Seputar Blora

Menumbuhkan dan Membangkitkan Integritas Bagi Aparatur Sipil Negara


Plt. Inspektur Daerah Kabupaten Blora Irfan Agustian Iswandaru, AP., M.Si., mengatakan setiap Aparatur Sipil Negara (PNS/PPPK) harus menaati aturan, melaksanakan aturan, setiap gerak langkahnya berdasarkan aturan.

Hal itu ditegaskan dalam talkshow di panggung Gebyar Ramadan 2023 di Alun-alun Blora, Sabtu (15/4/2023) sore.

“Jadi sangat penting, disaat begitu masuk dalam Organisasi Pemerintah Daerah, baik Kementrian dan lebih khusus di Pemerintah Daerah Kabupaten Blora, itu sudah harus komitmen menumbuhkembangkan nilai-nilai integritas yang tinggi,” kata Irfan Agustian Iswandaru, AP., M.Si.

Baik kejujuran, tanggungjawab dan disiplin, contoh, begitu masuk sebagai ASN juga diatur jam kerjanya, yaitu jam 07.00 WIB sampai dengan jam 15.30 WIB.

“Kemudian jujurnya, setiap kali melaksanakan tugas progresnya juga harus sesuai, demikian juga tanggungjawabnya,” ucapanya.

Jadi, tambah Irfan, cara menumbuhkembangkan integritas, di awal tugas, selama bertugas, termasuk talkshow ini menularkan ilmu-ilmu tidak hanya kepada masyarakat tetapi kepada internal kita.

“Kita mengingatkan diri kita dan jajaran kita, bahwa sebagai Inspektorat dituntut lebih, terkait dengan integritas. Apalagi salam Inspektorat yang kita sampaikan tadi adalah salam integritas. Jadi kita harus memulai dan menularkan integritas itu sendiri,” tegasnya.

Dikatakannya, salah satu fungsi Perangkat Daerah Inspektorat adalah memberikan pengawasan, dan pengawasan dimulai dari diri kita sendiri.

Dalam kesempatan yang sama, Inspektur Pembantu II Ispektorat Daerah Kab. Blora, Dasiran, S.Ag., M.Si menyampaikan integritas berkaitan dengan religius keagamaan, khususnya di bulan Ramadan 1444 Hijriah dan meneladani sifat-sifat Nabi Muhammad SAW.

“Jadi dengan sifat-sifat utama Nabi Muhammad ini yang patut kita teladani, untuk menanamkan nilai-nilai integritas kita,” ucapnya.

Terutama sifat Siddiq yang artinya selalu benar dan jujur. Kemudian sifat Amanah, karena Rasul selalu menjaga agar dapat dipercaya oleh umatnya. Selanjutnya sifat Tablig dan Fatanah.

“Mudah-mudahan ini memberikan nilai spiritual kepada kita semuanya. Bulan Ramadan sangat tepat untuk meningkatkan integritas,” katanya.

Talkshow dipandu oleh Tumei Suharno, S.IP., M.Si selaku Pembantu V Inspektorat Daerah Kab. Blora. Hadir pada acara talkshow Sekretaris Inspektorat Blora, Ani Wahyukumalasari, S.STP., MA dan jajaran Inspektorat Daerah Kabupaten Blora serta DWP/PKK setempat. (Tim Dinkominfo Blora).

    Berita Terbaru

    Berbusana Adat Jawa Tengah, Bupati Blora Pimpin Upacara Peringatan Hardiknas 2024
    02 Mei 2024 Jam 20:06:00

    Bupati Blora Arief Rohman memimpin upacara peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) 2024...

    Kesempatan Bagi ASN Isi Jabatan Dewan Pengawas Perumda Air Minum Tirta Amerta Blora
    02 Mei 2024 Jam 15:35:00

    Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Air Minum Tirta Amerta Kabupaten Blora membuka kesempatan bagi...

    Kodim 0721/Blora Sosialisasi Rencana Program TMMD Sengkuyung Tahap II di Desa Geneng
    02 Mei 2024 Jam 14:13:00

    Kodim 0721/Blora akan menyelenggarakan program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Sengkuyung...