Berita Terkini

PPEP Membuat Makanan Olahan Berbahan Jagung di Desa Kepoh Kec. Jati


Dinsos P3A Kabupaten Blora bekerja sama dengan  Dinas P3AP2KB Provinsi Jawa Tengah, gelar Pelatihan Peningkatan Produktifitas Ekonomi Perempuan (PPEP) membuat makanan olahan berbahan baku jagung. di Desa Kepoh, Kecamatan Jati.

Pelatihan yang dilaksanakan selama dua hari itu (25-26 Mei 2023) itu, merupakan kegiatan lanjutan dari pelatihan Tahap I beberapa waktu lalu. Dimana hasil pelatihan I itu, saat dilakukan pemetaan kebutuhan dan potensi lokal, diperoleh hasil bahwa di wilayah Desa Kepoh terdapat potensi bahan baku jagung.

Sebanyak 20 orang perempuan yang terdaftar di DTKS ikut di kegiatan dengan fasilitator pelatihan dari Yayasan Satu Karsa Karya Surakarta. Mereka, para peserta diajarkan pembuatan tepung jagung, mie jagung serta keripik jagung (tortilla).

Dijelaskan, Kepala Dinsos P3A Blora, Dra. Indah Purwaningsih, M.Si, dengan adanya pelatihan tersebut diharapkan bahan lokal yang selama ini hanya diolah menjadi nasi jagung bisa dikembangkan inovasi menjadi bahan pangan yang mempunyai daya laku di pasaran.

‘’Dengan kegiatan ini diharapkan dapat menambah keterampilan perempuan di Desa Kepoh sehingga dapat meningkatkan penghasilan keluarga. Dampaknya dapat mengentaskan kemiskinan di desa setempat, yang merupakan salah satu desa dengan status Kemiskinan Ekstrim,’’ jelas Dra. Indah Purwaningsih.

Disampaikan, peserta akan dibagi menjadi 3 kelompok, dimana nantinya akan mendapat bantuan sejumlah peralatan untuk pembuatan olahan berbahan dasar jagung. Seperti blender, oven listrik, kompor, panci dan sejumlah alat lain. (DINKOMINFO Blora).

    Berita Terbaru

    Blora Sharing Knowledge Pengelolaan Sosmed dan Kehumasan ke Sumedang
    08 Mei 2024 Jam 04:54:00

    Pemerintah Kabupaten Blora melalui Dinas Kominfo melakukan sharing knowledge dengan Dinas...

    FKDT Blora Siap Sukseskan Program Sekolah Sisan Ngaji
    06 Mei 2024 Jam 21:35:00

    Forum Komunikasi Diniyah Takmiliyah (FKDT) Kabupaten Blora nyatakan siap ikut serta...

    Ditarget Akhir Mei 2024 Selesai, Longsoran Desa Gadon Dipasang Plat Besi
    06 Mei 2024 Jam 21:31:00

    Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kabupaten Blora, Ir. Samgautama...