Seni dan Budaya

Jadi Perhatian, Impara Blora Iring Wisudawan UIN Walisongo Semarang dengan Barongan


Ikatan Mahasiswa dan Pelajar Blora (Impara) kembali mengadakan iring-iringan barongan untuk wisudawan Univesitas Islam Negeri (UIN) Walisongo Semarang yang berasal dari Kabupaten Blora, Rabu (23/8/2023).

Ketua Umum Impara, Raihan Fatkhur Rahman Syah, mengatakan, iring-iringan wisudawan tersebut sebagai bentuk rasa syukur atas diwisudanya putra dan putri daerah Blora.

"Kegiatan tersebut juga sebagai upaya untuk melestarikan kebudayaan Blora, yaitu barongan. Sebagai organisasi daerah, kami sadar bahwa kami mempunyai tugas untuk memperkenalkan budaya barongan Blora ke masyarakat luas," ucapnya.

Raihan mengatakan, semua pemain dari barongan, genderuwo, pujangganong, dan jaranan berasal dari mahasiswa Blora yang tergabung dalam Impara UIN Walisongo Semarang. Sehingga, persiapan untuk iring-iringan wisudawan ini membutuhkan waktu kurang lebih dua minggu.

"Ketika iring-iringan itu sangat ramai dan meriah. Bahkan, barongan yang kami bawakan menjadi pusat perhatian. Tak jarang beberapa orang meminta foto bersama dengan beberapa pemain barongan," imbuhnya.

Salah satu wisudawan asal Kecamatan Kunduran, Silvia Anggita Sari, merasa bangga ketika anak Blora membawakan budaya daerah di kampus tercinta.

"Saya bangga, berkat adek-adek Impara, akhirnya seluruh mahasiswa UIN Walisongo Semarang beserta keluarga besarnya tahu budaya barongan Blora," ucap wisudawan gelar S.Pd itu.

Diketahui, pada periode Agustus, wisudawan UIN Walisongo Semarang yang berasal dari tanah Blora berjumlah 16 orang. Sementara, untuk memenuhi segala perlengkapan dan kelengkapan barongan, Impara dibantu oleh Komunitas perantau Blora atau biasa disebut Kopra. (Tim Dinkominfo Blora)

    Berita Terbaru

    Ikuti Manasik, 643 Calhaj Blora Akan Berangkat ke Tanah Suci 3 Juni 2024
    27 April 2024 Jam 19:31:00

    Para Calon Haji (Calhaj) Blora mulai ikuti manasik haji, Sabtu (27/4/2024). Jumlah Calhaj Blora...

    Pemkab Blora Menggelar Rakor dengan Kementerian Koordinator Perekonomian RI
    27 April 2024 Jam 19:16:00

    Pemkab Blora menggelar Rakor dengan Kementerian Koordinator Perekonomian (RI), Deputi Bidang...

    Berusia 74 Tahun, RSUD dr. Soetijono Blora Punya 6 Inovasi Layanan Kesehatan
    25 April 2024 Jam 17:47:00

    Bertepatan dengan peringatan ulang tahunnya ke-74, Kamis (25/4/2024), RSUD dr. R. Soetijono...