Seputar Blora

Membangun Blora Lebih Sejahtera, SMKN 1 Blora Selenggarakan Pelatihan Enterpreneur Muda


SMKN 1 Blora berkerja sama dengan PT. INDOBISMAR, PT. Bisnis Digital Ekonomi dan Founder Segara menyelenggarakan pelatihan enterpreneur muda bertajuk Membangun Blora Lebih Sejahtera. Selasa (8/11/2022).

Pelatihan yang dilaksanakan di pendopo rumah dinas Bupati Blora tersabut dirangkaikan penandatanganan MoU antara PT. INDOBISMAR PT. Bisnis Digital Ekonomi dengan SMKN 1 Blora.

Ketua penyelenggara acara Supriyanto,S.Pd, dalam laporannya menyampaikan, kegitan tersebut diikuti dari beberapa sekolah. Di antaranya menghadirkan dari SMK Negeri dan Swasta Kabupaten Blora dan undangan dari SMK Kabupaten Grobogan serta SMA Kabupaten Blora dan Genre Kecamatan Blora.

“Pelatihan enterprenur muda ini, dibuka oleh Bupati Blora H. Arief Rohman, S.IP. M.Si,” ucap Supriyanto.

Dikatakannya sesuai dengan tujuan pendidikan nasional bahwa pada Kurikulum Merdeka, kita harus lebih menekankan lagi pada kegiatan link and macth, sehingga dengan dilaksanakannya kegiatan, tujuan dalam Kurukulum Merdeka dapat tercapai dengan baik.

“Selain itu, harapan dari kami adalah, bahwa kemampuan dan kompetensi siswa nantinya dapat lebih meningkat, dan bisa memberi bekal kepada siswa-siswa yang ada di sekolah baik di SMA dan SMK se Kabupaten Blora dan Grobogan,” harapnya.

Selaku Ketua penyelenggara, pihaknya mengucapkan terimakasih kepada narasumber yaitu Dr. H. Siswanto, S.Sos, MM dari Ceo PT. INDOBISMAR, Dr. Joseph Teguh Santoso, M.Kom, Komisaris dari PT. Bisnis Digital Ekonomi dan Supriyanto,SE dari Founder Segara.

Ucapan terimakasih yang sama juga disampaikan kepada SMK Negeri dan Swasta Kabupaten Blora dan undangan dari SMK Kabupaten Grobogan, SMA Kabupaten Blora dan Genre Kecamatan Blora.

Acara dilanjutkan dengan penandatanganan MoU antara Dr. H. Siswanto, S.Sos, MM, Ceo PT. INDOBISMAR, Dr. Joseph Teguh Santoso, M.Kom, Komisaris dari PT. Bisnis Digital Ekonomi dan Kepala SMKN 1 Blora Miftahul Ulum, SPd. M.Pd.

Di sela acara dilakukan penyerahan cinderamata oleh Kepala SMKN 1 Blora Miftahul Ulum, SPd. M.Pd. kepada Dr. H. Siswanto, S.Sos, MM, Ceo PT. INDOBISMAR, Dr. Joseph Teguh Santoso, M.Kom, Komisaris dari PT. Bisnis Digital Ekonomi dan Supriyanto,SE dari Founder Segara.

Pada kesempatan itu Bupati Blora H. Arief Rohman, S.IP, M.Si berkenan membuka kegiatan melalui zoom dan menyampaikan apresiasi serta dukungan atas terselenggaranya acara tersebut.

“Saya mohon maaf tidak bisa hadir secara langsung, karena kebetulan ada acara di luar kota. Saya menyampaikan apresiasi, penghargaan setinggi-tingginya antar terselenggaranya kegiatan ini, pelatihan enterpreneur muda. Ini tentunya hal yang sangat bagus dan positif,” kata Bupati Blora melalui zoom.

Karena, kata Bupati, kita ingin di Blora ini akan lahir pengusaha-pengusaha muda enterpreneur-enterpreneur muda, yang nanti bisa membuka lapangan pekerjaan.

“Jadi salah satu yang kita hadapi saat ini, permasalahan tentang pengangguran, ini kalau bisa di atasi. Tentunya dengan menciptakan lapangan pekerjaan baru,” kata Bupati Blora.

Menurut Bupati, banyak sekali mahasiswa ketika lulus bingung mau kemana, sehingga kalau bisa dilatih dengan enterpreneur ini, maka akan sangat luar biasa.

Dikatakan bupati Blora, beberapa waktu lalu ada anak-anak muda yang datang menemui, dan bermaksud mengembangkan bidang usaha seperti peternakan, peternakan, UKM dan lainnya di Kabupaten Blora.

“Ini sesuatu yang memang kita tunggu, biar anak-anak muda ini mimpinya tidak hanya menjadi PNS/ASN saja, tetapi ada juga yang bercita-cita sebagai pengusaha muda, dalam bidang apapun,” ucapnya.

Bupati menambahkan, Kabupaten Blora mempunyai potensi yang sangat luar biasa, tentunya kalau bisa diciptakan, karena kita punya produk, kita punya bahan baku yang nantinya bisa diolah dan bisa dipasarkan di luar.

Sebagai contoh, Blora ini populasi terbesar sapi di Jawa Tengah, tetapi selama ini sapinya dikirim ke luar dalam kondisi hidup, maka kedepan kalau kita bisa punya Rumah Potong Hewan (RPH), maka sapinya bisa disembelih disini, ada pengusaha yang tertarik untuk investasi, seperti bakso dan lainnya.

“Nanti dari itu kita buat gerai-gerai di Kecamatan untuk memasarkan produk itu,” ucapnya.

Ada juga, lanjut Bupati, kita punya bahan baku kayu, maka kalau bisa dibimbing, kemudian diproduk dan dipasarkan. Bahkan ada juga yang sudah menembus ekspor.

“Ini bukti bahwa, kalau kita mau berkreasi, tentunya akan bisa menghasilkan sesuatu yang bisa dipasarkan kedepan. Sekali lagi kami sampaikan terimakasih untuk semua pihak yang sudah menginisiasi acara. Ini acara yang keren, luar biasa. Libatkan anak muda yang punya potensi kedepan,” ungkap Bupati Blora.

Acara dilanjutkan workshop/pelatihan oleh sejumlah narasumber dengan dipandu Kepala SMKN 1 Blora Kepala SMKN 1 Blora Miftahul Ulum, SPd. M.Pd. Pelatihan diikuti dengan antusias oleh para peserta.

Sebelumnya, di awal acara dipersembahkan beberapa buah lagu dan penampilan tari Gambyong dari siswa SMKN 1 Blora. (Tim Dinkominfo Blora).




    Berita Terbaru

    Aplikasi Sapawarga yang Diterapkan Pemprov Jawa Barat Ingin Ditiru Pemkab Blora
    09 Mei 2024 Jam 14:48:00

    Pemkab Blora ingin Tiru Aplikasi Sapawarga yang diterapkan Pemprov Jawa Barat. Dimana dalam...

    Targetkan Pengelolaan Medsos OPD Berkualitas, Blora Belajar ke Sumedang dan Pemprov Jabar
    09 Mei 2024 Jam 14:41:00

    Puluhan admin media sosial Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemkab Blora belajar...

    Penyampaian Rekomendasi DPRD Terhadap LKPJ Bupati Blora Akhir Tahun Anggaran 2023
    08 Mei 2024 Jam 20:55:00

    Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Blora menggelar rapat paripurna dalam acara...