Seputar Blora

Jelang Pemilu 2024, Polres Blor Gelar Pelatihan Sispam Kota


Polres Blora menggelar Pelatihan Sispam Kota untuk melatih personel Polres Blora dalam menghadapi berbagai kemungkinan yang terjadi selama masa Pemilu 2024, Selasa (29/8/2023).

Kapolres Blora yang diwakili oleh Kabag Ops Kompol Sudarno, S.H., mengatakan bahwa tujuan utama pelatihan ini adalah untuk mengasah kewaspadaan dan respon personel bilamana di suatu TPS terjadi protes atas hasil perhitungan suara dan massa mendatangi KPUD Blora.

"Disituasi itulah respon dari seluruh personel pelatihan sispam kota ini dilatih agar bisa menganggapi situasi yang mungkin akan terjadi, jadi setiap personel punya peran masing-masing," ucap Kompol Sudarno.

Kabag Ops juga mengatakan semua personel baik polwan maupun polisi pria punya peran yang dalam pelatihan ini akan dilatih, seperti polwan memiliki tugas untuk menjadi negosiator atau penengah supaya tidak timbul kejadian yang tidak diinginkan.

"Bila negosiasi tidak berhasil, dan situasi semakin memanas, maka tim dalmas yang mengambil alih peran sebagai tindakan antisipasi dan meminta massa untuk mundur," ucap Kabag Ops.

Kemudian bagian akhir adalah olah TKP yang menjadi tugas dari Tim Inafis dengan memasang police line, dan Tim Kesehatan untuk mengobati massa dan petugas yang terluka.

"Setelah pelatihan sispam kota ini, kita lakukan evaluasi hasil latihan untuk melihat apa yang masih belum atau kurang karena salah dalam bertindak dapat berakibat fatal untuk banyak pihak," imbuh Kompol Sudarno.

Kegiatan ini tidak hanya dilakukan satu kali, namun akan terus dilakukan pelatihan supaya personel menjadi lebih baik lagi kedepannya dalam melaksanakan tugas.

Tahun 2024 adalah tahun dimana warga Indonesia akan menggunakan hak pilihnya untuk menentukan siapa pemimpin masa depan. (DINKOMINFO BLORA).

    Berita Terbaru

    KPU Blora Resmi Tetapkan Perolehan Kursi Parpol dan Caleg Terpilih Pemilu 2024
    03 Mei 2024 Jam 06:21:00

    Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Blora resmi menetapkan perolehan kursi partai-partai...

    Berbusana Adat Jawa Tengah, Bupati Blora Pimpin Upacara Peringatan Hardiknas 2024
    02 Mei 2024 Jam 20:06:00

    Bupati Blora Arief Rohman memimpin upacara peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) 2024...

    Kesempatan Bagi ASN Isi Jabatan Dewan Pengawas Perumda Air Minum Tirta Amerta Blora
    02 Mei 2024 Jam 15:35:00

    Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Air Minum Tirta Amerta Kabupaten Blora membuka kesempatan bagi...