Berita Terkini

Makam Bupati Tempo Dulu di Blora Diziarahi


Pemerintah Kabupaten Blora, Jawa Tengah, Rabu (7/12/2022) melaksanakan ziarah dan tabur bunga ke makam bupati tempo dulu menjelang peringatan Hari Jadi ke-273 Kabupaten Blora yang diperingati tanggal 11 Desember.

Agenda itu menjadi salah satu rangkaian penting setiap tahun, sekaligus sebagai bentuk penghormatan atas jasa para pemimpin Blora.

Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setda Kabupaten Blora Hariyanto, S.IP., M.Si selaku Koordinator Seksi Ziarah dan Kegiatan Keagamaan menjelaskan, acara ziarah hari ini merupakan kelanjutan dari sebelumnya yang telah telah dilaksanakan ke makam Bupati Blora di luar kabupaten kali ini dilaksanakan pada akhir bulan November 2022 secara maraton di Semarang, Temanggung, Yogyakarta dan Surakarta pada Selasa (29/11/2022) hingga Rabu (30/11/2022).

“Jadi ziarah ke makam Bupati Blora terdahulu di dalam kabupaten Blora ini merupakan lanjutan. Sebegai bentuk penghormatan atas jasa pemimpin Blora terdahulu sekaligus menjalin silaturahmi dengan keluarga Bupati terdahulu,” kata Hariyanto.

Adapun selaku Ketua Seksi Acara kegiatan adalah Kepala Bagian Kesejateraan Rakyat (Kabag Kesra) Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Setda Kabupaten Blora, Mohammad Toha Mustofa, S.Si., M.Kes.

Rombongan dikawal ketat dari Patwal Polres Blora, Dinrumkimhub dan Sat Pol PP Blora berangkat bersama dari Pendopo Rumah Dinas Bupati Blora pukul 08.00 WIB, menuju ke Makam Gedong Tirtonatan di Desa Ngadipurwo, Kecamatan Blora. 

Dalam ziarah itu Bupati Blora H. Arief Rohman, SIP., M.SI., Forkopimda Kab. Blora, Sekda Blora Komang Gede Irawadi, SE., M.Si., serta sejumlah pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Kabupaten Blora mengenakan pakaian adat khas Jawa Solo (beskap tanpa mengenakan keris).

Sedangkan Wakil Bupati Blora Tri Yuli Setyowati, ST, MM dan beberapa Kepala OPD dan Pegawai ASN perempuan lainnya mengenakan kain dan kebaya.

Di area makam Gedong Tirtonatan, dilaksanakan doa dan tahlil yang dipimpin pemuka agama yang telah ditunjuk.

“Jadi dalam rangka Hari Jadi ke-273 Kabupaten Blora, kita mengadakan ziarah ke makam-makam bupati Blora terdahulu di dalam Kabupaten Blora, yang pertama di makam gedong Tirtonatan. Semoga jasa Bupati yang dulu sudah membangun Blora ini, arwahnya di terima di sisi-Nya dan semoga menjadi spirit kita untuk melakukan pembangunan di Kabupaten Blora,” kata Hariyanto.

Ziarah berlangsung khidmat di komplek makam gedong Tirtonatan Desa Ngadipurwo, Kecamatan Blora.Selanjutnya Bupati dan rombongan menabur bunga pada makam para Bupati Blora tempo dulu di lokasi setempat.

Makam Gedong Tirtonatan di Desa Ngadipurwo merupakan tempat pemakaman para Bupati Blora tempo dulu.

Diantaranya Tumenggung Djajeng Tirtanata (1762-1782), Raden Tumenggung Prawirajoeda (1812-1823), RT Tirtakoesoema (1782-1812), RT Tirtanegara (1823-1842) dan (1843-1847).

Kemudian, RT A Tjakranegara I (1842-1843), RT Natawidjaja (1847-1857), RT A Tjakranegara II (1857-1886), RMT Tjakranegara III (1886-1912), RM Said Abdoelkadir Djaelani (1912-1926) seorang Bupati dari kalangan santri.

Setelah dari makam Gedong Tirtonatan Desa Ngadipurwo, dilanjutkan doa ziarah Makam Gedong Ageng Sunan Pojok Blora. Suasana religius dan tahlillan juga berlangsung khidmat dilaksanakan di makam Sunan Pojok Blora.

Kemudian, dilanjutkan ziarah dan tabur bunga di makam Bupati Basuki Widodo dan keluarga serta sejumlah tokoh Blora di makam Giri Mulyo, Kecamatan Cepu.

Dari tradisi ziarah itu, Pemkab Blora menyampaikan terimnakasih jasa-jasa almarhum dalam rangka mbangun Blora. Selain itu terucap doa semoga di Hari Jadi ke-273 ini Kabupaten Blora terus semakin maju, semakin makmur dan barokah, dengan bisa membawa kesejahteraan untuk rakyat, masyarakat kabupaten Blora.

Setelah dari makam Giri Mulyo, Kecamatan Cepu, rombongan ziarah menuju ke Makam Eyang Jati Kusumo di Desa Janjang Kecamatan Jiken.

Di makam Eyang Jati Kusumo, Bupati dan Forkopimda Blora melaksanakan doa dan ziarah dengan khidmat.

Sementara itu, Ketua DPRD Blora, HM Dasum, SE., M.MA, mengungkapkan bahwa melalui ziarah selain mempererat ikatan emosional dan silaturahmi dengan kerabat dan keluarga mantan bupati, minimal kita mengenang para syuhada, menjunjung tinggi para bupati yang telah mendahului kita.

“Jadi dengan sejarah, maka kita perlu mengenangnya. Kita menghormati, menjunjung tinggi para pendahulu kita. Mudah-mudahan beliau yang telah berpulang ke alam sana, diterima Allah SWT ditempatkan yang terbaik untuk beliau, karena beliau ini adalah perintis, yang membuka kabupaten Blora dan akhirnya kita sebagai penerus harus menghargai hal itu, ” ucap HM. Dasum.

Ketua DPRD Blora juga berharap generasi muda bisa selalu mengingatnya dan paling tidak menghargai yang lebih tua.

“Agar kita ini ada jalan komunikasi yang baik, sehingga generasi muda juga mempunyai kebudayaan yang adiluhung,” ucapnya.

Acara dilanjutkan rombongan silaturahmi ke rumah Drs. RM Yudhi Sancoyo, MM., Bupati Blora, periode 2007-2010.

Sementara itu Kepala Desa, Lurah dan Forkopimcam Blora, Cepu dan Jiken turut serta dalam kegiatan tersebut.  (Tim Dinkominfo Blora).

    Berita Terbaru

    Bupati Arief Minta Pemprov Jateng Tuntaskan Jalan Provinsi di Blora
    28 Maret 2024 Jam 19:39:00

    Bupati Blora, Arief Rohman, S.IP., M.Si minta Pemprov Jateng untuk tuntaskan pembangunan jalan...

    RAPAT PARIPURNA PENYAMPAIAN LKPJ BUPATI BLORA AKHIR TAHUN ANGGARAN 2023
    28 Maret 2024 Jam 16:31:00

    Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Blora, Jawa Tenggah menggelar rapat paripurna...

    Pemkab Blora Gelar Musrenbang RPJPD 2025-2045 dan RKPD 2025
    28 Maret 2024 Jam 13:39:00

    Pemerintah Kabupaten Blora menggelar Musyawarah Pembangunan Daerah (Musrenbang) Rencana...