Berita Terkini

Sukun Tour de Muria, Explore Keindahan Alam dan Keragaman Seni Budaya Blora


Event sport tourism skala nasional kali pertama siap digelar di Kabupaten Blora. Event tersebut bertajuk Sukun Tour de Muria Blora Expedition 2023. Melalui kegiatan ini para peserta yang berasal dari sejumlah kota di Indonesia akan diajak berolahraga sekaligus berwisata di Kabupaten Blora, Jawa Tengah.

Sukun Tour de Muria Blora Expedition 2023 digelar pada 16-17 September 2023 di hari Sabtu dan Minggu. Event ini merupakan penutup dari rangkaian Trilogi Tour de Borobudur 2023.

‘’Tahun ini spesial di Blora. Blora direkomendasikan gubernur. Ada beberapa alasan mengapa kami memilih Kabupaten Blora sebagai tempat pelaksanaan kegiatan. Salah satunya, rutenya sangat menantang bagi cylist. Di Blora juga ada Bendungan Randugunting yang belum lama ini diresmikan Presiden Jokowi,’’ ujar Corporate Secretary PT Sukun Wartono Indonesia, Deka Hendratmanto dalam Press conference di pendopo rumah dinas bupati Blora, Senin (4/9/2023).

Dia mengungkapkan, Bupati Blora H Arief Rohman turun langsung melakukan survei lokasi yang akan menjadi rute Sukun Tour de Muria Blora Expedition 2023. Dengan konsep Sport tourism, keindahan alam, potensi wisata dan seni budaya serta kuliner Blora akan dieksplore. Kawasan Bendungan Randugunting akan menjadi salah satu Pitstop selain Pitstop di Kampung Samin Klopoduwur.

‘’Jarak tempuhnya sekitar 165 kilometer. Kami ingin mengangkat potensi lokal melalui kegiatan olahraga wisata. Ini sesuai tagline Ayo Dolan Blora,’’ ungkap Deka Hendratmanto.

Bupati Blora H Arief Rohman hadir dalam konferensi pers ini secara virtual melalui zoom. Sebab, dia masih berada di Semarang dalam rangka dinas. Bupati menyambut antusias akan digelarnya Sukun Tour de Muria Blora Expedition 2023. ‘’Ini pertama kali di Blora,’’ katanya.

Bupati menyakini melalui event ini akan banyak manfaat yang bisa dirasakan masyarakat Blora. Mulai sektor wisata, kuliner, seni dan budaya serta perekonomian akan merasakan manfaat dari kedatangan ratusan peserta Sukun Tour de Muria Blora Expedition 2023 yang berasal dari kota-kota besar di Indonesia serta kabupaten dan kota di Jawa Tengah. Oleh karena itu, kata bupati, persiapannya harus dilakukan serius.

‘’Kalau event ini sukses, Insya Allah akan dilanjut tahun depan,’’ katanya.


Sekretaris Daerah (Sekda) Blora Komang Gede Irawadi yang hadir dalam konferensi pers menambahkan, dengan adanya Sukun Tour de Muria Blora Expedition 2023 ini diharapkan perekonomian di Blora kembali bergerak pasca pandemi Covid-19.

‘’Akan banyak multiplier effect dari kegiatan ini. Tak hanya Indonesia, dunia akan tahu Blora semakin maju,’’ harapnya.

Ketua Pelaksana Sukun Tour de Muria Blora Expedition Hendra Dharmanto mengemukakan, sekitar 600 orang peserta akan mengikuti Sukun Tour de Muria Blora Expedition 2023. Pihaknya melibatkan potensi-potensi lokal Blora untuk turut andil menyukseskan event ini.

Rute Sukun Tour de Muria Blora Expedition 2023 telah disiapkan sedemikian rupa. Dengan menempuh jarak 165 kilometer, Rute Sukun Tour de Muria Blora Expedition 2023 dinilai sangat menantang bagi para cylist. Event inipun akan menjadi bukti ruas jalan di Kabupaten Blora layak dilewati pesepeda karena sudah bagus.

‘’Kami sudah komunikasi dan berkoordinasi dengan Pemprov Jateng maupun Pemkab Blora. Memang masih ada beberapa titik ruas jalan yang masih diperbaiki. Ada yang diperbaiki permanen, ada juga yang ditambal. Pada hari H, semuanya sudah siap,’’ ujar Ketua Panitia Sukun Tour de Muria Blora Expedition 2023 Hendra Dharmanto dari komunitas Semarang Bicycle Association (Samba) dalam press conference di pendopo rumah dinas bupati Blora, Senin (4/9/2023).

Sukun Tour de Muria Blora Expedition 2023 yang dilaksanakan selama dua hari, Sabtu-Minggu, 16-17 September 2023 diikuti peserta sebanyak 600 orang. Mereka berasal dari sejumlah kota besar di Indonesia seperti Jakarta, Semarang dan Surabaya serta kota dan kabupaten di Jateng. Mereka akan menempuh jarak sekitar 165,83 kilometer dengan empat pitstop.
Berikut ini rute Sukun Tour de Muria Blora Expedition 2023 :

Bandara Ngloram-Kampung Samin Klopoduwur.


Di hari pertama, Sabtu (16/9/2023), para peserta akan start (Pitstop 1) dari depan Bandara Ngloram di Kecamatan Cepu, Blora, pada pagi hari. Selanjutnya para cylist profesional maupun penghobi gowes itu akan menyusuri ruas jalan dari Kecamatan Cepu-Kedungtuban-Kradenan-Randublatung.

‘’Mereka antara lain akan melewati ruas jalan di sepanjang sungai Bengawan Solo,’’ kata Hendra.

Dari Kecamatan Randublatung, peserta Sukun Tour de Muria Blora Expedition 2023 kemudian akan diajak mengeksplore kawasan hutan jati melewati jalan raya Randublatung-Blora. Lebatnya hutan jati serta kehidupan warga di pedesaan di pinggiran hutan jati, akan menjadi pemandangan yang bisa dinikmati peserta sebelum nantinya beristirahat sejenak di Pitstop 2 di Kampung Samin, Desa Klopoduwur, Kecamatan Banjarejo.

‘’Di Kampung Samin nantinya akan diterima sesepuh Sedulur Sikep Samin,’’ ungkap Hendra.

Jarak Pitstop 1 menuju Pitstop 2 sekitar 60 kilometer dan merupakan terpanjang di antaranya pitstop lainnya. Tak hanya itu. Rute ini cukup banyak tanjakan dan turunan dengan ruas jalan tidak seberapa lebar.

Kampung Samin Klopoduwur-Bendungan Randugunting

Dari Kampung Samin, peserta Sukun Tour de Muria Blora Expedition 2023 akan melanjutkan perjalanan menuju Bendungan Randugunting di Desa Kalinanas, Kecamatan Japah (Pitstop 3). Selepas melewati jalan rata Blora-Purwodadi, para peserta kembali bakal melewati ruas jalan yang membelah lebatnya hutan jati di Kecamatan Japah. Bedannya, di ruas jalan ini kondisinya lebih bagus dengan cor beton dan juga sepi. Para cylist bisa memacu semaksimal mungkin laju sepedanya.

Bendungan Randugunting yang diresmikan Presiden Joko Widodo pada 5 Januari 2022 akan menyambut kedatangan para peserta Sukun Tour de Muria Blora Expedition 2023. Mereka akan merasakan sensasi melewati jalan di sepanjang Bendungan Randugunting serta jembatan dengan pemandangan nan-elok.

‘’Sepanjang yang saya ketahui, Bendungan Randugunting adalah bendungan yang terbagus dibanding bendungan-bendungan lainnya di Jateng,’’ ungkap Hendra.

Bendungan Randugunting-Pendopo Rumah Dinas Bupati

Setelah puas menikmati pemandangan alam di Bendungan Randugunting, para peserta akan melanjutkan perjalanan menuju pendopo rumah dinas bupati Blora (Pitstop 4). Kedatangan peserta di pendopo rumah dinas bupati akan disambut kesenian barongan. Mereka juga akan disuguhi sejumlah kuliner khas Blora. Bupati Blora H Arief Rohman dijadwalkan akan menyambut mereka dan berbaur dengan para peserta. Di tempat inilah keramahan, keakraban dan beribu kesan bakal tercurahkan.

Rumah Dinas Bupati Blora-Bandara Ngloram

Dari Pitstop 4 di pendopo rumah dinas bupati, para peserta akan melewati jalan mulus, jalan nasional Blora-Cepu. Namun, setelah menyusuri jalan sekitar 17 kilometer, petualangan menantang bakal terlihat di depan mata. Pohon jati yang meranggas seiring datangnya musim kemarau serta tanjakan-turunan dan tikungan yang menguji andrenalin, bakal menjadi kenangan yang tak akan terlupakan.

Sapaan akrab warga Kabupaten Blora di Kecamatan Cepu akan menjadi pelepas lelah sebelum benar-benar menyentuh garis finis di depan Bandara Ngloram. ‘’Kami perkirakan peserta tiba di garis finis sekitar pukul 14.00-15.00 WIB,’’ ujar Hendra.

Hari Kedua Sukun Tour de Muria Blora Expedition 2023

Hari kedua Sukun Tour de Muria Blora Expedition 2023, pada Minggu (17/9/2023) akan diisi dengan adu kecepatan ala cylist sesungguhnya. Halaman parkir di depan Bandara Ngloram akan dijadikan venue criterium dan time trial. Lomba dibagi menjadi beberapa kategori usia, pria dan wanita. Mulai usia di bawah 30 tahun, 30-40 tahun dan 40 tahun ke atas. Pembalap-pembalap elite profesional akan berlaga di event ini.

Total hadiah yang disiapkan dalam Sukun Tour de Muria Blora Expedition 2023 ini sebesar Rp150 juta.

Yang menarik, piala untuk para juara berbeda dari biasanya, melainkan berupa barongan Blora, buatan perajin asal desa Tempellemahbang Kecamatan Jepon. M Taufiq atau akrab disapa Tombe.

“Alhamdulillah, ini menjadi sejarah dalam hidup saya, dapat pesanan tujuh buah barongan untuk piala Sukun Tour de Muria Blora Expedition 2023. Saya sendiri sudah menekuni kerajinan barongan empat tahun,” ucapnya. (Dinkominfo Blora).

    Berita Terbaru

    1.734 ASN PPPK Pemerintah Kabupaten Blora Formasi Tahun 2023 Dilantik
    29 April 2024 Jam 18:58:00

    Sebanyak 1.734 Aparatur Sipil Negara Pemerintah Kabupaten Blora (ASN Pemkab Blora) dikumpulkan...

    Sate Khas Blora Disuguhkan di Mangkunegaran Makan-Makan
    29 April 2024 Jam 18:51:00

     Kuliner khas Blora, utamanya sate ayam dan kambing ikut tampil di “Mangkunegaran Makan-Makan”,...

    Ikuti Manasik, 643 Calhaj Blora Akan Berangkat ke Tanah Suci 3 Juni 2024
    27 April 2024 Jam 19:31:00

    Para Calon Haji (Calhaj) Blora mulai ikuti manasik haji, Sabtu (27/4/2024). Jumlah Calhaj Blora...