Seputar Blora

Sebanyak 20 Kades Dilantik Bupati Blora Bertepatan Peringatan HUT ke-78 RI


Momentum peringatan HUT ke-78 RI di Kabupaten Blora menjadi sejarah penting khususnya bagi 20 Kepala Desa hasil Pilkades serentak 2023 yang digelar Sabtu (8/7/2023) lalu, secara resmi  mereka dilantik Bupati Blora H. Arief Rohman, Kamis (17/8/2023) di pendopo Kabupaten Blora. 

Dari 20 Kades terpilih tersebut, satu diantaranya merupakan Kades Pergantian Antar Waktu (PAW) dari Desa Keser Kecamatan Tunjungan, Kabupaten Blora.

Dalam sambutannya, Bupati Arief Rohman menegaskan bahwa peran Pemerintah Desa (Pemdes) memiliki posisi penting dan strategis dalam pembangunan masyarakat. Dia mengajak para Kades untuk lebih komunikatif dan proaktif dalam menjalankan tugas mereka.

"Pemdes memiliki tanggung jawab untuk memberikan pelayanan yang cepat, efektif, dan efisien kepada masyarakat. Keberhasilan otonomi desa sangat bergantung pada kinerja Pemdes," jelas Bupati Arief.

Bupati Arief juga menekankan pentingnya pemanfaatan Sumber Daya Manusia (SDM) dan Sumber Daya Alam (SDA) dalam upaya mendukung pembangunan. Bupati mendorong para Kepala Desa untuk berperan aktif dalam mengisi pembangunan dan berkontribusi positif bagi kemajuan Kabupaten Blora.

"Saya mengharapkan adanya adaptasi dan kolaborasi yang kuat di antara masyarakat. Inovasi harus menjadi kunci dalam mencapai perubahan yang signifikan," kata Bupati Arief Rohman.

Disampaikannya sejumlah Kades lainnya akan segera menyusul dalam pelantikan berikutnya, yang dijadwalkan pada 11 Oktober 2023. Momen tersebut diyakini akan menjadi langkah penting dalam memperkuat struktur pemerintahan desa dan memajukan Blora ke arah yang lebih baik.

Sebelumnya, sebanyak 27 Desa yang tersebar di 13 Kecamatan di Kabupaten Blora tersebut melaksanakan Pilkades serentak pada Sabtu 8 Juli 2023 lalu. 19 Kades terpilih yang masa jabatanyya pada 17 Agustus 2023 dilantik hari ini bersama 1 Kades PAW, sedangkan 8 Kades terpilih yang masa jabatannya pada 11 Oktober akan dilantik nanti.

Adapun data 19 Kepala Desa terpilih yang dilantik dan 1 Kepala Desa PAW Kamis (17/8/2023) yaitu  Desa Jatiklampok, Kecamatan Banjarejo (Baru), Desa Buluroto, Kecamatan Banjarejo (Petahana), Desa Balongsari, Kecamatan Banjarejo (Baru), Desa Wonosemi, Kecamatan Banjarejo (Petahana), Desa Srigading, Kecamatan Ngawen (Baru), Desa Japah, Kecamatan Japah (Petahana), Desa Sendang, Kecamatan Todanan (Baru), Desa Kacangan, Kecamatan Todanan (Petahana), Desa Kembang, Kecamatan Todanan (Petahana), Desa Brumbung, Kecamatan Jepon (Baru). 

Berikutnya, Desa Gersi, Kecamatan Jepon (Petahana), Desa Prantaan, Kecamatan Bogorejo (Petahana), Desa Singonegoro, Kecamatan Jiken (Petahana), Desa Genjahan, Kecamatan Jiken (Baru). Desa Bekutuk, Kecamatan Randublatung (Baru), Desa Nglebak, Kecamatan Kradenan (Baru), Desa Nginggil, Kecamatan Kradenan (Baru), Desa Kepoh, Kecamatan Jati (Baru), Desa Sitirejo, Kecamatan Tunjungan (Baru). Sedangkan Desa Keser, Kecamatan Tunjungan (PAW). 

Selanjutnya untuk 8 Kepala Desa yang akan dilantik pada 11 Oktober 2023 mendatang yaitu Desa Tambahrejo, Kecamatan Tunjungan (Petahana), Desa Gembyungan, Kecamatan Randublatung (Baru), Desa Jipang, Kecamatan Cepu (Baru), Desa Krocok, Kecamatan Japah (Petahana), Desa Gaplokan, Kecamatan Japah (Baru), Desa Brabowan, Kecamatan Sambong (Petahana), Desa Sumberejo, Kecamatan Ngawen (Baru) dan Desa Bradag, Kecamatan Ngawen (Baru).  (Tim Dinkominfo Blora). 

    Berita Terbaru

    Aplikasi Sapawarga yang Diterapkan Pemprov Jawa Barat Ingin Ditiru Pemkab Blora
    09 Mei 2024 Jam 14:48:00

    Pemkab Blora ingin Tiru Aplikasi Sapawarga yang diterapkan Pemprov Jawa Barat. Dimana dalam...

    Targetkan Pengelolaan Medsos OPD Berkualitas, Blora Belajar ke Sumedang dan Pemprov Jabar
    09 Mei 2024 Jam 14:41:00

    Puluhan admin media sosial Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemkab Blora belajar...

    Penyampaian Rekomendasi DPRD Terhadap LKPJ Bupati Blora Akhir Tahun Anggaran 2023
    08 Mei 2024 Jam 20:55:00

    Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Blora menggelar rapat paripurna dalam acara...