Seputar Blora

Gua Terawang Blora Ramai Pengunjung


Obyek wisata Gua Terawang di Desa Kedungwungu Kecamatan Todanan Kabupaten Blora ramai dikunjungi masyarakat pada H+2 Idulfitri 1444 Hijriah.

Tidak sekadar berlibur Lebaran, tetapi sebagian pengunjung ingin bernostalgia mengenang masa lalu saat bertamasya ke Gua Terawang.

Beberapa pengunjung, membawa anak, orang tua hingga kerabat sambil membuat dokumentasi, swafoto menggunakan kamera gawai. Area parkir juga dipenuhi sepeda motor dan mobil, beberapa kendaraan bernomor polisi luar kabupaten Blora.

"Mumpung liburan, tamasya nya tidak usah jauh-jauh, kalau saya sudah sering saat remaja dulu, ini mengenalkan anak-anak, sama saudara, sambil nostalgia," kata Rini, salah satu pengunjung dari Kecamatan Kunduran, Senin (24/4/2023).

Ungkapan senada disampaikan Sajiyem dari Kecamatan Cepu.

“Kesan saya Obyek Wisata Gua Terawang cukup bagus. Ayo Dolan Blora, mumpung masih libur Lebaran," katanya.

Sejumlah pengunjung lainnya juga berharap agar keaslian lingkunga Gua Terawang tetap terjaga. Meski demikian perlu berbenah yang lebih inovatif, khususnya di dalam Gua.

“Keaslian lingkungan memang harus terjaga, perlu sentuhan kekinian, misalnya dengan menambah lampu hias di dalamnya atau pernik lainnya yang membuat lebih mengesankan,” kata Dedi, salah seorang pengujung asal Pati, yang menikmati libur Lebaran bersama keluarganya.    

Sementara itu, Eko Yuli Sulistiyono, salah satu petugas obyek wisata Gua Terawang  menjelaskan tiket masuk sebagaimana tertera dalam loket, yakni Rp12.000,00/orang. Parkir sepeda motor Rp3.000,00 dan parkir mobil Rp7.000,00. Buka mulai pukul 07.30 WIB dan tutup pukul 16.30 WIB.

“H+1 Lebaran sudah mulai ramai pengunjung, pada H+2 Lebaran ini juga cukup banyak pengunjung, belum bisa merinci, tapi prediksi saya kurang lebih ada 300 pengunjung,” jelasnya.

Di lokasi itu, ada beberapa penjual minuman dan permainan anak.

Obyek wisata Gua Terawang sempat tutup saat PPKM Jawa-Bali akibat pandemi Covid-19.  

Dari berbagai sumber disebutkan kawasan wisata Gua Terawang memiliki enam gua, terdapat satu induk gua yang atasnya berlubang sehingga sinar matahari bisa masuk pada siang hari. Wisata Gua Terawang berada di lahan seluas 13 hektar yang dikelola KPH Perhutani Blora.

Kawasan wilayah Gua Terawang ini memiliki hawa sejuk dan segar serta panorama hutan yang sangat indah serta memesona. Pada bagian jalur menuju pintu gua tersedia deretan anak tangga yang sudah dilengkapi dengan besi pengaman pada bagian tengahnya sepanjang 15 meter.

Tinggi dari kelima gua tersebut sangatlah bervariasi antara 1 meter sampai 24 meter. Lebar dari gua-gua tersebut juga bervariasi, mula dari 3 meter sampai 18 meter. Pada bagian langit-langit gua memiliki bentuk yang unik seperti parabola dan dihiasi stalaktit yang sangat menawan.

Keunikan dari Gua Terawang ini, pengunjung dapat leluasa mengamati gua pada siang hari karena cahaya di dalam gua tersebut sangat terang. Pada bagian langit-langit gua terdapat lubang alami sehinga sinar matahari dapat menerobos masuk ke dalam goa dan menerangi bagian dari ruangan goa tersebut.

Oleh sebab itu, gua ini dinamakan dengan Gua Terawang. Karena terdapat lubang-lubang cahaya tersebut pengunjung tidak hanya mendapat sirkulasi udara yang segar saja, akan tetapi dapat mengamati panorama keindahan yang ada di Gua Terawang tersebut.

Di kawasan obyek wisata Gua Terawang juga dilengkapi dengan aneka wahana dan permainan yang memanjakan pengunjung untuk swafoto atau merekam gambar menggunakan kamera gawai. (Dinkominfo Blora).

    Berita Terbaru

    KPU Blora Resmi Tetapkan Perolehan Kursi Parpol dan Caleg Terpilih Pemilu 2024
    03 Mei 2024 Jam 06:21:00

    Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Blora resmi menetapkan perolehan kursi partai-partai...

    Berbusana Adat Jawa Tengah, Bupati Blora Pimpin Upacara Peringatan Hardiknas 2024
    02 Mei 2024 Jam 20:06:00

    Bupati Blora Arief Rohman memimpin upacara peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) 2024...

    Kesempatan Bagi ASN Isi Jabatan Dewan Pengawas Perumda Air Minum Tirta Amerta Blora
    02 Mei 2024 Jam 15:35:00

    Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Air Minum Tirta Amerta Kabupaten Blora membuka kesempatan bagi...