Berita Terkini

Mendag Siap Bantu Blora Untuk Ekspor Briket, Kelor dan Kerajinan Kayu Jati


Menteri Perdagangan (Mendag) Republik Indonesia, Dr. H. Zulkifli Hasan, SE., MM, nyatakan siap untuk membantu Blora untuk ekspor briket arang batok kelapa, kerajinan kayu jati, produk olahan kelor.

Hal itu disampaikan Mendag saat Bupati Blora, H. Arief Rohman, S.IP., M.Si, menemui di Kantornya, Senin (1/8/2022).

“InsyaAllah, kami bersama jajaran Kemendag siap mendukung upaya Blora untuk fokus pada peningkatan ekspor hasil produk dari Blora. Kami sangat mendukung dan mendorong daerah daerah yg ingin fokus meningkatkan neraca perdagangan ekspor, seperti halnya Blora ini. Karena yang menjadi fokus arahan dari Pak Presiden juga untuk menggenjot ekspor,” kata Mendag Zulkifli saat berdiskusi dengan Bupati Blora.

Bupati  Blora Arief Rohman mengemukakan, dirinya menemui Mendag di kantornya, dalam rangka diskusi, minta arahan dan bantuan tentang tentang potensi ekspor sejumlah produk Blora.

“Kami bersilaturahmi ke Pak Menteri Perdagangan, Zulkifli Hasan, untuk melakukan diskusi, agar Blora dapat dibantu dalam hal ekspor briket arang batok kelapa, ekspor kerajinan kayu jati, ekspor produk olahan kelor. Termasuk penataan digitalisasi pasar tradisional,” ungkap Bupati Arief.

Dikatakan dalam diskusi itu, Blora banyak menerima arahan dari Mendag. Bupati berharap ke depan Mendag berkenan hadir ke Blora untuk melepas ekspor produk briket arang batok kelapa dan lain-lain.

‘’Semua itu tentu akan bermanfaat untuk Blora ke depan dalam hal pertumbuhan ekonomi daerah. Kita ingin ekonomi Blora terus bangkit positif pasca pandemi,” imbuh Bupati Arief.

Sementara itu, Mendag Zulkifli Hasan menyatakan pihaknya siap membantu Kabupaten Blora dalam upaya peningkatan produk ekspornya.

“InsyaAllah kami bersama jajaran Kemendag siap mendukung upaya Blora untuk fokus pada peningkatan ekspor hasil produk dari Blora. Kami sangat mendukung dan mendorong daerah daerah yg ingin fokus meningkatkan neraca perdagangan ekspor, seperti halnya Blora ini. Karena yang menjadi fokus arahan dari Pak Presiden juga untuk menggenjot ekspor,” ucap Mendag Zulkifli.

Dikatakan, Kemendag siap untuk memberikan program pendampingan dalam rangka meningkatkan mutu kualitas produk ekspor daerah.

“Tadi banyak yang disampaikan Pak Bupati. Termasuk upaya digitalisasi transaksi untuk pasar-pasar tradisional. Seiring perkembangan teknologi, transaksi perdagangan juga harus disiapkan. Kami apresiasi komitmen Kabupaten Blora dalam hal ini,” tambahnya.

Untuk diketahui, beberapa produk lokal Kabupaten Blora seperti briket arang batok kelapa, kemudian kerajinan kayu jati, hingga produk olahan tanaman kelor memang sudah layak ekspor. Beberapa waktu lalu, produk produk ini sempat dipamerkan di pojok UMKM Bandara Ngloram saat Presiden Jokowi melakukan peresmian bandara. (DINKOMINFO BLORA/Prokompim). 

    Berita Terbaru

    Bupati Arief Minta Pemprov Jateng Tuntaskan Jalan Provinsi di Blora
    28 Maret 2024 Jam 19:39:00

    Bupati Blora, Arief Rohman, S.IP., M.Si minta Pemprov Jateng untuk tuntaskan pembangunan jalan...

    RAPAT PARIPURNA PENYAMPAIAN LKPJ BUPATI BLORA AKHIR TAHUN ANGGARAN 2023
    28 Maret 2024 Jam 16:31:00

    Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Blora, Jawa Tenggah menggelar rapat paripurna...

    Pemkab Blora Gelar Musrenbang RPJPD 2025-2045 dan RKPD 2025
    28 Maret 2024 Jam 13:39:00

    Pemerintah Kabupaten Blora menggelar Musyawarah Pembangunan Daerah (Musrenbang) Rencana...