Seputar Blora

Salat Iduladha di Masjid Agung Baitunnur Blora Khidmat Dilaksankan


Ribuan umat muslim di Blora melaksanakan salat Iduladha 1443 Hijriyah (2022 Masehi) di dalam masjid agung Baitunnur hingga Alun-alun Kabupaten Blora, Minggu (10/7/2022).

Mereka tidak hanya warga sekitar lingkungan masjid agung Baitunnur tetapi juga dari sejumlah desa/kelurahan terdekat.

Bupati Blora Arief Rohman, S.IP., M.Si dan Wakil Bupati Blora Tri Yuli Setyowati, ST., MM beserta keluarga juga melaksanakan salat Iduladha di masjid setempat. Tidak terkecuali Forkopimda dan Forkopimcam serta sejumlah Kepala OPD di Blora.

Suasana khusyuk dan khidmat membalut aura umat muslim dalam menjalankan ibadah salat Iduladha 2022.

Ketua Takmir Masjid Agung Baitunnur Blora, Khoirurroziqin menjelaskan Panitia Amaliyah Iduladha 1443 Hijriyah masjid agung Baitunnur Blora menyelenggarakan ibadah salat Iduladha berjamaah pada Minggu (10/7/2022). Selain itu juga menerima hewan kurban dan menyalurkan daging kurban. Pelaksanaan salat Iduladha berlangsung pukul 06.30 WIB.

Bertugas sebagai imam salat Iduladha adalah KH Muharror Ali. Sedangkan bertugas sebagai khotib adalah Nasrudin Romli.

"Untuk pelaksanaan penyembelihan hewan kurban akan dilakukan usai salat Iduladha pada Minggu 10 Juli 2022," terang Khoiruroziqin.

Dikatakannya, untuk penyembelihan dilakukan di Rumah Pemotongan Hewan (RPH) Blora.

"Penyembelihan setelah salat id, mulai pukul 09.00 WIB. Ada 4 ekor sapi dan 8 kambing," ucapnya.

Ia menyebut, untuk takmir masjid nanti sudah mendapatkan daging kurban dalam kemasan plastik.

"Jadi sudah borongan di RPH. Jadi takmir mendapatkan daging kurban dalam keadaan sudah bungkusan," ungkapnya.

Daging kurban akan dibagikan kepada seluruh fakir miskin, duafa, panti asuhan, beberapa instansi yang sudah di ploting pihak takmir.


"Pembagian setelah dhuhur, jam 14.00 WIB," terangnya.

Dijelaskannya, setelah salat Iduladha diadakan upacara serah terima sohibul udhhiyah hewan kepada pihak masjid untuk dibawa ke RPH oleh Bupati Blora Arief Rohman.

"Harapannya, antara yayasan dan takmir selalu dapat bersinergi dengan pemerintah daerah dalam membangun kabupaten Blora. Menjadikan Blora lebih aman, tentram dan maju," ungkapnya.

Sementara itu Bupati Blora Arief Rohman, S.IP., M.Si. dalam sambutannya menjelang salat Iduladha mengajak umat muslim untuk tunduk sepenuhnya kepada Allah SWT seraya merenungkan kembali keteladanan agung Nabi Ibrahim AS dan Puteranya Nabi Ismail AS.

Nabi Ibrahim AS, telah teruji memiliki keikhlasan, kekuatan hati dan ketaatan mutlak kepada Allah SWT ketika mendapatkan perintah untuk mengorbankan putera terkasihnya, Nabi Ismail AS.

Pihaknya mengajak berdoa, semoga warga Blora yang sedang menunaikan ibadah haji senantiasa diberi kesehatan, perlindungan dan kemampuan, serta kembali ke tanah air sebagai Haji yang mabrur dan mabruroh

Atas nama pemerintah kabupaten Blora, Bupati mengucapkan terima kasih kepada seluruh warga masyarakat kabupaten Blora yang telah menunaikan kewajibannya dalam berkurban.

Iduladha merupakan momentum yang tepat bagi kita semua untuk mengasah keikhlasan dan kepedulian sosial sesama serta membangun kualitas sebagai pribadi yang sabar, tahan uji, dan tegar menghadapi cobaan.

Berkaitan adanya wabah Penyakit Mulut dan Kuku (PMK), menurut Bupati perlu menjadi perhatian bersama supaya bisa segera bisa dikendalikan dan diatasi sehingga peternak di Blora tidak cemas. (Tim Dinkominfo Blora).

    Berita Terbaru

    Longsoran di Desa Brumbung Mulai Ditangani Secara Kolaborasi
    17 Mei 2024 Jam 16:40:00

    Longsoran tanah di RT 05/RW 1 Desa Brumbung Kecamatan Jepon ditangani secara kolaborsi antara...

    Ketua HMI Cabang Blora : Terapkan Proses Demokrasi Secara Selection, Election, dan Legacy
    17 Mei 2024 Jam 16:39:00

    Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) bekerja sama dengan Badan Kesatuan Bangsa dan Politik...

    UDD PMI Blora Kini Punya Gedung Baru Untuk Pusat Pelayanan Kemanusiaan
    16 Mei 2024 Jam 13:44:00

    Ketua Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Blora. Ir. Sutikno Slamet menjelaskan sebagaimana...