Seni dan Budaya

Akan Diikuti 40 Group, Festival Barongan Blora 2022 Siap Digelar


Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Blora, Jawa Tengah siap menggelar Festival Barongan tahun 2022.

Agenda yang difasilitisasi Dinas Kepemudaan Olah Raga Kebudayaan dan Pariwisata (Dinporabudpar) Kabupaten Blora menurut rencana akan berlangsung 26 November 2022 di sepanjang jalan Pemuda, sebagian jalan jalan Ahmad Yani, dan lapangan Kridosono Blora.

Kepala Dinporabudpar Kabupaten Blora, Drs. Kunto Aji, melalui Kepala Bidang Kebudayaan Dinporabudpar Budi Riyanto, S.Pd., MA menjelaskan, hingga saat ini telah dilakukan persiapan dan pendataan terkait group Seni Barongan mana saja yang akan ikut memeriahkan festival.

Menurutnya, Festival Barongan sempat tertunda karena pandemi Covid-19.

"Seiring surutnya pandemi Covid-19, kini kembali diselenggarakan," kata Budi Riyanto saat memberikan sambutan pada pagelaran wayang kulit malam Sabtu Pon di pendopo rumah dinas Bupati Blora, Jumat, (28/10/2022).

Rencananya, ungkap Kabid Kebudayaan Budi Riyanto, yang ikut pesertanya 40 group, dan masing-masing group ada 8 kepala barongan.

Point Parade Barongan dan Festival Barongan Nusantara tahun 2022 yaitu Parade Barongan Blora. Rampak Rancak Barongan. Malam puncak Penganugerahan Festival Nusantara tahun 2022.

"Festival Barongan tahun 2022, bertujuan membumikan dan melestarikan seni barongan Blora agar dikenal baik di tingkat nasional maupun internasional," terangnya.

Selain itu, bertujuan untuk mendukung industri pariwisata dan ekonomi kreatif serta melestarikan seni tradisional.

Dikatakannya, Barongan Blora adalah peninggalan leluhur yang harus dijaga kelestariannya dan mempunyai kekhasan tersendiri.

Di dalam kesenian tradisional ini, menurut Kabid Kebudayaan Budi Riyanto, tercermin sifat-sifat kerakyatan masyarakat setempat, seperti spontanitas, kekeluargaan, kesederhanaan, kasar, keras, kompak, dan keberanian yang dilandasi kebenaran.

“Barongan Blora semakin jelas keabsahannya setelah mendapatkan pengesahan dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Jawa Tengah sebagai Warisan Budaya Tak Benda (WBTB),” jelasnya.

Selain itu, menurut Budi Riyanto, event ini menarik, khususnya bagi konten kreator untuk membuat dokumentasi dan karya yang bagus melalui platform digital.

“Silahkan Dolan Blora (datang ke Blora), saksikan Festival Barongan Blora 2022,” tuturnya. (DINKOMINFO BLORA).



    Berita Terbaru

    DPUPR Blora Melakukan Penanganan Darurat Longsoran Sungai Lusi di Kelurahan Mlangsen
    09 Desember 2022 Jam 14:56:00

    Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kabupaten Blora Bidang Sumber Daya Air (SDA)...

    Infografis Monitoring Data COVID-19 dan Update Vaksinasi, Jumat 9 Desember 2022
    09 Desember 2022 Jam 11:46:00

    Informasi terkini tentang monitoring data Covid-19 dan vaksinasi serta peta zonasi risiko...

    Jelang Hari Jadi ke -273, Bupati Arief Ziarah ke Makam Bupati Blora di Tuban
    08 Desember 2022 Jam 17:29:00

    Menjelang puncak peringatan hari jadi Kabupaten Blora ke- 273, Bupati Blora, H. Arief Rohman,...