Seni dan Budaya

Desa Kapuan Mengandung Tinggalan Budaya Fauna


Wilayah Desa Kapuan dan sekitarnya dinyatakan oleh Balai Pelestarian Situs Manusia Purba (BPSMP) Sangiran mengandung tinggalan budaya fauna.

Hal itu disampaikan oleh Haris Rahmanendra,S.S, selaku Koordinator Tim Penelitian BPSMP Sangiran dalam sarasehan Pelestarian Cagar Budaya Situs Kapuan Kecamatan Cepu Kabupaten Blora, Jumat (22/7/2022).

Sarasehan diselenggarakan di rumah Joko Purnomo relawan cagar budaya di Desa Kapuan setelah Tim BPSMP Sangiran melakukan survei (delineasi) dan ekskavasi (penggalian) selama 12 hari.

“Jadi kegiatan ini yang ketiga kalinya, yang pertama tahun 2019, kemudian kedua tahun 2021 dan 2022 ini yang ketiga. Iya benar, sudah ketiga kali, dari hasil kegiatan yang sudah kita lakukan selama ini membuktikan bahwa Desa Kapuan dan sekitarnya itu, ada beberapa lokasi lain di sekitarnya, itu mengandung tinggalan budaya fauna,” ucapnya.

Dikatakannya, hampir sama dengan kegiatan di tahun sebelumnya, yakni selama 12 hari, ada survei, ekskavasi (penggalian) dan sarasehan.

“Jadi ada dua tim, yang saya maksudkan survei adalah survei delineasi, dalam hal untuk menetapkan cagar budaya, kemudian ekskavasi atau pembukaan kotak yang kita namai TP3 KPN2022 di Kedung Wedus Desa Kapuan,” jelasnya.

Untuk yang diekskavasi, ada 15 temuan, 10 di antaranya tulang. Beberapa tulang tersebut diidentifikasi.

“Ada satu tulang jari dari Rhino (Badak). Ada tulang kaki dari rusa dan gigi babi, setidaknya ada tambahan temuan. Kalau kita bicara Kapuan, maka sampai Kedung Wedus. Dari kegiatan 2019 dan 2021, begitu banyak tinggalan fauna di Desa Kapuan sebelumnya, ada gajah purba, ada kuda nil, kerbau, rusa, banteng serta buaya dan banyak lainnya,” terangnya.

Serta sejumlah temuan di Kracakan (Bengawan Sore), sehingga kata Haris, penting untuk dilindungi.

“Untuk survei delineasi ada yang perlu kita pertimbangkan, satu, terkait sebaran temuan, dua Litologi atau lapisan tanah, ketiga, terkait kepemilikan, keempat terkait keterancaman. Kita juga melakukan JPS,” tambahnya.

Dari kegiatan yang ketiga kalinya dilakukan, kata dia, diharapkan bisa memberikan sesuatu untuk Kapuan, memberikan data untuk Dinas atau Tim Ahli Cagar Budaya (TACB) untuk digunakan sebagaimana mestinya.

“Silahkan mungkin ada bentuk kegiatan lain untuk mematangkan ini,” ucapnya.

Di awal sarasehan, Kepala Dinas Kepemudaan Olahraga Kebudayaan dan Pariwisata (Dinporabudpar) Kabupaten Blora Drs. Kunto Aji melalui Kepala Bidang Kebudayaan Budi Riyanto, S.Pd., MA., yang diwakili Sub Koordinator Kesejarahan dan Purbakala Bidang Kebudayaan Dinporabudpar Eka Wahyu Hidayat, S.Pd., menyampaikan apresiasi atas dilaksanakannya penelitan Tim BPSMP Sangiran selama 12 hari (tanggal 4 hingga 23 Juli 2022).

“Selaku perwakilan dari Dinporabudpar mengucapkan terimakasih sebanyak-banyaknya, karena kami selalu dibantu tiga kali berturut-turut, mungkin hanya Tuhan Yang Maha Esa yang bisa membalasnya, karena kegiatan seperti ini sangat penting bagi kami,” ungkap Eka.

Dikatakannya, apapun, kegiatan riset seperti ini akan menjadi pencerahan bagi daerah sehingga diharapkan akan selalu berkelanjutan.

Hal senada disampaikan Kepala Desa Kapuan Hariyono yang diwakili Fili Andika, selaku perangkat desa Kapuan.

“Harapan dari Kepala Desa Kapuan, semoga di kedepannya, antara tim Sangiran dan Desa Kapuan, begitu juga dengan Pemkab Blora bisa bekerja sama untuk melakukan penelitian-penelitian yang nantinya berdampak baik untuk desa Kapuan,” ucapnya.

Pada kesempatan yang sama, tim ahli penelitian, Dr. Andri Purnomo dari Departemen Arkeologi Universitas Indonesia, Jakarta, menyampaikan ada banyak tema yang kedepannya bisa dikembangkan, di luar apa yang sudah dilakukan tim peneliti BPSMP Sangiran (Haris dkk) yang telah dirintis selama ini.

“Sehingga bagaimana keinginan kita bersama dari pihak Pemkab Blora, dari pihak desa Kapuan, dari masyarakat dan seluruh komunitas, bagaimana mengembangkan menjadi sesuatu yang lebih masif, kongkrit. Sehingga bisa dinikmati oleh seluruh masyarakat dan tamu yang hadir di Kapuan,” kata Andri.

Dimana, informasi yang sudah digali selama ini, terus terang seperti membaca cermin. Cermin dari lingkungan masa lalu yang kadang-kadang bisa manglingi.

“Sebenarnya kalau kita lihat jenis tulangnya, itu hewan-hewan dari lingkungan hutan. Sedangkan kalau dilihat dari lapisan tanahnya, tidak mencerminkan lingkungan hutan,” ucapnya.

Disarankan, bagi para relawan atau komunitas yang biasa mengidentifikasi fauna, mungkin bisa terus diperdalam, meski kesempatan itu tidak semakin besar di tahun mendatang.

Menurutnya, di kesempatan lain bisa dilakukan secara laboratorium, mungkin bukan ekskavasi, tetapi lebih memastikan ke arah mana hasilnya yang dapat membantu, memantapkan hasil delineasi atau zonasi dari wilayah Kapuan ini terkait dengan tinggalan pra sejarah masa-masa hadirnya manusia purba.

“Intinya kan dilarikan kesana. Jadi sebisa mungkin kita bisa tahu prioritas mana dari sebuah lokalitas di Kapuan yang harus benar-benar hati-hati dalam rencana pembangunan daerah atau desa Kapuan. Ini sambungan dari semua aktivitas yang dilakukan Mas haris,” ungkap Andri.

Tentu saja, kata dia, terkait dengan nilai pentingnya, lalu juga terkait dengan kerja dan perhatian para penduduk dalam menemukan dan melaporkan tinggalan-tinggalan hewan purba maupun artefak yang kemungkinan dibuat oleh manusia purba, serta peristiwa alam yang berlangsung sejak dulu kala.

Kaitannya dengan sungai Bengawan Solo, kaitannya dengan sungai Kapuan, jadi pertimbangan tersendiri di dalam penentuan prioritas pengembangan pembangunan desa atau wilayah.

Sarasehan dipandu oleh Dian dari BPSMP Sangiran yang berlangsung sangat representative itu dipungkasi dengan penyampaian pesan dan kesan dari komunitas, FPSBB, MGMP serta TACB. (Tim Dinkominfo Blora).




    Berita Terbaru

    Lokakarya 7 Panen Hasil Belajar PGP, Bupati Blora Minta Guru Semakin Kreatif dan Inovatif
    24 April 2024 Jam 00:58:00

    Bupati Blora H. Arief Rohman secara resmi membuka Lokakarya 7 Panen Hasil Belajar, Program...

    PENGUMUMAN PENGADAAN CALON DEWAN PENGAWAS PERUMDA AIR MINUM TIRTA AMERTA KABUPATEN BLORA
    23 April 2024 Jam 10:55:00

    Perumda Air Minum Tirta Amerta Kabupaten Blora membuka kesempatan bagi ASN untuk mengisi...

    Kolaborasi, BBWS Bengawan Solo dan DPUPR Blora Atasi Longsoran Sungai di Desa Panolan, Gadon dan Kelurahan Ngelo
    22 April 2024 Jam 18:35:00

    Jajaran Bidang Operasi dan Pemeliharaan (OP) Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Bengawan Solo...