Seputar Blora

Sebanyak 188 Desa di Blora Alami Kekeringan, Permintaan Bantuan Air Bersih Bertambah


Kepala Pelaksana Harian (Kalakhar) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Blora Sri Widjanarsih, SE., M.Si mengungkapkan dari 16 wilayah kecamatan di Kabupaten Blora, sebanyak 125 Desa yang telah diusulkan dan dipetakan dari 14 Kecamatan mengalami kekeringan musim kemarau 2023.

Namun seiring dengan cuaca terik di musim kemarau, pada awal yang diusulkan dari kecamatan sebanyak 125 desa ternyata terus bertambah, kini menjadi 188 desa dan berharap mendapatkan bantuan air bersih. Jumlah itu diperkirakan bisa bertambah lagi hingga datangngya musim penghujan.

“Awal yang diusulkan dari Kecamatan ada 125 desa, terus bertambah menjadi 188 desa,” kata Kalakhar BPBD Blora Sri Widjanarsih, Rabu (23/8/2023).

Dijelaskannya, ada dua Kecamatan yang dinyatakan belum mengalami kekeringan. Yakni Kecamatan Kradenan dan Kecamatan Todanan.

"Peta BMKG Blora termasuk daerah kekeringan. Dari 16 Kecamatan yang terdampak kekeringan ada 14 kecamatan. Yang dua Kecamatan belum, Yakni Kecamatan Kradenan dan Todanan," jelasnya.

Untuk wilayah paling parah terdampak kekeringan itu berada di beberapa Desa dan Dukuhan di Kecamatan Jati dan Randublatung.

Menurtnya, BPBD telah melakukan droping air bersih ke sejumlah desa yang mengalami kekeringan tersebut. Bahkan pengiriman air dilakukan setiap hari.

"BPBD sudah mengirimkan air bersih ke sejumlah desa-desa yang mengalami kekeringan. Hampir setiap hari, dalam satu hari ada satu sampai dua kecamatan berdekatan, yang kami lakukan droping. Untuk satu desa tiga tangki," ujarnya.

BPBD Blora mencatat musim kemarau di Blora, sudah terjadi sejak awal bulan Juli lalu. Dan diprediksi akan mencapai puncaknya pada bulan September 2023.

"Awal juli kita sudah masuk musim kering, puncak kemarau itu ada di bulan agustus dan september. Nanti menurut BMKG bulan Oktober dan Nopember akan terjadi El Nino, jadi juga harus kita waspadai dampaknya," terangnya.

Pihaknya juga berharap bantuan air bersih dari berbagai instansi, lembaga, ormas dan lainnya tetap terus dilaksanakan untuk membantu warga yang mengalami kekerigan. (Tim Dinkominfo Blora).

    Berita Terbaru

    Ikuti Manasik, 643 Calhaj Blora Akan Berangkat ke Tanah Suci 3 Juni 2024
    27 April 2024 Jam 19:31:00

    Para Calon Haji (Calhaj) Blora mulai ikuti manasik haji, Sabtu (27/4/2024). Jumlah Calhaj Blora...

    Pemkab Blora Menggelar Rakor dengan Kementerian Koordinator Perekonomian RI
    27 April 2024 Jam 19:16:00

    Pemkab Blora menggelar Rakor dengan Kementerian Koordinator Perekonomian (RI), Deputi Bidang...

    Berusia 74 Tahun, RSUD dr. Soetijono Blora Punya 6 Inovasi Layanan Kesehatan
    25 April 2024 Jam 17:47:00

    Bertepatan dengan peringatan ulang tahunnya ke-74, Kamis (25/4/2024), RSUD dr. R. Soetijono...