Berita Terkini

KGPAA Mangkunegara X Doakan Blora Semakin Maju


Prosesi kirab pusaka dalam rangka memperingati Hari Jadi Kabupaten Blora ke 273 tahun ini berlangsung spesial, pasalnya, Sri Paduka Mangkunegara X,  Kanjeng Gusti Pangeran Adipati Arya (KGPAA) Bhre Cakarahutomo Wira Sudjiwo berkenan hadir untuk menyaksikan rangkaian kirab pusaka, yang diawali di Pendopo Bupati Blora, Sabtu (3/12/2022) malam.

Sebelum prosesi kirab dilaksanakan, Pemerintah Kabupaten Blora melakukan penandatanganan nota kesepakatan atau MoU dengan Mangkunegaran dan Institut Seni Indonesia (ISI) Surakarta.

"Perkenankan Saya menyampaikan selamat kepada Pemerintah Kabupaten Blora, kepada seluruh masyarakat Blora atas bertambahnya usia Kabupaten Blora yang ke 273 tahun, semoga di tahun yang ke 273 ini, kabupaten Blora semakin jaya,  makmur dan sejahtera, kedatangan kami dari Puro Mangkunegaran ke kabupaten Blora merupakan bentuk langkah awal kami beserta Pemkab Blora, dengan kerja sama dengan ISI dan menjalin tali silaturahmi,  khususnya dalam bidang kebudayaan," terang Sri Paduka Mangkunegara X.

Disampaikan, bahwa Mangkunegaran siap untuk mendukung, menjalin kerja-sama dengan Pemerintah Kabupaten Blora untuk menjaga kelestarian dan mengembangkan kebudayaan, khususnya budaya Jawa.

Bersamaan dengan momentum hadi jadi Kabupaten Blora, KGPAA Bhre Cakrahutomo turut mendoakan agar Kabupaten Blora dapat semakin lebih baik kedepannya.

"Bapak Bupati saya doakan selalu sehat sukses dan semakin membawa Blora ke tingkat yang lebih baik, semoga Kabupaten Blora semakin maju dan sejahtera, dan kolaborasi kita kedepannya bisa terjalin semakin baik, saling mengangkat satu sama lain dan saling bermanfaat untuk masyarakat semua," pesannya.

Adapun rangkaian prosesi Kirab Pusaka di Pendopo Dinas Bupati Blora diawali dengan Cokekan dan Tari Persembahan dari Mangkunegaran dan ISI Surakarta.

Pada kesempatan tersebut dihadiri Bupati Blora H. Arief Rohman, S.IP, M.Si,  Wakil Bupati Blora Tri Yuli Setyowati, ST, MM, Forkopimda, Ketua PN, Komandan Batalion 410 Alugoro, Sekda Kab. Blora, Asisten,  dan seluruh Kepala OPD.

Rute Kirab Pusaka Temu Gelang  Start dadi  Pendopo Rumah Dinas Bupati Blora melalui Pintu Gerbang kekanan,  Jl. RA. Kartini kekanan melalui Jl. Dr. Soetomo  kekanan Jl. Gunung Sumbing menuju Jl. Pemuda kemudian kekanan kembali ke Pendopo Rumah Dinas Bupati Blora.

Kirab juga diikuti oleh Staf Ahli, Inspektorat, Badan, Kantor, Camat, Kepala Kelurahan se Kec. Blora, Kepala Desa dan Kepala Kelurahan se Kec. Cepu,  Pandemen Tosan Aji, Sedulur Sikep, Sedulur Ki Soreng Jipang, Sedulur ISI, dan Sedulur Balungan Sangiran dan FPSBB.

Sebelum kirab, dilakukan upacara penyerahan pusaka, dimana Bupati Blora menyerahkan pusaka Keris Kiai Bisma, bserta dengan Tombak Kiai Prabangkat, Tombak Kiai Gupolo dan Tombak Nyai Gupito untuk dikirab.

Pada kirab kali ini Asisten Administrasi Umum Setda Blora Pujo Catur Susanto melakukan kirab pusaka Keris Kyai Bismo, sementara Asisten Pemerintahan dan Kesra Setda Blora Irfan Agustian Isfandaru bertindak sebagai Subo Manggolo.

Prosesi kirab pusaka dalam rangka peringatan Hari Jadi Kabupaten Blora ke 273 kali ini berlangsung dengan lancar.

Sebagai informasi, Setelah acara penandatanganan MoU selesai dilakukan, KGPAA Mangkunegara X memberikan kenang-kenangan berupa sebuah tombak, kepada Pemerintah Kabupaten Blora. Kemudian Rektor ISI Surakarta juga memberikan sebuah keris.(Dinkominfo Blora/ Prokompim).

    Berita Terbaru

    Hasil Seleksi Administrasi Calon Direksi PT. Blora Patra Energi (Perseroda) Periode 2024 - 2026
    18 April 2024 Jam 17:41:00

    Pengumuman  Hasil Seleksi Administrasi Calon Direksi PT. Blora Patra Energi (Perseroda)...

    Hasil Seleksi Administrasi Calon Dewan Pengawas Perumda Blora Wira Usaha Masa Jabatan 2024 - 2028
    18 April 2024 Jam 17:09:00

    Pengumuman  Hasil Seleksi Administrasi Calon Dewan Pengawas Perumda Blora Wira Usaha Masa...

    Hasil Seleksi Administrasi Calon Direksi Perumda Blora Wira Usaha Periode 2021 - 2026
    18 April 2024 Jam 17:06:00

    Pengumuman  Hasil Seleksi Administrasi Calon Direksi Perumda Blora Wira Usaha Periode 2021...