Seputar Blora

Jalan Sehat Meriahkan Germas UPTD Puskesmas Sonokidul


UPTD Puskesmas Sonokidul Kecamatan Kunduran Kabupaten Blora menggelar acara Gerakan Masyarakat Hidup Bersih dan Sehat (Germas). Kegiatan yang dibalut nuansa peringatan HUT ke-78 RI itu dilaksanaan di halaman Puskesmas Sonokidul dan terbuka untuk umum, dengan mengusung tema Germas Kemerdekaan Republik Indonesia, Jumat (25/8/2023).

Jenis kegiatan yang dilaksanakan yaitu, jalan sehat, pelayanan Vaksin Covid-19, cek kesehatan, cek gula darah, konsultasi gizi, donor darah, skrining jiwa dan skrining BPJS. Peserta juga berhak mendapatkan kupon undian dengan doorprize menarik, seperti kulkas, kambing, sepeda ontel dan kipas angin.

“Hari ini ada acara Germas di Puskesmas Sonokidul, karena memang kita ingin mengguyubkan dari lintas sektoral, ada jalan sehat, ada hadiah undian, pemeriksaan kesehatan, gula darah, konsultasi gizi, donor darah, skrining jiwa dan skrining BPJS yang semuanya gratis. Pesertanya umum tanpa ditarik biaya apapun,” jelas dr. Elsanita Happy Florita, Kepala UPTD Puskesmas Sonokidul.

dr. Elsanita Happy Florita menambahkan melalui acara tersebut ingin mengajak masyarakat untuk menerapkan pola hidup sehat. Dengan demikian kita semua harus cek kesehatan secara rutin, hilangkan asap rokok, rajin berolahraga, istirahat yang cukup, penuhi asupan gizi, dan kelola stres.

Gerakan Masyarakat Hidup Sehat itu mengajak masyarakat untuk berperilaku CERDIK C=Cek kesehatan secara rutin, E=Enyahkan asap rokok, R=Rajin aktivitas fisik, D=Diet seimbang, I=Istirahat cukup, K=Kelola stress.

“Semoga dengan kegiatan ini kesehatan masyarakat di wilayah Puskesmas Sonokidul meningkat, kemudian dari lintas sektoral di Puskesmas Sonokidul juga bisa guyub untuk meningkatkan kesehatan masyarakat di wilayah Puskesmas Sonokidul,” ungkapnya.

Berkaitandengan upaya pencegahan stunting, kata dr. Elsanita Happy Florita, targetnya banyak program, di antaranya ada konsultasi gizi untuk peserta dan anak-anak yang ikut di acara itu.

Ditegaskan bahwa kesehatan itu mahal. Supaya bisa produktif dibutuhkan tubuh yang sehat. Untuk itu, lewat kegiatan tersebut mengajak masyarakat untuk membudayakan hidup sehat dengan rajin berolahraga.

Ratusan peserta jalan sehat dilepas oleh Camat Kunduran Suharto, SE., SH., M.Hum dengan ditandai pengibaran bendera dari start di depan Puskesmas Sonokidul. Rute sejauh lebih kurang lima kilometer keliling wilayah desa setempat diikuti peserta dengan suka cita dan ceria.

Adapaun peserta yang ikut jalan sehat terdiri para pegawai ASN/Nakes UPTD Puskesmas Sonokidul, Forkopimcam Kunduran, Anggota DPRD Blora, perwakilan perangkat desa sekitar, kader PKK dan pelajar SD serta MP serta warga setempat.

“Terimakasih kepada masyarakat Kecamatan Kunduran, khususnya yang ada di wilayah Puskesmas Sonokidul. Dengan pasukan yang banyak ini sehingga masyarakat Kunduran sehat semua,” ucap Camat Kuduran Suharto, yang ikut jalan sehat dengan ceria.

Anggota DPRD Blora Drs. Mutohar M,Si (Komisi D) mengungkapkan, melalui Germas itu diharapkan bisa menyehatkan masyarakat.

“Semoga masyarakat sehat. Jadi ini menyehatkan masyarakat. Ini kaitannya dengan Germas dan memperingati HUT ke-78 RI. Menuju sehat. Masyarakat sehat untuk Indonesia Sehat. Terus Melaju Untuk Indonesia Maju,” tegasnya dengan semangat.

Dalam kegiatan jalan sehat itu Subkord Promosi Kesehatan dan Pemberdayaan (Promokesda) Bidang Kesehatan Masyarakat Dinas Kesehatan Kabupaten Blora, Nanik Sri Mulyaningsih, SKM., M.Si yang hadir mewakili Kepala Dinkes Blora Edi Widayat, S.Pd, M.Kes, MH, menyampaikan apresiasi atas terselenggaranya Germas di wilayah Puskesmas Sonokidul.

“Wilayah Puskesmas Sonokidul luar biasa. Yuk, tingkatkan semangat Gerakan Masyarakat Hidup Bersih dan Sehat. Jangan lupa aktivitas fisik setiap hari,” ungkap Nanik Sri Mulyaningsih yang juga ikut jalan sehat bersama peserta lainya.

Ketua pelaksana kegiatan Ali Imron, menambahkan Germas sangat penting dilakukan untuk mencegah berbagai penyakit yang masuk ke dalam tubuh. “Jalan sehat ini sejauh lima kilometer,” ucapnya.

Sementara itu Subari, Kades Sonokidul sangat mendukung terselenggaranya acara tersebut sehingga memacu masyarakat untuk hidup sehat.

Sedangkan Yulaika, salah seorang siswi SMPN 2 Kunduran mengaku senang bisa ikut jalan sehat bersama di acara Germas. “Senang bisa ikut jalan sehat, semangat untuk sehat dan semoga nanti juga dapat hadiah undian,” kata dia.

Di sisi pelayanan, beberapa warga juga antusias memeriksakan kesehatan sambil berkonsultasi kepada petugas kesehatan Puskesmas setempat dengan ramah.

“Saya tadi cek gula darah, alhamdulillah normal, dilayani dengan aik dan ramah,” kata Rudi, warga setempat. (Dinkominfo Blora).

    Berita Terbaru

    Ikuti Manasik, 643 Calhaj Blora Akan Berangkat ke Tanah Suci 3 Juni 2024
    27 April 2024 Jam 19:31:00

    Para Calon Haji (Calhaj) Blora mulai ikuti manasik haji, Sabtu (27/4/2024). Jumlah Calhaj Blora...

    Pemkab Blora Menggelar Rakor dengan Kementerian Koordinator Perekonomian RI
    27 April 2024 Jam 19:16:00

    Pemkab Blora menggelar Rakor dengan Kementerian Koordinator Perekonomian (RI), Deputi Bidang...

    Berusia 74 Tahun, RSUD dr. Soetijono Blora Punya 6 Inovasi Layanan Kesehatan
    25 April 2024 Jam 17:47:00

    Bertepatan dengan peringatan ulang tahunnya ke-74, Kamis (25/4/2024), RSUD dr. R. Soetijono...