Berita Terkini

DPUPR Terjunkan Relawan OP Irigasi, Sampah Sungai Grojogan di Kawasan Taman Tirtonadi Dibersihkan


Relawan dari petugas Operasi dan Pemeliharaan (OP) jaringan irigasi kembali diterjunkan Bidang Sumber Daya Air Dinas Pekerjaaan Umum dan Penataan Ruang (SDA-DPUPR) untuk membersihkan sampah di turut sungai (kali) Grojogan, tepatnya di eks jembatan rel kereta api atau di kawasan taman Tirtonadi Blora, Selasa (15/8/2023).

Kegiatan edukasi kepada masayarakat itu dipimpin langsung oleh Kepala Bidang SDA DPUPR, Ir. Surat, ST. MT., mewakili Kepala DPUPR Blora, Ir. Sam Gautama Karnajaya,MT.

Seperti yang dilakukan sebelumnya, para relawan itu turun ke sungai mengumpulkan sampah yang bertebaran dengan cekatan. Aksinya itu mensyaratkan sinyal kepada masyarakat agar tidak terus berulang membuang sampah di sungai Grojogan.

“Memang kami menindaklanjuti apa yang viral di medsos beberapa belakangan kemarin di Info Blora,  menggambarkan kondisi banyak sampah yang ada di saluran Grojogan ini terutama di area taman Tirtonadi,” kata Surat Kabid SDA DPUPR Blora.

Pihaknya mengaku respon dan mengucapkan terimakasih atas masukannya dari masyarakat yang berkenan memberikan masukan sehingga di area Tirtonadi ini bisa bersih.

“Dan pagi ini kami menerjunkan tim relawan OP Bidang SDA untuk ikut bersama, untuk giat bersih bersama pula,” jelasnya.

Surat berharap melalui kegiatan itu bisa menjadi contoh dan teladan kepada masyarakat, jangan sampai sungai dikotori seperti itu.

“Tidak perlu kasihan kepada kami, tapi kasihanilah kepada tanah dan air yang ada di sungai ini. Karena ini juga momen yang sebentar lagi kita memperingati HUT ke-78 RI. Dalam lagu kebangsaan juga ada lirik yang menyebutkan Indonesia Tanah Airku,” kata Surat dengan tegas.

Jadi, tambah Surat, di sungai ini ada tanah kita, di sungai ini ada air kita, sehingga kembali menggugah kesadaran masyarakat di sepanjang bantaran Grojogan yang meliputi Kelurahan Mlangsen, Kelurahan Kedungjenar, Kelurahan Tempelan, Kelurahan Tegalgunung, Kelurahan Karangjati sampai dengan Desa Temurejo.

“Mari kita jaga tanah kita, air kita yang melintas di sungai ini. Karena sesungguhnya sungai adalah sumber kehidupan untuk manusia. Karena ini lokasinya berada di Kelurahan Mlangsen dan Kedungjenar, kami senantiasa sinergikan dengan masyarakat setempat melalui Lurang masing-masing,” terangnya.

Pihaknya juga mengimbau, agar masyarakat sekitar tidak hanya melihat saja, tetapi bareng-bareng turun ke sungai untuk membersihkan sampah bersama para petugas OP.

Surat manadaskan, pihaknya secara berkala telah melakukan kegiatan yang sama. Posisi terakhir kegiatan yang diakukan adalah di Kelurahan Tempelan dalam rangka Hari Sungai Nasional 2023 tanggal 27 Juli lalu.

“Ini sebenarnya edukasi, kami ingin mengajak, ayolah, karena sumbernya adalah kesadaran masyarakat yang kurang di dalam mengelola sampah. Sungai itu bukan tempat sampah,” terangnya.

Harapannya, kata Surat, masyarakat semakin sadar, semakin beritikad baik untuk bersama-sama. Sesarengan mengelola sampah dengan baik mulai dari rumah. Dikatakannya, pihaknya senantiasa mengkoordinasikan dengan OPD teknis terkait edukasi dan penyadaran publik kepada masyarakat.

Sementara itu sampah yang dibersihkan dikumpulkan ke dalam wadah karung, kemudian diangkut untuk dibawa ke TPA sampah.

Pada kegiatan itu Kepala Bidang Priwisata Dinporabudpar Blora Budi Riyanto,S.Pd., MA bersama sub koordinator dan staf ikut langsung dalam kebersihan mengumpulkan sampah serta menyapu halaman di kawasan Taman Tirtonadi. (Tim Dinkominfo Blora)

    Berita Terbaru

    Berbusana Adat Jawa Tengah, Bupati Blora Pimpin Upacara Peringatan Hardiknas 2024
    02 Mei 2024 Jam 20:06:00

    Bupati Blora Arief Rohman memimpin upacara peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) 2024...

    Kesempatan Bagi ASN Isi Jabatan Dewan Pengawas Perumda Air Minum Tirta Amerta Blora
    02 Mei 2024 Jam 15:35:00

    Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Air Minum Tirta Amerta Kabupaten Blora membuka kesempatan bagi...

    Kodim 0721/Blora Sosialisasi Rencana Program TMMD Sengkuyung Tahap II di Desa Geneng
    02 Mei 2024 Jam 14:13:00

    Kodim 0721/Blora akan menyelenggarakan program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Sengkuyung...