Seputar Blora

Jelang Haul Syekh Abdul Qohar, Penanganan Longsoran Pinggir Jalan Desa Ngampel Diprioritaskan


Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kabupaten Blora, Jawa Tengah melalui Bidang Sumber Daya Air (SDA) gerak cepat melaksanakan penanganan longsoran anak Sungai Lusi di Desa Ngampel, Kecamatan Blora menjelang Haul Syekh Abdul Qohar.

Kepala DPUPR Kabupaten Blora, Ir. Sam Gautama Karnajaya, MT., melalui Kepala Bidang SDA Ir. Surat, ST., MT menjelaskan pemasangan konstruksi bronjong kawat dengan batu sudah dilakukan sejak Sabtu (22/7/2023).

“Pemasangan konstruksi bronjong, sementara saat ini diprioritaskan untuk menangani titik longsoran yang berada di pinggir jalan akses utama masyarakat,” kata Surat, Senin (24/7/2023).

Harapannya, penanganan di titik ini dapat diselesaikan maksimal tiga hari ke depan sampai hari Rabu (26/7/2023), sehingga dapat ikut memperlancar akses masyarakat yang akan melaksanakan acara Haul Syekh Abdul Qohar.

“Selama acara haul berlangsung kami upayakan penanganan di titik itu sudah selesai sehingga bisa melanjutkan penanganan di titik lainnya yang berada di kawasan tersebut dan tidak mengganggu selama prosesi acara haul berlangsung,” kata Surat, Kabid SDA Blora.

Harapannya, karena material juga sudah siap, maka sebelum acara Haul Syekh Abdul Qohar, penanganan longsoran di titik tersebut dikebut sehingga bisa membuat pengunjung aman dan nyaman ketika melakukan ritual di makam Syekh Abdul Qohar.

Surat menambahkan area kawasan makam Syekh Abdul Qohar yang terdampak longsor akibat gerusan anak Sungai Lusi Desa Ngampel Kecamatan Blora kurang lebih sepanjang 130 meter dengan ketinggian tebing sungai yang longsor sekitar 7 meter.

“Bahkan gerusan sungai ini sudah menggerus area makam yang ada disitu sehingga rata -ata jarak area makam dan tebing sungai rata-rata hanya tinggal 1 meter,” jelasnya.

Sumber dana penanganan longsoran anak Sungai Lusi di Desa Ngampel berasal dari APBD Kabupaten Blora 2023 senila Rp1.815.984.700,00. Penyedia Jasa Konstruksi CV. Banowati Enco, sedangkan Konsultan Pengawas CV. Mbolo Konsultan. Sebagaimana informasi yang dipasang di lokasi, tanggal mulai 18 Juli 2023 dan tanggal selesai 9 Desember 2023.

Sementara itu Bukhori, salah satu warga Desa Ngampel mengaku senang dan bersyukur atas penanganan longsoran yang dilakukan oleh Pemkab Blora.

“Bagus, supaya aman, dan pelaksanaan Haul Mbah Qohar berjalan lancar seperti tahun lalu,” ucapnya.

Untuk diketahui, Haul Syekh Abdul Qohar akan dilaksanakan Kamis (27/7/2023) hingga Selasa (1/8/2023) dengan serangkain acara yang telah disusun dan disepakati oleh panitia pelaksana. (Dinkominfo Blora)


    Berita Terbaru

    Ikuti Manasik, 643 Calhaj Blora Akan Berangkat ke Tanah Suci 3 Juni 2024
    27 April 2024 Jam 19:31:00

    Para Calon Haji (Calhaj) Blora mulai ikuti manasik haji, Sabtu (27/4/2024). Jumlah Calhaj Blora...

    Pemkab Blora Menggelar Rakor dengan Kementerian Koordinator Perekonomian RI
    27 April 2024 Jam 19:16:00

    Pemkab Blora menggelar Rakor dengan Kementerian Koordinator Perekonomian (RI), Deputi Bidang...

    Berusia 74 Tahun, RSUD dr. Soetijono Blora Punya 6 Inovasi Layanan Kesehatan
    25 April 2024 Jam 17:47:00

    Bertepatan dengan peringatan ulang tahunnya ke-74, Kamis (25/4/2024), RSUD dr. R. Soetijono...