Seputar Blora

Hari Kesiapsiagaan Bencana 2023, BPBD Blora Ajak Masyarakat Bunyikan Kentongan dan Sirine


Pemerintah Kabupaten Blora melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) bersiap dengan acara kegiatan Hari Kesiapsiagaan Bencana (HKB) yang jatuh pada tanggal 26 April 2023.

Hal itu disampaikan oleh Kepala Pelaksana (Kalak) BPBD Kabupaten Blora Sri Widjanarsih, SE., M.Si dalam acara talkshow di panggung Gebyar Ramadan 2023 di Alun-alun Blora, Jawa Tengah, Senin (17/4/2023).

“Kami sudah mempersiapkan terkait kegiatan-kegiatan dalam kesiapsiagaan bencana, terutama nanti di tanggal 26 April 2023 kita akan memperingati Hari Kesiapsiagaan Bencana (HKB) 2023,” jelasnya.

Jadi nanti semua masyarakat dan OPD serta lembaga yang lainnya, termasuk dari desa dan kelurahan, terutaman para relawan yang sudah mendukung dalam kegiatan kemanusiaan, diminta untuk berpartisipasi membunyikan kentongan, sirine, lonceng dan bedug.

“Jadi nanti tanggal 26 April 2023, kita ingatkan pada jam 10.00 WIB, kita bunyikan kentongan, sirine, lonceng, bedug. Kami mohon untuk bisa disosialisasikan kepada warga masyarakat semuanya terkait HKB ini,” tegasnya.

Sedangkan untuk HKB 2023 tingkat nasional, tambah Sri Widjanarsih, akan dilaksankan tanggal 10 Mei 2023 dan 11 Mei 2023 di bantaran Sungai Bengawan Solo.

“Jadi untuk di Blora nanti dilaksanakan di bantaran sungai Bangawan Solo, yakni di wilayah Kecamatan Cepu, Kecamatan Kedungtuban dan Kecamatan Kradenan. Nanti dilaksanakan serentak,” terangnya.

Di Kecamatan Cepu dilaksanakan di Desa Nglanjuk dan Sumberpitu, di Kecamatan Kedungtuban dilaksanakan di Panolan, kemudian di Kecamatan Kradenan di Desa Nglungger.

“Jadi ada empat desa tangguh bencana (destana) yang nanti akam melakukan simulasi bencana banjir, disiarkan secara live melalui televisi dan bisa dilihat langsung melalui handphone,” ucapnya.

Selain itu ada simulasi evakuasi juga dilaksanakan penanaman penghijauan di sekitar lokasi bantaran sungai Bengawan Solo.
Dikatakannya, untuk HKB tingkat nasional dilaksanakan di tujuh kabupaten di bantaran sungai Bengawan Solo yang akan disiarkan secara live malaui televisi (TVRI dan BNPB).

Talkshow diikuti dan dihadiri perwakilan PMI Kabupaten Blora, Kawarcab Gerakan Pramuka Blora, Senko Mitra Polri, Banser Blora, MBMC Muhammadiyah Blora, RAPI Blora, Taruna Siaga Kabupaten Blora, SAR MTA Blora, Tim Rekasi Cepat BPBD Kabupaten Blora dan TP PKK Kelurahan Kunden.

Pada acara talkshow juga diisi paparan dan penjelasan dari program BPJS Ketenagakerjaan berkaitan dengan iuran dan manfaatnya, yang disampaikan Rosandhi Aji Waskito selaku Kabid Kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan didampingi Eko Prasodjo.

Acara talkshow yang dipandu Yusuf Fitri,S.IP., MM selaku Kasi Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD Kabupaten Blora sangat mengedukasi kepada masyarakat.

Sementara itu, di seputaran Alun-alun Blora, Senin (17/4/2023) siang hingga sore menjelang buka puasa, geliat jual beli produk makanan olahan masih mendominasi Gebyar Ramadan 2023. Salah satunya dari stand C-6 yang diisi produk makanan olahan oleh Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kabupaten Blora secara bergiliran. Beberapa warga masih intens membeli untuk oleh-oleh dan menu berbuka puasa keluarga. (Tim Dinkominfo Blora).

    Berita Terbaru

    KPU Blora Resmi Tetapkan Perolehan Kursi Parpol dan Caleg Terpilih Pemilu 2024
    03 Mei 2024 Jam 06:21:00

    Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Blora resmi menetapkan perolehan kursi partai-partai...

    Berbusana Adat Jawa Tengah, Bupati Blora Pimpin Upacara Peringatan Hardiknas 2024
    02 Mei 2024 Jam 20:06:00

    Bupati Blora Arief Rohman memimpin upacara peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) 2024...

    Kesempatan Bagi ASN Isi Jabatan Dewan Pengawas Perumda Air Minum Tirta Amerta Blora
    02 Mei 2024 Jam 15:35:00

    Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Air Minum Tirta Amerta Kabupaten Blora membuka kesempatan bagi...