. Jangan golput,” kata dia. (Tim Dinkominfo Blora).

    Berita Terbaru

    KPU Blora Resmi Tetapkan Perolehan Kursi Parpol dan Caleg Terpilih Pemilu 2024
    03 Mei 2024 Jam 06:21:00

    Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Blora resmi menetapkan perolehan kursi partai-partai...

    Berbusana Adat Jawa Tengah, Bupati Blora Pimpin Upacara Peringatan Hardiknas 2024
    02 Mei 2024 Jam 20:06:00

    Bupati Blora Arief Rohman memimpin upacara peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) 2024...

    Kesempatan Bagi ASN Isi Jabatan Dewan Pengawas Perumda Air Minum Tirta Amerta Blora
    02 Mei 2024 Jam 15:35:00

    Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Air Minum Tirta Amerta Kabupaten Blora membuka kesempatan bagi...