Berita Terkini

Dirjen Hortikultura Kementan Minta Pengembangan Tanaman Buah Dilakukan Secara Terkonsentrasi


Direktur Jenderal (Dirjen) Hortikultura Kementerian Pertanian (Kementan) RI Dr. Ir. Prihasto Setyanto, M.Sc meminta agar pengembangan tanaman buah yang ada di Kabupaten Blora untuk dapat dilakukan secara terkonsentrasi.

“Misalnya satu wilayah nanti khusus alpukat, atau khusus kelengkeng, kita harus terkonsentrasi, setelah konsentrasi nanti ada pengawalan pendampingan bagaimana cara melakukan budidaya, bagaimana supaya pasca panennya seperti apa,” jelas Dirjen saat melakukan kunjungan ke Kampung Buah di Dukuh Klapanan, Desa Tunjungan, Kab. Blora, Selasa (8/11/2022).

Didampingi Wakil Bupati Blora Tri Yuli Setyowati, ST, MM, Dirjen Holtikultura meninjau potensi buah-buahan Kabupaten Blora, mulai dari Jambu Kristal, Blimbing, Klengkeng, Alpukat, hingga Durian.

Pihaknya juga meminta agar lahan-lahan pekarangan yang ada dapat dimanfaatkan denagn optimal, untuk ditanami tanaman buah dengan terkonsentrasi.

“Kalau kita memanfatkan pekarangan-pekarangan, misal satu rumah punya 10 pohon kelengkeng, kalau satu kampung ini tertanam semua paling tidak ini bisa nantinya menjadi kampung kelengkeng,” tambahnya.

Kemudian, setelah itu juga perlu untuk diberikan dukungan dari segi pemasaran.

“Pasar membutuhkan tiga hal yakni kualitas, kuantitas, dan kontinyuitas, ini tidak boleh macet, kita bangun bersama-sama, komunikasi dengan kami, kita potensi untuk pekarangan di Blora ini banyak,” pungkasnya.

Wakil Bupati mengungkapkan bahwa pihaknya siap untuk mendukung berkembangnya potensi buah-buahan dari Blora ini. Termasuk untuk menindaklanjuti apa yang menjadi masukan dan arahan dari Dirjen Holtikultura,

“Terima kasih Pak Dirjen Holtikultura atas masukan dan dukungannya untuk pengembangan potensi buah-buahan di Blora ini, kita akan terus dorong agar sektor tanaman buah di ini nantinya bisa dioptimalkan,” kata Wabup. (Dinkominfo Blora/Prokompim).

    Berita Terbaru

    Berusia 74 Tahun, RSUD dr. Soetijono Blora Punya 6 Inovasi Layanan Kesehatan
    25 April 2024 Jam 17:47:00

    Bertepatan dengan peringatan ulang tahunnya ke-74, Kamis (25/4/2024), RSUD dr. R. Soetijono...

    Lokakarya 7 Panen Hasil Belajar PGP, Bupati Blora Minta Guru Semakin Kreatif dan Inovatif
    24 April 2024 Jam 00:58:00

    Bupati Blora H. Arief Rohman secara resmi membuka Lokakarya 7 Panen Hasil Belajar, Program...

    PENGUMUMAN PENGADAAN CALON DEWAN PENGAWAS PERUMDA AIR MINUM TIRTA AMERTA KABUPATEN BLORA
    23 April 2024 Jam 10:55:00

    Perumda Air Minum Tirta Amerta Kabupaten Blora membuka kesempatan bagi ASN untuk mengisi...