Seputar Blora

Dinas Pendidikan Gelar Gebyar Hardiknas Kabupaten Blora 2023


Dinas Pendidikan Kabupaten Blora menggelar Gebyar Hardiknas Kabupaten Blora Tahun 2023. Acara itu diselenggarakan untuk memperingati Hari Pendidikan Nasional yang jatuh pada tanggal 2 Mei setiap tahunnya.

Bekerja sama dengan Literatour Indonesia selaku event organizer (EO), acara dilaksanakan pada tanggal 19, 20, dan 22 Mei 2023 untuk kegiatan rangkaian lomba dan 23-25 Mei 2023 untuk pameran gelar karya sekaligus closing ceremony.

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Blora Aunur Rofiq, SE., M.Si menjelaskan, dalam rangka memperingati Hari Pendidikan Nasional tahun ini, acara yang digelar mengusung tema "Bergerak Bersama Semarakkan Merdeka Belajar".

“Tema ini memiliki makna yang mendalam dan bertujuan untuk memotivasi generasi muda di Kabupaten Blora agar dapat menjadi generasi emas yang tangguh dan berkarakter. Tema ini menjadi landasan dari seluruh rangkaian kegiatan yang akan dilakukan selama acara berlangsung,” jelasnya di Blora, Selasa (23/5/2023).

Untuk kegiatan rangkaian lomba diselenggarakan pada tanggal 19, 20, dan 22 Mei 2023 di gedung Dinas Pendidikan Kabupaten Blora. Rangkaian lomba terdiri dari Lomba Cerdas Cermat, Lomba Membaca Puisi, Lomba Mendongeng, Lomba Band, dan Lomba Karawitan.

“Lomba-lomba ini memiliki tujuan untuk mengembangkan potensi dan kreativitas peserta sehingga mereka bisa menjadi generasi emas yang memiliki kemampuan, kompetensi, dan prestasi yang baik,” terangnya.

Sementara itu, pada tanggal 23-25 Mei 2023, diadakan pameran yang berisi hasil gelar karya dari para peserta tingkat sekolah. Pameran ini juga akan menampilkan berbagai diorama dan proses dari peserta didik dari Kabupaten Blora.

Selain itu, pada tanggal 25 Mei 2023, akan dilakukan closing ceremony yang akan dihadiri oleh pejabat daerah serta tokoh-tokoh pendidikan Blora. Acara ini akan menjadi momen pentinguntuk memberikan penghargaan kepada para peserta dan juga menjadi ajang untuk memotivasi dan menginspirasi generasi muda Blora untuk terus berkembang dan menjadi generasi emas Indonesia.

Dikatakannya, Gebyar Hardiknas Kabupaten Blora Tahun 2023 merupakan kesempatan yang sangat baik untuk mengembangkan potensi dan kreativitas generasi muda Blora dalam bidang pendidikan.

“Kami berharap melalui acara ini, para peserta dan pengunjung dapat merasakan gebrakkan serta manfaat positif yang besar bagi perkembangan pendidikan di Kabupaten Blora,” tambahnya.

Adapun tujuannya adalah meningkatkan semangat dan semarak peserta didik dalam memperingati Hari Pendidikan Nasional sebagai upaya menjaga suar dan nyala pendidikan di Indonesia. Menguatkan semangat berkompetisi untuk peserta didik dengan berbagai rangkaian lomba yang diharapkan mampu menciptakan daya saing yang unggul.

Kemudian, meningkatkan kreativitas dan inovasi peserta didik untuk berani berkarya dalam rangka mengasah bakat serta talenta yang dimilikinya. Menciptakan generasi emas Indonesia yang berkarakter serta berwawasan luas seperti halnya Ki Hajar Dewantara selaku Tokoh Pendidikan Indonesia.

Dengan tema dan tagline “Bergerak Bersama Semarakkan Merdeka Belajar” diharapkan menjadi doa dan harapan ke depan bagi seluruh pelajar di Kabupaten Blora untuk satu visi bersama mewujudkan Semarak Merdeka Belajar yang digaungkan oleh Pemerintah demi kemajuan pendidikan di Indonesia.

Untuk kuota peserta stand pameran Gebyar Hardiknas Kabupaten Blora Tahun 2023 dipilih oleh Dinas Pendidikan Kabupaten Blora, terdiri dari perwakilan 16 Korwil SD, Perwakilan SMP Negeri, dan Perwakilan Instansi Lainnya.

Sementara itu Sekretaris Dinas Pendidikan Blora Widodo, S.Pd. M.Pd tampak intens memantau acara dan mengunjungi stand pameran.

“Untuk acara seperti ini, memang kita harus berani. Beberapa tahun lalu juga pernah dilaksanakan. Kita fasilitasi semuanya,” kata Widodo. (Tim Dinkominfo Blora). 


    Berita Terbaru

    Ikuti Manasik, 643 Calhaj Blora Akan Berangkat ke Tanah Suci 3 Juni 2024
    27 April 2024 Jam 19:31:00

    Para Calon Haji (Calhaj) Blora mulai ikuti manasik haji, Sabtu (27/4/2024). Jumlah Calhaj Blora...

    Pemkab Blora Menggelar Rakor dengan Kementerian Koordinator Perekonomian RI
    27 April 2024 Jam 19:16:00

    Pemkab Blora menggelar Rakor dengan Kementerian Koordinator Perekonomian (RI), Deputi Bidang...

    Berusia 74 Tahun, RSUD dr. Soetijono Blora Punya 6 Inovasi Layanan Kesehatan
    25 April 2024 Jam 17:47:00

    Bertepatan dengan peringatan ulang tahunnya ke-74, Kamis (25/4/2024), RSUD dr. R. Soetijono...