Seputar Blora

Penanganan Darurat Longsoran Sungai Lusi di Nglawiyan Dikebut


Penanganan darurat longsoran sungai Lusi di Nglawiyan Kelurahan Karangjati Kecamatan Blora, Kabupaten Blora terus dikebut guna mengantisipasi longsoran lebih lanjut.

Sinergitas dan kolaborasi penanangan darurat longsoran di lokasi setempat telah dilakukan Pemerintah Kelurahan Karangjati dengan menggandeng sejumlah pihak terkait seperti TNI-Polri, DPUPR, BPBD, Banser serta organisasi masyarakat lainnya.

“Ini hari kelima penanganan darurat longsoran, harapannya ini yang terakhir dilakukan. Kami atas nama Pemerintah Kelurahan Karangjati mengucapkan terimakasih atas kerja sama, sinergitas dari semua pihak yang telah gotong royong melakukan penanganan darurat longsoran sungai Lusi di Nglawiyan,” kata Kepala Kelurahan Karangjati, Agus Winarto, S.Sos., MM, Jumat (16/12/2022).

Pada penanganan ke lima kalinya ini, jelas Lurah Karangjati, melibatkan anggota Polsek Blora, Koramil Blora, Kodim 0721/Blora, Batalyon Infanteri 410/Alugoro dan BPBD serta paguyuban masyarakat Blora.

Sementara itu Kabid Sumber Daya Air (SDA) Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Surat,ST,MT mengatakan bahwa penanganan darurat ini dilakukan bersama warga sekitar dengan melaksanakan pembongkaran bagian rumah warga yang sudah terancam amblas untuk mengurangi beban di atas tanah agar tidak semakin berat sehingga potensi longsor susulan semoga dapat dicegah sekaligus pemasangan trucuk kayu dan bambu.

“Kemarin kita juga melakukan gotong royong bersama Banser,” ucapnya.

Alat berat (excavator) bersama operator juga diterjunkan ke lokasi, yang artinya penanganan sudah longsoran sudah dilakukan, sehingga perlu lebin intensif dikoordinasikan dengan Pemerintah Kelurahan Karangjati serta tokoh masyarakat setempat.

"Sementara longsoran rumpun bambu dan pepohonan dilakukan pembersihan dan dimanfaatkan sebagai dolken untuk penanganan longsoran,” jelasnya.

Rencana selanjutnya apabila nanti sudah stabil tanahnya dilakukan pengurugan sementara dengan sandbag terisi tanah, untuk meratakan kembali tanah rumah warga yang longsor.

Untuk penanganan permanennya akan dikoordinasikan bersama BBWS Pemali Juana Semarang agar tahun depan menjadi prioritas untuk bisa ditangani. (Tim Dinkominfo Blora).

    Berita Terbaru

    KPU Blora Resmi Tetapkan Perolehan Kursi Parpol dan Caleg Terpilih Pemilu 2024
    03 Mei 2024 Jam 06:21:00

    Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Blora resmi menetapkan perolehan kursi partai-partai...

    Berbusana Adat Jawa Tengah, Bupati Blora Pimpin Upacara Peringatan Hardiknas 2024
    02 Mei 2024 Jam 20:06:00

    Bupati Blora Arief Rohman memimpin upacara peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) 2024...

    Kesempatan Bagi ASN Isi Jabatan Dewan Pengawas Perumda Air Minum Tirta Amerta Blora
    02 Mei 2024 Jam 15:35:00

    Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Air Minum Tirta Amerta Kabupaten Blora membuka kesempatan bagi...