Bupati Resmikan Pusat Oleh-oleh Khas Blora Untuk Melayani Pemudik


Bupati H. Arief Rohman, S.IP., M.Si., meresmikan Pusat Oleh-oleh khas Blora di eks foodcourt selatan Alun-alun Blora, Minggu (1/5/2022).

Peresmian ditandani dengan pengalungan batik khas Blora kepada Ketua Dekranasda Blora Hj. Ainia Shalichah oleh Bupati H. Arief Rohman, S.IP., M.Si.

Acara peresmian juga hadiri oleh Komandan kodim 0721/Blora Letkol Inf Andy Soelistyo Kurniawan Putro,S.Sos,M.Tr Han beserta Istri, Wakapolres Blora Kompol Christian Chrisye Lolowang, SH., SIK., MH., Ketua Dekranasda Blora Hj. Ainia Shalichah, para Kepala OPD, dan sejumlah tamu undangan lainnya.

Bupati Arief Rohman dalam sambutannya mengatakan, ide membuka pusat oleh oleh khas Blora ini muncul setelah selama bulan Ramadan telah dilaksanakan bazar UMKM di Alun-alun Blora.

"Ini untuk menyambut saudara saudara kita yang mudik ke Blora, diharapkan ketika kembali ke tempat masing masing, bisa membawa oleh-oleh dari Blora ini, " ucapnya.

Bupati mengaku, saat ini untuk produk memang masih terbatas, namun pihaknya meminta agar bisa terus di isi, dan digalakkan untuk temen teman UMKM mengisi dan menitipkan produk produknya di pusat oleh oleh khas Blora ini.

"Dari pameran UMKM kemarin ada yang kehabisan, dan ini masih produksi terus, ini upaya kita bagaimana produk UMKM di Blora bisa dikenal dan bisa ikut dipromosikan saudara saudara kita yang ada diluar sana," imbuhnya.

Tak hanya itu, Bupati juga meminta, BUMD BUMD yang punya binaan UMKM juga bisa ikut mengisi pusat oleh oleh ini.

"Dengan adanya pusat oleh oleh ini, diharapkan bisa ikut membantu hasil UMKM Blora, UKM Blora naik kelas," tuturnya.

Sementara itu, Ketua Dekranasda Blora Hj. Ainia Shalichah mengaku senang adanya pusat oleh oleh khas Blora.

"Kita menampung teman teman UMKM di Blora, supaya saudara kita yang mudik bisa memorial dengan makanan khas Blora, kita menampung teman teman UMKM," ucapnya.

Ainia mengaku pusat oleh oleh khas Blora ini akan dibuka selama satu bulan penuh dengan produk produk UMKM Blora.

"Kita mendekat di pusat kota dengan harapan ketika saudara kita yang ini mencari oleh oleh bisa terjangkau dengan mudah," katanya.

Ketua Dekranasda juga mengapresiasi produk UKM Blora yang sudah go nasional bahkan kemarin juga ada yang menjadi perbicangan di channel youtube artis Indonesia.

"Ini tentu bukti bahwa produk UMKM kita naik kelas, seperti produk olahan walang goreng kemarin yang masuk youtube, semoga kedepan produk UKM di blora ini bisa sampai go internasional," harapnya.

Usai diresmikan, Bupati, bersama sejumlah tamu undangan melihat isi produk UKM yang di titipkan di pusat oleh oleh khas Blora, diharapkan dengan adanya tempat ini ikut membantu meningkatkan perekonomian masyarakat Blora dan mampu mengenalkan produk UMKM khas Blora ke luar daerah.

Di antaranya ada sambel pecel, walang goreng, eggroll, bagelen, aneka keripik, dan jajanan lainnya, hingga batik serta seni kriya. (Dinkominfo Blora/Prokompim).

    Berita Terbaru

    Lokakarya 7 Panen Hasil Belajar PGP, Bupati Blora Minta Guru Semakin Kreatif dan Inovatif
    24 April 2024 Jam 00:58:00

    Bupati Blora H. Arief Rohman secara resmi membuka Lokakarya 7 Panen Hasil Belajar, Program...

    PENGUMUMAN PENGADAAN CALON DEWAN PENGAWAS PERUMDA AIR MINUM TIRTA AMERTA KABUPATEN BLORA
    23 April 2024 Jam 10:55:00

    Perumda Air Minum Tirta Amerta Kabupaten Blora membuka kesempatan bagi ASN untuk mengisi...

    Kolaborasi, BBWS Bengawan Solo dan DPUPR Blora Atasi Longsoran Sungai di Desa Panolan, Gadon dan Kelurahan Ngelo
    22 April 2024 Jam 18:35:00

    Jajaran Bidang Operasi dan Pemeliharaan (OP) Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Bengawan Solo...