Seputar Blora

DPUPR dan Dinas PUSDATARU Prov. Jateng Tinjau Lokasi Rencana Pembangunan Embung Karangjati Blora


Jajaran Dinas PUPR Kab Blora Bidang Sumber Daya Air (SDA) bersama dengan Jajaran Dinas PUSDATARU Prov. Jateng Bidang Pengembangan dan Pembinaan Teknis melakukan peninjauan lapangan bersama di lokasi rencana Embung Karangjati Blora, tepatnya di lokasi tanah bengkok kelurahan dukuh Nglawiyan Kel. Karangjati Kec. Blora Kab.Blora, Rabu, (20/7/2022)

Hadir dalam peninjauan lapangan tersebut adalah jajaran staf subkoord SID Bidang PPT Dinas PUSDATARU Prov. Jateng didampingi langsung oleh Kabid SDA DPUPR Kab.Blora beserta jajaran dari Kelurahan Karangjati Kec.Blora yang dipimpin langsung oleh Lurah Karangjati.

Kepala Bidang Sumber Daya Air SDA DPUPR Surat, ST, MT, mewakili Kepala DPUPR Blora Ir. Samgautama Karnajaya, MT menyampaikan lokasi rencana embung yang ditinjau berada di tanah bengkok kelurahan Karangjati.

"Berlokasi di Dukuh Nglawiyan Kel.Karangjati Kec.Blora dengan luas area kurang lebih ada dua hektar yang diusulkan untuk bisa dibangun embung," jelasnya.

Karena, di lokasi itu yang dapat berguna untuk penyediaan air irigasi pertanian dan penyediaan air baku bagi masyarakat.

Peninjauan itu dilakukan dalam rangka menindaklanjuti koordinasi yang telah dilakukan oleh DPUPR Kab.Blora melalui kepala Bidang SDA pada hari Selasa tanggal 19/7/2022 di Kantor Dinas PUSDATARU Semarang terkait usulan rencana Pembangunan Embung Karangjati Blora beberapa tahun lalu yang sudah disampaikan oleh Bupati Blora kepada kepada Menteri PUPR dengan tembusan kepada K/L dan OPD terkait di tingkat pusat maupun provinsi termasuk salah satunya ke Dinas PUSDATARU Prov.Jateng.

"Dan akhirnya dari hasil koordinasi kami kemarin secara langsung ke Dinas PUSDATARU Prov.Jateng telah merespon usulan kami dengan rencana mengalokasikan anggaran untuk penyusunan Dokumen SID/DD Embung Karangjati pada tahun 2023," jelas Surat,ST,MT selaku Kabid SDA DPUPR Kab.Blora

Kunjungan lapangan hari ini, dari jajaran staf Subkoordinator SID Bidang PPT Dinas PUSDATARU Prov.Jateng dalam rangka untuk meninjau kelayakan lokasi dan data-data teknis yang diperlukan guna mendukung usulan anggaran untuk penyusunan dokumen SID/DD rencana Pembangunan Embung Karangjati Blora pada tahun 2023.

Harapannya, dokumen SID/DD embung Karangjati ini dapat terealisasi divtahun 2023, kemudian untuk konstruksinya dapat dianggarkan di tahun berikutnya mulai tahun 2024 dan seterusnya baik melalui Pemerintah Provinsi maupun Pemerintah Pusat.

Mengingat rencana Pembangunan Embung Karangjati ini sudah masuk di Perpres nomor 79 tahun 2019 tentang Percepatan Pembangunan Ekonomi Kawasan Kendal-Semarang-Salatiga-Demak - Grobongan, Kawasan Purworejo - Wonosobo - Magelang - Temanggung, dan Kawasan Brebes - Tegal - Pemalang.

Dimana salah satu infrastruktur pembangunan embung di kawasan Banglor (Rembang-Blora) adalah Pembangunan Embung Karangjati Blora.

Dengan sudah masuknya usulan pembangunan embung Karangjati ini di Perpres No 79 tahun 2019 bisa dijadikan pijakan dasar hukum yang kuat bagi Pemerintah Provinsi maupun Pemerintah Pusat untuk dapat segera merealisasikan pembangunannya yang sudah dinantikan oleh masyarakat Blora.

Tentu saja, untuk mendukung program pemerintah pusat dalam mewujudkan pembangunan infrastruktur penyediaan air irigasi untuk mendukung ketahanan pangan di Kab.Blora di tahun-tahun mendatang. (Tim Dikominfo Blora/DPUPR Blora)

    Berita Terbaru

    KPU Blora Resmi Tetapkan Perolehan Kursi Parpol dan Caleg Terpilih Pemilu 2024
    03 Mei 2024 Jam 06:21:00

    Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Blora resmi menetapkan perolehan kursi partai-partai...

    Berbusana Adat Jawa Tengah, Bupati Blora Pimpin Upacara Peringatan Hardiknas 2024
    02 Mei 2024 Jam 20:06:00

    Bupati Blora Arief Rohman memimpin upacara peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) 2024...

    Kesempatan Bagi ASN Isi Jabatan Dewan Pengawas Perumda Air Minum Tirta Amerta Blora
    02 Mei 2024 Jam 15:35:00

    Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Air Minum Tirta Amerta Kabupaten Blora membuka kesempatan bagi...