Berita Terkini

Bupati Blora Sigap Cek Lokasi Banjir


Pasar rakyat Jepon dan sejumlah desa di wilayah Bogorejo, Jiken, dilanda banjir bandang saat hujan deras Selasa (29/11/2022) siang hingga malam.

Bupati Blora H. Arief Rohman, didampingi Kepala BPBD Blora, Sri Widjanarsih, SE, Msi, meninjau banjir yang melanda Pasar Rakyat Jepon dan pintu air yang berada di Desa Pelem, Kecamatan Jepon, Selasa malam.

Bupati Arief melihat kondisi pasar yang tergenang air dan dan menyapa para pedagang yang sedang membersihkan lumpur akibat banjir itu. ‘’Banjir ini terjadi akibat banjir bawaan dari hulu yang kemungkinan kiriman air dari hutan,’’ ungkapnya.

Mas Arief, panggilan akrab Bupati Arief Rohman, menyatakan, dirinya kaget kok Jepon banjir seperti ini. Dikatakan, memang dulu pernah banjir namun sudah lama, yakni sekitar 25 tahun lalu," imbuh Bupati di sela-sela meninjau banjir di Pasar Jepon.

Ditandaskan Bupati Arief, secepatnya akan dilakukan pengecekan wilayah hulu. Kondisinya apakah memang hutan yang sudah gundul atau seperti apa.

Menurutnya, tidak hanya Pasar Jepon, dirinya juga mendapat laporan, daerah-daerah lain, seperti Bleboh, Gandu, Jiken, Bogorejo, termasuk sejumlah lokasi di Cepu juga banjir. ‘’Bahkan dilaporkan juga ada sekitar dua jembatan yang putus,’’ tandasnya

Terkait banjir di Pasar Jepon, Mas Arief minta nantinya bisa dilakukan bersih- bersih secara gotong royong. BPBD diminta juga agar bisa ikut membantu membersihkan kios-kios yang kebanjiran, dengan sinergi bersama TNI/Polri.

Sementara itu, Fahru, salah satu warga Kecamatan Jepon mengungkapkan, hujan deras membuat sejumlah wilayah di Jepon terendam air hingga kurang lebih sampai lutut orang dewasa.

"Wilayah pasar Jepon terendam juga, biasanya kalau hujan tidak separah ini, dan hujan sore ini memang kelihatannya rata. Banyak wilayah yang terendam banjir,’’

Dari pantauan, hujan deras yang terjadi sejak Selasa siang, mengakibatkan, sejumlah wilayah bahkan di jalan nasional Blora – Cepu, tepatnya di wilayah Desa Tempel Lemahbang juga mengalami banjir. Kendaraan dari arah Blora menuju Cepu dan sebalik harus berhati-hati. Bahkan sebagian kendaraan lain, harus bergantian jalan untuk mencapai tujuan.

Informasi yang didapat, sejumlah wilayah yang mengalami banjir, diantaranya sejumlah titik di Kecamatan Jiken, Bogorejo, Jepon. Sementara itu, Tim Reaksi Cepat (TRC) BPBD Blora terus melakukan inventarisasi wilayah wilayah mana saja yang mengalami banjir. (DINKOMINFO/ Prokompim)

    Berita Terbaru

    Guru di Blora Diminta Ikut Berperan Atasi Anak Tidak Sekolah
    17 April 2024 Jam 16:25:00

    Dalam rangka memberikan layanan pendidikan terbaik kepada masyarakat, Bupati Blora, H. Arief...

    Seleksi Calon Paskibraka 2024, Kaban Kesbangpol Blora : Diharapkan Terpilih Calon Paskibraka Berpotensi Tinggi, Semangat dan Bertanggungjawab
    17 April 2024 Jam 12:33:00

    Pemerintah Kabupaten Blora melalui Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) telah...

    Kalaksa BPBD Blora : Pos Komando Tanggap Darurat Bencana 2024 Dilaksanakan Lintas Sektoral
    15 April 2024 Jam 13:43:00

    Pemerintah Kabupaten Blora mendirikan pos komando tanggap darurat bencana banjir, tanah longsor...