Seputar Blora

Pendamping Sosial Diminta Ikut Berperan Dalam Penurunan Stunting


Wakil Bupati Blora Tri Yuli Setyowati, S.T., M.M. meminta pendamping sosial turut ikut serta dalam percepatan penurunan stunting di Kabupaten Blora.

Hal tersebut diungkapkan Wabup Etik saat acara Peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) Pendamping Keluarga Harapan yang diadakan oleh Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak (Dinsos P3A) Kabupaten Blora di Ubud Cottage Malang pada Sabtu (23/10/2022).

Perlu diketahui pendamping sosial adalah istilah untuk pendamping Program Keluarga Harapan (PKH). Istilah tersebut merupakan istilah baru yang dikemukakan oleh Menteri Sosial Tri Rismaharini.

"Bapak Ibu pendamping sosial, saya minta dibantu terkait percepatan penurunan stunting di Kabupaten Blora, terutama terkait pendataan," ucap Wabup Etik.

Wabup yang juga Ketua Tim Percepatan Penurunan Stunting (TPPS) Kabupaten Blora dihadapan 136 pendamping sosial mengungkapkan bahwa untuk menurunkan kasus stunting di Blora bukan hanya pekerjaan satu pihak saja.

"Pekerjaan penurunan stunting tidak hanya pekerjaan saya atau pemkab saja. Namun pekerjaan semua pihak. Kalau disuruh untuk menyelesaikan sendiri saya tidak bisa, maka saya minta bapak ibu membantu. Kita harus gotong royong," ungkap Ketua TPPS Kabupaten Blora Mbak Etik.

Mbak Etik juga mengungkapkan dalam pekerjaan apapun kita harus komitmen. Termasuk dalam pendampingan sosial.

Senada dengan Mbak Etik, Sekretaris Daerah Kabupaten Blora Komang Gede Irawadi, S.E., M.Si. mengungkapkan Pemkab Blora tidak bisa berjalan sendiri dan berpesan kepada Pendamping Sosial dalam bekerja untuk berakhlak horizontal dan berkinerja vertikal.

Ketua DPRD Kabupaten Blora HM. Dasum yang hadir juga menambahkan soal rezeki itu sudah ada yang mengatur. Maka, bekerjalah secara ikhlas.

Koordinator PKH Regional Jawa Anang Megacahyo yang turut hadir mengaku sangat senang bisa hadir dan mengucapkan terimakasih kepada Pendamping Sosial Kabupaten Blora yang tak kenal lelah dalam melakukan pendampingan sosial.

Kepala Dinsos P3A mengucapkan banyak terimakasih atas arahan Wabup Etik, Ketua DPRD Blora, Sekda Blora dan Koordinator PKH Regional Jawa. (Prokompim Blora/Dinkominfo)

    Berita Terbaru

    Ikuti Manasik, 643 Calhaj Blora Akan Berangkat ke Tanah Suci 3 Juni 2024
    27 April 2024 Jam 19:31:00

    Para Calon Haji (Calhaj) Blora mulai ikuti manasik haji, Sabtu (27/4/2024). Jumlah Calhaj Blora...

    Pemkab Blora Menggelar Rakor dengan Kementerian Koordinator Perekonomian RI
    27 April 2024 Jam 19:16:00

    Pemkab Blora menggelar Rakor dengan Kementerian Koordinator Perekonomian (RI), Deputi Bidang...

    Berusia 74 Tahun, RSUD dr. Soetijono Blora Punya 6 Inovasi Layanan Kesehatan
    25 April 2024 Jam 17:47:00

    Bertepatan dengan peringatan ulang tahunnya ke-74, Kamis (25/4/2024), RSUD dr. R. Soetijono...