Berita Terkini

Jelang Hari Jadi ke -273, Bupati Arief Ziarah ke Makam Bupati Blora di Tuban


Menjelang puncak peringatan hari jadi Kabupaten Blora ke- 273, Bupati Blora, H. Arief Rohman, S.IP., M.Si., bersama jajaran Pemkab Blora, ziarah ke makam Bupati Blora pertama, Raden Tumenggung Wilotikto, di Kabupaten Tuban, Jawa Timur, Kamis (8/12/2022).

Menurut catatan sejarah, Raden Tumenggung Wilotikto merupakan Bupati Blora pertama di tahun 1749 - 1762.

Pengangkatan Raden Tumenggung Wilotikto sebagai Bupati Blora, pada 11 Desember 1749, dan inilah yang ditetapkan sebagai awal mula Kabupaten Blora. Sehingga sebagai bentuk penghormatan dan mengenang para pendahulu, Bupati Arief Rohman melakukan ziarah ke makamnya yang berada di Komplek Pemakaman Keluarga Tjitrosoman, Bejagung, Kecamatan Semanding, Kabupaten Tuban.

Makam Bupati pertama Blora ini berada di sebelah pemakaman keluarga Raden Tumenggung Tjitrosuman VII yang tidak lain adalah Bupati Tuban tempo dulu. Tokoh ini sekaligus mertua dari Raden Tumenggung Wilotikto (Bupati pertama Blora).

Bupati bersama rombongan disambut jajaran Forkopimcam Semanding, lantas memanjatkan doa, membaca tahlil, dan tabur bunga di pusara makam RT Wilotikto beserta istrinya.

"Kita napak tilas sejarah Bupati Blora pertama yang menjabat 1749 - 1762. Makamnya di Tuban ini, karena beliau menantu Bupati Tuban. Ini agar kita tidak lupa dengan sejarah kepemimpinan di Blora, sehingga setiap menjelang Hari Jadi Blora kita lakukan ziarah," ucap Bupati Arief Rohman usai ziarah.

Dikemukakan, Blora sebenarnya mempunyai hubungan sejarah dengan Tuban. Selain Wilotikto yang dimakamkan di Tuban, ada juga Sunan Pojok Blora yang dulu pernah menjabat Bupati Tuban.

"Tadi ada prasasti silsilah Bupati Tuban kita lihat, ada juga tertulis nama Bupati Blora disitu. Blora - Tuban memang bersaudara. Kita ingin sejarah ini bisa terus digali agar kelak bisa menjadi pembelajaran bagi generasi muda Blora. Mohon doa nya semoga di Hari Jadi ke -273 ini Blora bisa menjadi lebih baik lagi, maju, sejahtera. Semangat Sesarengan mBangun Blora Berkelanjutan," ucap Bupati.

Camat Semanding, Cipta Dwipryata dengan didampingi Forkopimcam setempat, mengaku senang dan bangga karena wilayahnya dapat kunjungan Bupati Blora dalam rangka ziarah peringatan Hari Jadi ke 273 kali ini.

"Maturnuwun Pak Bupati dan rombongan yang telah hadir langsung melakukan ziarah ke Bejagung Semanding ini. Ini kebanggaan tersendiri bagi kami. Makam Tjitrosoman ini memang merupakan komplek pemakaman Bupati Bupati jaman dahulu. Saya pribadi juga baru tahu kalau Bupati Blora pertama dimakamkan disini. Ini menandakan bahwa Blora dan Tuban masih satu keluarga. Semoga tali silaturahmi Blora dan Tuban bisa terus terjalin," ucapnya singkat.

Usai ziarah, rombongan dari Pemkab Blora diterima untuk menikmati ramah tamah di Kantor Pemkab Tuban. (Dinkomifo Blora/ Prokompim).

    Berita Terbaru

    Bupati Arief Minta Pemprov Jateng Tuntaskan Jalan Provinsi di Blora
    28 Maret 2024 Jam 19:39:00

    Bupati Blora, Arief Rohman, S.IP., M.Si minta Pemprov Jateng untuk tuntaskan pembangunan jalan...

    RAPAT PARIPURNA PENYAMPAIAN LKPJ BUPATI BLORA AKHIR TAHUN ANGGARAN 2023
    28 Maret 2024 Jam 16:31:00

    Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Blora, Jawa Tenggah menggelar rapat paripurna...

    Pemkab Blora Gelar Musrenbang RPJPD 2025-2045 dan RKPD 2025
    28 Maret 2024 Jam 13:39:00

    Pemerintah Kabupaten Blora menggelar Musyawarah Pembangunan Daerah (Musrenbang) Rencana...