Berita Terkini

Taman Kota I Love Blora Diresmikan Mas Arief


Lokasi eks bangunan gedung Sasana Bakti di utara Alun-alun Blora yang sempat terbengkalai beberapa tahun kini menjadi taman kota dan ruang terbuka bagi masyarakat yang diberi nama Taman I Love Blora.

Tanan kota I love Blora yang elok dan menawan dengan aneka bunga (Bougenville), wahana foto dan bermain anak itu diresmikan Bupati Blora, Jawa Tengah, H. Arief Rohman,S.IP., M.Si., Minggu (25/6/2023).

Peresmian dilaksanakan dalam rangkaian acara Hari Bebas Kendaraan (Car Free Day) yang digelar Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) bekerja sama dengan Omah Satwa Blora.

Ikut mendampingi peresmian taman kota Blora, istri Bupati, Hj. Ainia Shalichah SH, M.Pd.AUD, M.Pd.BI dan Sekda Blora Komang Gede Irawadi, SE., M.Si., serta Kepala Perangkat Daerah terkait.

Peresmian ditandai dengan membuka kain penutup pada tulisan Taman I Love Blora dan pelepasan burung merpati.

“Alhamdulillah, setelah beberapa tahun terbengkalai, akhirnya di lokasi ini (eks Sasana Bakti) bisa dibangun taman kota yang hari ini akan diresmikan dengan nama I Love Blora,” kata Bupati Blora dalam sambutannya.

Menurut Bupati, disini adalah pusat kota yang identik dengan aktivitas tinggi dan kepadatan penduduk sehingga lahan hijau terus berkurang untuk bangunan hunian maupun bangunan lainya, sehingga keberadaan taman kota sebagai bagian dari RTH sangat penting bagi masyarakat yang memiliki fungsi Ekologis, Estetika, Sosial Budaya dan Fungsi Ekonomi.

“Taman ini dapat dimanfaatkan untuk berkegiatan seperti sebagai media komunikasi antar warga satu dengan lainya untuk mewujudkan ekspresi budaya lokal, dapat menjadi satu area berkumpul secara komunal yang baik,” jelasnya.

Dari sisi fungsi ekonomi, di sekita sini warga juga dapat berjualan makanan produk warga yang dikemas untuk melayani masyarakat yang berkunjung.

“Saya juga sangat berharap, taman ini juga bisa menjadi Taman Bermain Ramah Anak sehingga anak-anak tidak lagi bermain di jalanan dan mengenalkan kepada meraka untuk menjaga lingkungan agar tetap bersih dan asri, sekaligus belajar aneka ekosistem yang hidup disini, misalnya bougenville, yang mempunyai ciri khas mandiri dan fleksibel,” tambahnya.

Dikatakannya, taman kota ini memiliki manfaat yang langsung terasa (tangible) maupun manfaat tidak langsung (intangible) atau berjangka panjang sejalan dengan isu isu ekologi dan lingkungan. Keberadaan taman kota dapat menjadi solusi untuk memperbaiki struktur kota dan lingkungan baik secara spasial maupun visual.

Mengingat hal tersebut, kata Bupati Blora, maka dibutuhkan komitmen seluruh stakeholder dan masyarakat guna mewujudkan taman kota yang baik dan berkelanjutan.

“Atas nama pribadi dan Pemerintah Kabupaten Blora, saya menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang terlibat. Bismillahirahmanirrahim, Taman Kota I Love Blora saya resmikan, Semoga taman kota ini memberikan manfaat serta barokah untuk kita hingga anak cucu nanti. Terimakasih,” kata Bupati Blora yang akrab disapa Mas Arief.

Setelah peresmian taman kota, Bupati meninjau dan menyapa anak-anak yang sejak pagi sudah bermain bersama Omah Satwa Blora. Bahkan Bupati Blora bersama istri sempat swafoto sambil memegang iguana biru dan ular piton kuning.

Sementara itu, Kepala DPMPTSP Blora Bondan Arsiyanti dalam sambutannya mengatakan acara CFD dilaksanakan secara bergiliran dari masing-masing OPD, sedangkan untuk DPMPTSP Blora kerja bareng dengan Omah Satwa Blora mengadakan senam bersama dan edukasi satwa eksotis kepada anak dan orang dewasa. Acara dimeriahkan musik, Blora Art dan Accoustic Club (BAAC).

Pada acara itu juga melibatkan Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Blora berkaitan dengan perawatan aneka tanaman di taman kota Blora.

Acara juga dirangkaikan dengan pelepasan ratusan atlet Blora (tahap II) yang akan bertanding pada POPDA Jateng 2023 oleh Bupati Blora Arief Rohman, S.IP., M.Si didampingi Sekda Blora Komang Gede Irawadi, SE., M.Si, Plt. Kepala Dinporabudpar Iwan Setiyarso,S.Sos, M.Si  dan Kabid Pemuda dan Olahraga Dinporabudpar Rustam, SE, MM, serta perwakilan KONI Blora.

Sebagai informasi sesuai jadwal dan venue  cabang olahraga Tahap I, tanggal 20 sampai dengan 23 Juni 2023. Ada 13 cabor yang dipertandingkan.

Sedangkan Tahap II, tanggal 25 sampai dengan 28 Juni 2023. Tahap II ini ada 12 cabor yang dipertandingkan. 

Pertandingan untuk tahap I terdiri cabor anggar, atletik, bola basket, wushu, bulu tangkis, gulat, karate, panahan, pencak silat, tenis lapangan, sepak takraw, tenis meja dan sepak bola. Atlet Blora mengikuti  9 cabor dan meraih 10 besar.

Pada tahap II, cabor yang dipertandingkan angkat besi, balap sepeda, bola voli indoor,  bola voli pasir, judo, kempo, pajang tebing, renang, senam, taekwondo, dayung dan tinju.

Hanya  saja untuk balap sepeda, kempo dan volly indoor tidak ikut karena tidak ada atletnya.

Bupati Blora berharap di tahap II ini, atlet Blora meraih 5 besar. (Dinkominfo Blora).

    Berita Terbaru

    KPU Blora Resmi Tetapkan Perolehan Kursi Parpol dan Caleg Terpilih Pemilu 2024
    03 Mei 2024 Jam 06:21:00

    Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Blora resmi menetapkan perolehan kursi partai-partai...

    Berbusana Adat Jawa Tengah, Bupati Blora Pimpin Upacara Peringatan Hardiknas 2024
    02 Mei 2024 Jam 20:06:00

    Bupati Blora Arief Rohman memimpin upacara peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) 2024...

    Kesempatan Bagi ASN Isi Jabatan Dewan Pengawas Perumda Air Minum Tirta Amerta Blora
    02 Mei 2024 Jam 15:35:00

    Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Air Minum Tirta Amerta Kabupaten Blora membuka kesempatan bagi...