Seputar Blora

Apel Kesiapan Penanganan Karhutla Digelar Polres Blora


Dalam rangka mengantisipasi Kebakaran hutan dan Lahan akibat musim kemarau berkepanjangan, Polres Blora bersinergi dengan TNI, BPBD, Satpol PP dan Pemerintah Daerah menggelar Apel Kesiapan Penanganan Kebakaran Hutan dan Lahan di halaman depan Mapolres Blora, Kamis (24/8/2023).

Kapolres Blora AKBP Agus Puryadi, S.H., S.I.K., M.Si., bersama Komandan Kodim 0721/Blora Letkol Czi Yuli Hartanto, S.E., menjadi Pimpinan Apel menyampaikan bahwa Kebakaran Hutan dan lahan menjadi perhatian Khusus Presiden Republik Indonesia dengan dikeluarkannya Inpres Nomor 3 Tahun 2020 tentang penanggulangan kebakaran Hutan dan Lahan.

"Luas Wilayah Kabupaten Blora adalah 1.956 kmĀ², sedangkan untuk areal hutan sebesar 46,66% dari keseluruhan luas wilayah Kabupaten Blora. Menurut data dari Polda Jawa Tengah periode Juli - Agustus 2023, Polres Blora menduduki peringkat nomor 2 dengan tingkat kebakaran tertinggi setelah Kabupaten Brebes., ungkap Kapolres Blora. 

Kapolres Blora menambahkan bahwa kebakaran tersebut diakibatkan oleh pemilik lahan tebu dan jagung yang membakar sisa sampah tanaman sekaligus dijadikan pupuk oleh tanaman selanjutnya.

"Marilah kita antisipasi kebakaran dengan sosialisasi kepada masyarakat atau para petani supaya pembakaran sisa tanaman dapat kita awasi untuk tidak menyebar dan merambat kemana-mana." Imbuh AKPB Agus Puryadi, S.H., S.I.K., M.Si.

Kegiatan dilanjutkan dengan melakukan pemeriksaan sarana dan prasarana meliputi alat-alat yang digunakan dalam penanggulangan Kebakaran hutan dan Lahan meliputi kendaraan Bermotor dan juga selang air, pompa, gergaji mesin dan alat perlindungan dari api yang digunakan oleh petugas sesuai dengan Standar Operasional Prosedur. (Dinkominfo Blora/Humas Polres Blora)

    Berita Terbaru

    Ikuti Manasik, 643 Calhaj Blora Akan Berangkat ke Tanah Suci 3 Juni 2024
    27 April 2024 Jam 19:31:00

    Para Calon Haji (Calhaj) Blora mulai ikuti manasik haji, Sabtu (27/4/2024). Jumlah Calhaj Blora...

    Pemkab Blora Menggelar Rakor dengan Kementerian Koordinator Perekonomian RI
    27 April 2024 Jam 19:16:00

    Pemkab Blora menggelar Rakor dengan Kementerian Koordinator Perekonomian (RI), Deputi Bidang...

    Berusia 74 Tahun, RSUD dr. Soetijono Blora Punya 6 Inovasi Layanan Kesehatan
    25 April 2024 Jam 17:47:00

    Bertepatan dengan peringatan ulang tahunnya ke-74, Kamis (25/4/2024), RSUD dr. R. Soetijono...