Berita Terkini

Penyuluhan Pertanian Punya Peran Strategis Untuk Meningkatkan Kesejahteraan Petani


Mengingat Kabupaten Blora mayoritas masyarakatnya bermata pencaharian sebagai petani, maka keberadaan penyuluh pertanian memiliki peran strategis dalam pembangunan sektor pertanian yang ada di Blora. Dimana muaranya adalah untuk meningkatkan kesejahteraan para petani.

Hal tersebut dipaparkan Bupati Blora H. Arief Rohman, S.IP, M.Si saat menghadiri acara silaturahmi halal bihalal DPD Perhimpunan Penyuluh Pertanian Indonesia (Perhiptani) Kabupaten Blora, Sabtu (13/5/2023) di Sebara Resto, Jepon.

''Saya menyampaikan apresiasi terima kasih kepada penyuluh yang sudah membantu pemerintah, khususnya di sektor pertanian ini. Mayoritas penduduk Blora ini bermata pencaharian di bidang pertanian juga peternakan, tentu ini saling berkaitan dan peran penyuluh sangat dibutuhkan" Jelas Bupati Arief.

Hadir dalam acara tersebut Wakil Ketua DPRD Blora, Kepala Dinas DP4 Blora, Ketua DPW Perhiptani Jawa Tengah, Ketua DPD Perhiptani Blora, serta para penyuluh pertanian se Kab.Blora.

Karena ini menjadi sektor yang penting, lanjut Bupati, maka pemerintah ingin pembangunan sektor pertanian maupun peternakan kedepannya agar terus menjadi prioritas di Blora.

Bupati juga berharap agar para penyuluh pertanian bisa mendukung program-program yang dicanangkan dan menjadi fokus pemerintah khususnya Dinas P4 Blora dalam hal pertanian, agar bisa terlaksana dengan baik di lapangan.

"Tujuannya agar pertanian di Blora ini maju sehingga bisa meningkatkan pendapatan petani dan kesejahteraan masyarakat Blora," tambahnya.

Selain itu, Bupati Arief menyampaikan, saat ini minat dari kalangan muda untuk terjun di dunia pertanian ini cenderung meningkat.

"Minat anak-anak muda di Blora sebetulnya sudah banyak yang ingin bertani jadi petani milenial, hortikultura dan sebagainya, ternyata minatnya cukup banyak loh, tinggal nanti kita hadir untuk mendampingi. Oleh karena itu, kita punya penyuluh harus sering berdiskusi berkomunikasi dengan mereka juga," paparnya

Maka pihaknya juga berharap agar Blora ini kedepan pertaniannya bisa maju, selain di sektor energi, Ia ingin agar Blora ini bisa menjadi lumbung pangan.

Sementars itu, Ketua DPD Perhiptani Blora, Mutdiyanto,S.ST, menuturkan, para penyuluh pertanian berkomitmen untuk menindaklanjuti program dari pemerintah berkaitan dengan pertanian.

"Kami berkomitmen bahwa kami ingin selalu menerjemahkan kebijakan dan strategi yang ada dari pemkab maupun Dinas P4, dalam artian kita menerjemahkan kebijakan itu menjadi penyelenggaraan di bidang pertanian, perubahan mindset, peningkatan keterampilan, perubahan perilaku petani melalui metode dan teknik penyuluhan dengan kreativitas para penyuluh di lapangan," ungkapnya

Mutdiyanto menambahkan, bahwa keberadaan Perhiptani ini menjadi wadah bagi para penyuluh pertanian, yang bertujuan sebagai ajang peningkatan profesionalisme penyuluh dan yang kedua kesejahteraan masyarakat.

"Dalam bidang peningkatan profesionalitas, kami juga sudah melakukan beberapa hal kaitannya dengan upaya peningkatan SDM dengan mengikuti berbagai pelatihan-pelatihan," pungkasnya. (DINKOMINFO Blora/Prokompim).

    Berita Terbaru

    Ikuti Manasik, 643 Calhaj Blora Akan Berangkat ke Tanah Suci 3 Juni 2024
    27 April 2024 Jam 19:31:00

    Para Calon Haji (Calhaj) Blora mulai ikuti manasik haji, Sabtu (27/4/2024). Jumlah Calhaj Blora...

    Pemkab Blora Menggelar Rakor dengan Kementerian Koordinator Perekonomian RI
    27 April 2024 Jam 19:16:00

    Pemkab Blora menggelar Rakor dengan Kementerian Koordinator Perekonomian (RI), Deputi Bidang...

    Berusia 74 Tahun, RSUD dr. Soetijono Blora Punya 6 Inovasi Layanan Kesehatan
    25 April 2024 Jam 17:47:00

    Bertepatan dengan peringatan ulang tahunnya ke-74, Kamis (25/4/2024), RSUD dr. R. Soetijono...