Seputar Blora

Pelepasan Peserta Didik Kesetaraan dan TK Belia SKB Blora Tahun 2022


Sanggar Kegiatan Belajar (SKB) Kabupaten Blora melaksanakan acara pelepasan peserta didik kesetaraan dan TK Belia Tahun 2022 dengan mengusung tema “Aku Bangga Jadi Anak Indonesia yang Beriman dan Bertaqwa”, Kamis (16/6/2022).

Acara berlangsung meriah dan khidmat di aula SKB Blora dengan dihadiri Kepala Bidang Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat Dinas Pendidikan Kabupaten Blora Nuril Huda, SP., MM, Kepala Kelurahan Kauman Kecamatan Blora, Wahyu Purwanto, SE, MM dan wali murid.

Kepala SKB Blora Jumini, SE., MM., dalam sambutannya menyampaikan kegiatan ini pertama kali dilaksanakan setelah pandemi Covid-19, meski sebelumnya dilaksanakan setiap akhir tahun pelajaran.

“Di tahun ini kita bisa kembali menyelenggarakan kegiatan ini, karena dalam acara ini tidak hanya pelepasan, tetapi juga untuk ajang menunjukkan kreativitas anak-anak,” kata Jumini Kepala SKB Blora.

Pihaknya berharap, pola asuh yang sudah diterapakan, tetap bisa dilanjutkan di rumah oleh orang tua atau wali murid.

“Harapan kami, pola asuh seperti kepatuhan tetap bisa dilanjutkan, kebiasaan-kebiasaan baik untuk mengasah kreativitas, supaya anak-anak menjadi generasi yang berkarakter seperti slogan kita, cerdas dan berkarakter,” jelasnya.

Pihaknya mengucakan terima kasih kepada para orang tua yang telah mempercayakan pola asuh kepada TK Belia SKB Blora.

“Ini merupakan kebanggaan bagi kami semuanya, yang terus mempercayakan kepada kami, kakaknya lulus, ganti adiknya,” ucapnya.

Dijelaskannya, untuk anak-anak TK-B ada 18 anak yang telah menyelesaikan semua kegiatan belajar.

“Perlu kami informasikan bahwan untuk tahun ajar 2023, untuk anak yang usianya di TK-B (5-6 tahun), ini kita menggunakan kurikulum baru, yakni kurikulum merdeka, dengan model pembelajaran baru, sehingga diharapkan nanti tidak memiliki argumen lain,” terangnya.

Sedangkan untuk usia 18 bulan hingga empat tahun masih menggunakan kurikulum 2013.

Untuk peserta kesetaraan baik Paket A, B dan C, lanjut Jumini, pada tahun ini meluluskan Paket A satu anak, Paket B 18 anak dan Paket C 70 anak.

“Untuk lulusan Paket C, saya pesan jangan pernah minder, karena Paket C itu diakui setara dengan SMA, ijazahnya ada logo Garuda Pancasila. Ijazahnya bisa digunakan untruk meneruskan pendidikan ke jenjang perguruan tinggi, termasuk juga bisa digunakan untuk melamar pekerjaan,” tegasnya.

Demikian pula untuk Paket B, ijazahnya bisa digunakan untuk mendaftarkan ke sekolah tingkat SMA/SMK.

Sementara itu, mewakili wali murid, M. Khamdun (Ketua KPU Blora) yang anaknyan juga lulus dari TK Belia setempat, mengucapkan terimakasih kepada seluruh jajaran SKB Blora yang telah memberikan seluruh tenaga, pikiran, bimbingan kepada para putra-putri.

“Saya mewakili wali murid juga mohon maaf bila ada kesalahan. Semoga SKB semakin maju untuk mencerdaskan dan membentuk karakter anak, generasi penerus bangsa,” katanya.

Sementara itu Kepala Bidang Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat Dinas Pendidikan Kabupaten Blora Nuril Huda, SP., MM, menyampaikan pesan kepada peserta kesetaraan supaya bisa melanjutkan kuliah hingga lulus perguruan tinggi.

Pada acara tersebut juga dimeriahkan tampilan fashion show, pertunjukan seni tari, seni barongan, puisi, pembacaan ayat Al-Qur’an serta penyerahan piala juara lomba.

Satu per satu, para peserta didik kesetaraan dan TK Belia Tahun 2022 SKB Blora menerima ijazah dan pengalungan gordon wisuda dengan tertib. (Tim Dinkominfo Blora).

    Berita Terbaru

    UDD PMI Blora Kini Punya Gedung Baru Untuk Pusat Pelayanan Kemanusiaan
    16 Mei 2024 Jam 13:44:00

    Ketua Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Blora. Ir. Sutikno Slamet menjelaskan sebagaimana...

    Pengurus APTRI Blora Masa Bhakti 2024-2029 Dilantik, Diharapkan Bisa Bersinergi Dengan Pemda Berperan Dalam Program Pergulaan Nasional
    15 Mei 2024 Jam 14:39:00

    Bupati Blora Arief Rohman, S.IP., M.Si mengharapkan Asosiasi Petani Tebu Rakyat Indonesia...

    Kesepuluh Kali Blora Raih Opini WTP dari BPK
    14 Mei 2024 Jam 17:39:00

    Pemerintah Kabupaten Blora berhasil memperoleh predikat Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP)...